Akademi Manajemen Informatika

Meta description adalah suatu tahapan dalam Membikin sebuah konten pada website atau laman website yang termasuk mekanisme SEO atau Search Engine Optimization

Hal ini dilakukan Demi mengoptimalkan performa konten website pada mesin pencarian Google. 

Sehingga konten website menjadi lebih Jernih dan terbaca pada mesin pencari. Selain itu, meta description dapat memberikan gambaran singkat kepada calon pengunjung website.

Menulis meta description atau deskripsi meta pada konten website merupakan tahapan yang Krusial dalam SEO. Terdapat beberapa tahapan dan ketentuan dalam penulisannya agar konten website optimal dan masuk pada hasil pencarian teratas.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan terkait meta description beserta pengertian, Misalnya dan Metode penulisannya pada website Anda.

Pengertian Meta Description

Meta description adalah sebuah tag HTML yang berisi penjelasan singkat pada suatu laman situs dan terletak di Dasar judul halaman. Sehingga setiap pengguna dapat membaca dan mengerti secara sekilas isi dari laman situs tersebut meskipun Tak mengunjungi laman.

Para pemilik website akan memberikan meta description atau deskripsi meta pada setiap laman situs mereka. Hal ini dilakukan terutama oleh laman yang membawakan konten artikel Berita.

Atau pada laman situs yang berisi sebuah informasi Krusial seperti laman situs pariwisata dan lainnya. Sebuah meta description bertujuan Demi memberikan spoiler bagi para pencari terkait isi laman tersebut.

Meta description diletakkan Serempak dengan permalink atau URL dan tag judul (title tag) dalam satu cuplikan pencarian. Cuplikan pencarian inilah yang akan mengatur bagaimana bentuk dari laman situs pada mesin pencarian.

Hal ini dikarenakan Ketika pencari menggunakan search engine Demi menemukan sesuatu secara daring, maka akan muncul banyak hasil pencarian. 

Tujuan dari meta description Serempak dengan cuplikan pencarian adalah Demi memfokuskan hasil pencarian pada search engine sesuai dengan apa yang diketikkan oleh pencari.

READ  Apa itu Omni Channel Marketing? Ini Pengertian & Manfaatnya

Selain itu, deskripsi meta juga digunakan Demi mengatur dan mengetahui traffic organik suatu laman situs serta meyakinkan pencari sesuai dengan apa yang mereka tulis pada search engine.

Jumlah Kepribadian Maksimum Meta Description

Batas maksimum penulisan meta description yang disarankan adalah kurang dari 160 Kepribadian atau Sekeliling 920px. Apabila Mengungguli batas tersebut, maka secara Mekanis oleh Google search engine akan dipotong dalam SERP (Search Engine Result Page).

Idealnya, penulisan meta description Demi mendapatkan hasil yang optimal dalam SEO adalah Sekeliling 140-160 Kepribadian. Dan tentunya juga harus mengandung kata kunci Primer dan tambahan variant keyword lainnya Apabila memungkinkan.

Kegunaan Meta Description

Meta description Mempunyai kegunaan dan manfaat yang luar Lumrah bagi suatu laman situs. Suatu laman situs akan lebih Jernih dan terpercaya apabila disertai dengan meta tag.

1. Meningkatkan dan Memaksimalkan Click Through Rate (CTR)

Fungsi meta description adalah Berfaedah Demi meningkatkan dan memaksimalkan CTR suatu laman situs melalui penggunaan kata kunci yang sesuai dengan judul pada laman situs. 

CTR sendiri merupakan tingkat presentase pencari yang mengklik dan mengunjungi hasil pencarian pada laman situs yang dicari. CTR dapat mempermudah pencari dalam Memperhatikan deskripsi meta pada suatu laman situs dan meningkatkan performa laman situs.

2. Meningkatkan Relevansi Website yang Dicari

Sebuah situs akan semakin relevan dengan meta description yang sesuai dengan kata kunci dan judul. Sebuah laman situs dengan deskripsi meta yang relevan akan semakin besar kemungkinannya Demi masuk hasil pencarian paling atas pada search engine.

Hal tersebut Tak lepas dari pemilihan kata kunci yang Akurat Demi meta description dan sinkronisasi kata kunci pada judul laman. Sehingga, Berkualitas judul maupun deskripsi meta telah menggambarkan isi dari laman situs tersebut dan sesuai dengan kata kunci pencarian.

READ  Memorandum Of Understanding: Pengertian dan Fungsinya

3. Meningkatkan Brand Awareness pada Website

Manfaat selanjutnya dari Meta description adalah dapat membantu sebuah laman situs dalam membangun brand awareness. Suatu konten pada laman situs atau bahkan halaman pada situs tersebut akan lebih mudah dikenali dan Mempunyai Ciri khas tersendiri.

Ciri khas suatu laman dapat dibangun dari meta description dengan melakukan gaya penulisan yang sama, Tetapi harus tetap Istimewa pada setiap halaman.

Misalnya Meta Description

Proses penulisan meta description
Sumber: Pexels

Adanya Metode dan tahapan tersebut bertujuan Demi membangun sebuah deskripsi meta yang efektif. Berikut adalah langkah-langkah dalam menulis meta description.

1. Membikin Kalimat yang Pandai Membaca apa yang Pengguna Internet Pikirkan

Kalimat yang mengetahui apa yang dicari oleh pengguna internet atau pencari umumnya adalah kalimat yang singkat Tetapi mengandung kata kerja dan termasuk kedalam kalimat aktif.

Tetapi, Terdapat juga kalimat yang berbentuk sebagai suatu pertanyaan. Hal tersebut bertujuan Demi menyesuaikan pertanyaan yang dipikirkan oleh pencari Ketika mencari sesuatu di search engine.

2. Kalimat Deskripsi Meta harus Menjadi Solutif

Sebuah meta deskripsi yang ditulis harus mengandung kata-kata yang memberikan solusi dan hasil pencarian dari pencari. Selain itu, deskripsi meta dapat diberi beberapa kata yang persuasif atau mengajak.

Contohnya seperti “Ingin memaksimalkan bisnis online shop anda? kamilah solusinya”

Atau anda Demi suatu laman dengan konten Berita, anda juga dapat menambahkan beberapa kata pada awal deskripsi meta seperti contohnya “Akhirnya terungkap, beginilah Metode Demi menjadi video editor” dan lainnya.

3. Gunakan Kalimat Ajakan yang Tegas dan Persuasif

Tujuannya agar calon pengunjung atau pencari tertarik Demi mengklik dan mengunjungi suatu laman yang dicari. Umumnya berupa kalimat yang singkat Tetapi tegas dan menarik bagi para pencari.

READ  Membangun Aplikasi CRUD Sederhana di Android Menggunakan PHP dan MySQL PART 2

Misalnya kalimat ajakannya seperti, “Belanja disini sekarang juga” Pandai juga, “klik laman ini saja Demi informasi lebih lanjut” dan sebagainya.

4. Jangan Mengenakan Kalimat yang Sama atau Mempunyai Maksud Sama secara Berulang

Jangan mengulang kalimat terutama  Apabila kalimat tersebut Tak Mempunyai Maksud apa pun dan hanya menghabiskan space meta deskripsi yang Terdapat. 

Kalimat yang repetitif akan Membikin pencari Jenuh dan Tak tertarik Demi mengunjungi sebuah laman situs atau suatu website. Sehingga laman tersebut kecil kemungkinannya Demi dikunjungi.

Apabila terpaksa menggunakan kalimat yang berulang, usahakan gunakan kalimat yang persuasif dan tegas.  Hal itubertujuan agar calon pengunjung tertarik Demi mengunjungi suatu laman situs dikarenakan Terdapat lebih dari satu seruan yang bersifat mengajak pada meta description laman itu.

5. Penulisan yang Jernih dan Singkat

Calon pengunjung pastinya Tak akan mau membaca deskripsi meta suatu laman situs terlalu Pelan. Sehingga, diperlukan proses penulisan meta description yang singkat dan Jernih. 

Sebuah deskripsi meta yang Jernih dan singkat akan lebih mudah dimengerti oleh calon pengunjung suatu laman.

6. Keunikan pada Deskripsi

Deskripsi meta memang bertujuan Demi menjelaskan sebuah judul dan isi pada suatu laman. Tetapi dengan menjadikan sebuah deskripsi meta lebih Istimewa dan berkesan bagi calon pengunjung akan Membikin suatu laman situs lebih sering dikunjungi.

Contohnya seperti menyematkan beberapa kata inspiratif pada deskripsi meta yang sesuai dengan judul dan isi laman situs.

Meta description adalah sebuah elemen SEO yang esensial dan Krusial bagi performa suatu laman situs dan konten pada website. 

Penggunaan meta description sangat menentukan suatu laman situs atau website Demi muncul pada hasil pencarian teratas search engine. Sandi Dharma menyediakan jasa pembuatan website profesional dan optimasi SEO Demi meningkatkan konversi bisnis online Anda.