Akademi Manajemen Informatika

Sistem integrasi merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan besar maupun startup (perusahaan rintisan). Sistem informasi Bukan Bisa dipisahkan dengan yang namanya sistem integrasi. Kedua hal tersebut dapat saling melengkapi, sehingga dapat menciptakan kondisi/ekosistem perusahaan yang Berkualitas dan terstruktur. 

Buat menciptakan sistem informasi yang Berkualitas bagi perusahaan, peran integrasi sistem sangatlah dibutuhkan. Kita analogikan dengan seorang nahkoda kapal yang berlayar dengan beberapa awak kapal dan penumpang Buat mengarungi samudra. Tentunya, seorang nahkoda harus Bisa mengambil keputusan yang Akurat dan dapat mengatur setiap awak kapal agar dapat berlayar dengan selamat Tamat ke tujuan.

Nah, berarti nahkoda disini adalah sebuah sistem integrasi yang dapat menghubungkan antara banyak awak kapal dan mengatur jalannya kapal dan memberikan instruksi yang Akurat. Buat itulah, Apabila anda memulai suatu bisnis dan Mempunyai organisasi, wajib Buat mengintegrasikan sistem yang Eksis di dalam bisnis anda.  

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai pentingnya sistem integrasi bagi perusahaan. Setidaknya, terdapat 7 Dalih mengapa sistem integrasi perlu diterapkan. Apalagi di era digitalisasi dan globalisasi Ketika ini.

Definisi Integrasi Sistem

Pertama, kami akan membahas mengenai pengertian dari integrasi sistem. Dari segi bahasa, sistem adalah sebuah proses yang terdiri dari beberapa komponen yang Mempunyai keterkaitan satu sama lain. Sedangkan integrasi adalah beberapa kondisi atau tindakan yang Mempunyai kesamaan sehingga dapat membentuk sebuah satu kesatuan utuh. 

Selanjutnya, dari segi istilah integrasi sistem dalam dunia IT adalah sekumpulan sistem informasi yang membentuk satu kesatuan utuh Buat mencapai tujuan tertentu dengan lebih komprehensif. Jadi, sistem integrasi dapat mengumpulkan beberapa sistem informasi yang berbeda Buat digabungkan maupun disinkronisasikan Buat membentuk sebuah kesatuan.

Coba anda mulai bayangkan, apabila anda memulai bisnis dan Membangun perusahaan tanpa menggunakan sistem integrasi yang Akurat. Maka, perusahaan yang anda bangun akan kesulitan dalam sistem manajemen dan pengelolaan tiap departemen atau bidang dalam bisnis anda. Kemudian, anda akan mulai kalah Bertanding dengan kompetitor lain yang telah menerapkan integrasi pada sistem informasi perusahaannya.

READ  Pengertian, Fungsi, Fitur, dan Metode Instalasinya

7 Dalih Pentingnya Sistem Integrasi

Setelah anda mulai memahami apa itu sebenarnya sistem integrasi, maka selanjutnya kami akan menjelaskan beberapa Dalih pentingnya mengintegrasikan sistem pada perusahaan atau organisasi. 

1. Mempermudah Proses Optimalisasi Sumber Daya

Dalih pertama adalah Buat mempermudah optimalisasi sumber daya yang Eksis. Buat mengelola kebutuhan sistem dalam perusahaan, tentunya membutuhkan resource yang besar. Berkualitas dari segi waktu, tempat, alokasi Biaya, dll. Buat mempermudah hal tersebut, maka sistem integrasi sangat dibutuhkan. 

Optimalisasi disini Mempunyai banyak kriteria, misalnya saja dengan mengganti atau menambahkan beberapa fitur dan sistem Krusial Buat meningkatkan kinerja bisnis anda. Peran teknologi disini sangatlah Krusial Buat mempersingkat suatu pekerjaan supaya lebih efisien. 

Kemudian, anda juga dapat mengelola sumber daya Orang (SDM) dengan Akurat. Pastikan, tugas yang diberikan kepada setiap individu memanglah cocok dan Akurat Buat diberikan tanggung jawab. Dan terakhir, pastikan juga Buat selalu memonitoring pekerjaan dari tiap departemen dalam pengerjaan suatu proyek. 

Baca Juga: Apa itu Konsultan? Ketahui Tugas dan 8 Jenisnya di sini!

2. Akses Data dapat Dilakukan secara Real Time

Dalih yang kedua, akses data dapat dilihat dan di monitoring secara real time atau langsung. Jadi, anda Bukan perlu menunggu informasi terlalu lelet dan mengecek berulang – ulang beberapa data. Pada era digitalisasi Ketika ini, anda harus bijak Buat memanfaatkan berbagai teknologi Buat menunjang karir anda. 

Misalnya saja, anda dapat mulai Membangun sebuah data center (pusat data). Fungsinya disini Buat menampung banyak informasi yang tersimpan dalam basis data. Sehingga, anda dapat mengelola segala Ragam bentuk data dengan rapi, mudah, dan Segera. 

Anda juga Bukan perlu Buat menggunakan banyak Arsip (paperless). Disisi lain, juga dapat menghemat pengeluaran dan dapat digunakan Buat kepentingan yang lainnya.

3. Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

Dalih yang ketiga adalah dapat memudahkan proses pengambilan sebuah keputusan. Apabila anda menjadi seorang pemimpin, maka hal terpenting yang harus dimiliki adalah jiwa kepemimpinan (leadership). Setiap pemimpin tentunya harus mempunyai visi misi yang Terang Buat mengambil keputusan demi meningkatkan kualitas bisnis yang dijalankan. 

READ  Pengertian, Manfaat, dan Langkah Kerjanya

Dengan menggunakan sistem integrasi yang Akurat, maka pengambilan keputusan menjadi lebih Segera dan Akurat. Misalnya saja, anda Mempunyai startup yang bergerak di bidang web development, langkah pertama yang harus dilakukan pastinya adalah anda Mempunyai komitmen dan sumber daya Buat mendukung terciptanya startup yang Berkualitas.

Selanjutnya, anda mulai menentukan service atau layanan apa yang akan anda berikan kepada customer. Anda dapat melakukan riset melalui banyak Metode, salah satunya dengan memanfaatkan akses internet. Pastikan anda mengetahui kompetitor dan kebutuhan dari user mengenai pengembangan website. 

Selanjutnya, anda mulai merekrut beberapa orang yang Spesialis dalam masing – masing bidang pengembangan aplikasi. Mengambil keputusan Buat mengembangkan bisnis anda sangatlah Krusial Buat meningkatkan semangat dari setiap orang dalam perusahaan tersebut.    

4. Mempercepat Proses Komunikasi antar Departemen

Di era digital Ketika ini, sangat membutuhkan komunikasi yang Segera. Dengan menerapkan integrasi sistem dengan Akurat, maka dapat menghubungkan antar departemen dengan lebih efektif dan mudah. 

Komunikasi antar tim sangat dibutuhkan Buat mendapatkan suatu kesamaan persepsi Buat menghasilkan produk yang terbaik. Apabila Bukan Eksis komunikasi antara tiap orang, maka Bukan mungkin menghasilkan sebuah produk yang berkualitas. Dalam hal ini proses integrasi sistem sangat diperlukan Buat kelancaran dalam pengembangan produk.

5. Proses Manajemen Waktu Dilakukan dengan Terstruktur

Manajemen waktu dapat dijalankan dengan lebih terstruktur dengan menggunakan sistem integrasi. Dengan adanya banyak sekali sistem informasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, sudah barang tentu Mempunyai integrasi sistem yang Berkualitas Buat mengatur waktu pengerjaan produk dengan efektif. 

Biasanya, beberapa customer memberikan penilaian mengenai waktu pengerjaan proyek. Apabila, dirasa perusahaan tersebut Akurat waktu dalam merancang produk, maka customer akan memberikan apresiasi yang Berkualitas kepada perusahaan tersebut. Begitu pula sebaliknya, Apabila proses pengerjaan lebih dari batas waktu yang telah ditentukan, maka dapat mengurangi kepercayaan customer pada bisnis tersebut.

6. Meningkatkan Kerja Sama antar Tim

Pentingnya kerja sama merupakan sebuah kewajiban apabila anda mendirikan perusahaan atau memimpin organisasi. Koordinasi antar tim harus diperhatikan dan dijaga dengan Berkualitas. Misalnya saja dalam dunia TI khususnya bidang developer, sudah barang tentu mengenal istilah SDLC

READ  Chief Operating Officer (COO) : Pengertian, Tugas, & Kualifikasi

Buat mengerjakan sebuah aplikasi, maka dapat dikerjakan dengan membentuk berbagai tim dan SDLC dapat mempermudah proses tersebut. Adanya siklus dalam pengembangan sistem dapat meningkatkan team work serta komunikasi dalam pengembangan perangkat lunak.

Pada dasarnya, Orang adalah makhluk sosial yang Bukan Bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan Sokongan dari orang lain. Oleh karena itu, Apabila anda dapat mengintegrasikan sistem dengan Berkualitas maka setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan Segera. 

Baca Juga: Sistem Informasi Manajemen: Definisi, Fungsi, Tahapan, & Misalnya

7. Meningkatkan Kualitas dari Integrasi Proyek

Dalih yang terakhir adalah dapat meningkatkan kualitas dari integrasi proyek. Di dalam dunia industri, kita Niscaya dituntut Buat memberikan kinerja yang maksimal dengan Cita-cita memberikan outcome yang Berkualitas dalam perusahaan yang anda bekerja di dalamnya. Begitu pula dengan proyek, proses pengerjaan Bukan boleh dilakukan dengan asal-asal saja.

Perlu adanya Percakapan lebih lanjut antar setiap bagian dari perusahaan maupun organisasi. Perusahaan Bukan dinilai dari seberapa banyak proyek yang telah dikerjakan, akan tetapi lebih mengarah pada seberapa berkualitaskah proyek yang telah dikerjakan. Jadi, alangkah baiknya Apabila perusahaan tersebut memperhatikan kuantitas dan kualitas proyek yang dijalankan Buat meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut.

Hasil

  • Sistem integrasi adalah sebuah proses yang terdiri dari beberapa komponen yang Mempunyai keterkaitan satu sama lain. Terdapat setidaknya, tujuh Dalih pentingnya sistem integrasi bagi perusahaan. 
  • Penerapan integrasi sistem yang Akurat dapat meningkatkan kredibilitas dan kualitas dari perusahaan tersebut. Buat menciptakan sistem integrasi yang Berkualitas, perlu adanya dukungan dari setiap pihak seperti sistem, lingkungan, SDM, dan resources yang lain.

Apabila anda Lagi bingung Buat Membangun sistem integrasi yang Berkualitas dan Akurat, segera hubungi kami melalui kontak yang telah disediakan. Selain itu, kami juga menyediakan jasa IT Outsourcing dan layanan konsultasi Buat Membangun sistem integrasi Buat bisnis yang anda kelola.