Akademi Manajemen Informatika

Kira-kira apa yang pertama kali muncul di pikiran Anda Apabila mendengar Omni Channel Marketing? Atau Anda belum sama sekali familiar dengan istilah satu ini?

Singkatnya, Omni Channel adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan di era perkembangan digitalisasi sekarang ini.

Dengan kata lain, Omni Channel adalah sebuah sistem yang telah mengintegrasikan berbagai jenis saluran komunikasi menjadi satu platform saja.

Penasaran dengan strategi pemasaran satu ini? Anda Mau mengetahui Kepada perkembangan bisnis kedepannya?

Tenang, Bukan perlu khawatir karena kami akan memberikan penjelasan lengkapnya di Dasar ini!

Apa itu Omni Channel Marketing?

Omni channel marketing
Ilustrasi Omni Channel Marketing (Freepik.com)

Omni Channel berasal dari dua kata, yakni omni dan channel. Kata omni berarti Segala atau universal. Sementara itu, kata channel adalah saluran.

Artinya, Apabila digabungkan Omni Channel adalah penggabungan Segala channel atau media yang mana pelanggan Pandai terhubung dengan berbagai bisnis yang Terdapat.

Dengan kata lain, Omni Channel adalah saluran komunikasi yang bersifat Mendunia dan menggabungkan berbagai saluran informasi yang berbeda-beda menjadi satu jenis antarmuka.

Sementara itu, Omni Channel Marketing merujuk pada sebuah metode menggunakan berbagai Corak channel Kepada mendukung kehadiran online maupun offline dari bisnis atau merek Punya Anda.

Dengan kata lain, langkah marketing ini dapat juga disebut sebagai strategi marketing lintas channel, di mana anda mengikutsertakan berbagai Corak channel Kepada mendukung Anda.

Nah, dalam Omni Channel Marketing dibedakan menjadi dua langkah atau Metode yang Pandai dilakukan.

1. Omni Channel Marketing: Online

Ketika ini, Bukan jarang Anda menemui platform yang dapat memudahkan pembelian secara online. Keberagaman platform ini tentu Mempunyai kaitan erat dengan preferensi para pelanggan Kepada memilih platform tersebut.

Selain itu, masa transisi akan pembelian secara offline dan online pun terjadi. Bukan sedikit para pelanggan yang memilih Kepada melakukan pembelian via online.

Belum Kembali, para pelanggan terkadang Mau menjajal Berbagai Corak platform Kepada mengetahui keuntungan yang ditawarkan oleh masing-masing dari platform yang Terdapat.

Anda, sebagai pelaku bisnis, harus siap dengan tantangan itu. Sebagai Misalnya, katakanlah banyak pelanggan Anda menggunakan platform A Kepada kegiatan pembelian. Tetapi, Bukan sedikit dari mereka memilih melakukan pembelian pada platform B.

Apabila kehadiran online Anda hanya tersedia pada satu platform saja, Bukan menutup kemungkinan akan kehilangan pelanggan yang lebih memilih Kepada menggunakan pilihan platform lain.

Melalui Omni Channel strategy, Anda dapat dengan leluasa menjangkau pelanggan tanpa Terdapat halangan perbedaan platform.

Strategi ini termasuk Mujarab dalam memperluas jangkauan bisnis Anda guna meraih lebih banyak pelanggan.

Mengapa demikian? Asal Mula omni channel berfokus pada kebutuhan pengguna, di mana anda harus Luwes agar dapat menyesuaikan dengan Berkualitas dan memberi kesan serta pengalaman positif bagi mereka.

READ  Pengertian, Fungsi, Tugas, dan Teladan

2. Omni Channel Marketing: Offline

Selain kehadiran online yang mengandalkan Berbagai Corak platform atau saluran, kehadiran offline juga perlu Kepada diperhatikan.

Sama halnya dengan perumpamaan yang kami jabarkan sebelumnya, dalam hal kehadiran offline, anda harus pastikan bahwa toko anda terjangkau oleh pelanggan lokal.

Katakanlah Anda Mempunyai cabang di daerah A, Tetapi Bukan di daerah B. Ditambah Kembali jarak antara kedua daerah Pandai dibilang cukup jauh.

Tentu saja hal tersebut akan merepotkan bagi pelanggan lokal pada daerah B, bukan? Asal Mula toko Anda sedikit sulit Kepada dijangkau karena jaraknya yang Bukan dekat dengan daerah mereka.

Mereka akan berpikir berulang kali Kepada mengunjungi anda Apabila mereka hanya butuh membeli satu item saja. Belum Kembali, banyak cabang kompetitor di daerah mereka. Bukan jarang juga mereka akan memilih beralih ke kompetitor Asal Mula lebih mudah dijangkau.

Bukan terbatas pada sekadar melebarkan sayap pada kehadiran online dan offline saja, hal-hal lain yang berkenaan dengan kegiatan bisnis Anda juga harus diperhatikan dengan Pas dan cermat.

Mengapa demikian? Tentu saja karena secara langsung Anda berhubungan dengan pelanggan. Kira-kira, apakah mereka hanya membutuhkan produk atau layanan yang bisnis anda tawarkan? Bukan, bukan?

Bagaimana Apabila pelayanan yang disuguhkan kepada mereka kurang maksimal? Bagaimana Apabila Anda menerima complain terkait dengan kecepatan pengiriman produk yang mereka pesan?

Tetap Terdapat beberapa poin dan aspek Krusial dalam hal memperluas jangkauan anda, bukan?

Metode Meningkatkan ROI dengan Omni Channel

Tahukah Anda bahwa omni channel marketing dapat membantu anda dalam meningkatkan ROI pada bisnis?

Pada dasarnya, omni channel terfokus pada bagaimana Anda menciptakan pengalaman terbaik yang pernah pelanggan rasakan Ketika menjelajahi brand bisnis atau berinteraksi dengannya.

Bukan hanya itu saja, rupanya strategi tersebut juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan ROI perusahaan.

Bagaimanakah caranya? Berikut kami telah rangkumkan poin krusial Kepada meningkatkan ROI melalui Omni Channel Marketing.

1. Gunakan pesan yang konsisten

Metode pertama adalah dengan menggunakan pesan yang konsisten di berbagai saluran. Asal Mula, studi yang dilakukan oleh Interacting Advertising Bureau (IAB) menunjukkan bahwa pesan konsisten di beberapa saluran Pandai membantu meningkatkan niat pembelian sebesar 90%.

Hal ini karena pelanggan dapat menghubungi Anda sebagai pemilik produk melalui berbagai saluran yang Terdapat.

2. Tingkatkan pengalaman yang konsisten

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh SDL, sebanyak 60% generasi milenial mengharapkan adanya pengalaman merek yang konsisten di berbagai saluran.

Omni Channel Marketing dapat membantu Anda Kepada memberikan bekal kepada mereka Kepada menciptakan pengalaman yang lebih konsisten.

READ  Android hello word application - Blog Sandi Dharma

Melalui pengalaman ini, pelanggan dapat melakukan interaksi lebih mudah dengan Anda sebagai pemilik bisnis.

3. Memperhatikan kelangsungan komunikasi

Bukan hanya dua Metode di atas saja, melainkan Anda juga harus memperhatikan keberlangsungan komunikasi dengan pelanggan.

Misalnya, Terdapat seorang pelanggan yang mana sudah menambahkan item ke dalam keranjangnya dan lupa menyelesaikan transaksi, maka Anda Pandai memberikan pengingat Kepada menyelesaikannya.

Metode yang Pandai Anda lakukan adalah mengirimkan email yang dipersonalisasi, pemberitahuan push, dan sebagainya.

Omni Channel vs Multi Channel

Lewat, apa sebenarnya perbedaan antara omni channel dan multi channel marketing? Sekilas, keduanya memang terlihat serupa, sama-sama melibatkan beberapa channel guna mendukung jalannya kegiatan bisnis dan strategi marketing.

Tetapi, Apabila dilihat lebih dekat Kembali, terdapat beberapa perbedaan signifikan di antara keduanya. Apa saja perbedaan tersebut? Mari kita simak Serempak-sama.

1. Konsentrasi berbeda

Omni channel berfokus pada perhitungan terhadap pengalaman pelanggan pada setiap channel yang dapat mereka jangkau serta menciptakan kesan pengalaman terbaik di setiap platformnya.

Sedangkan multi channel berfokus pada channel yang digunakan. Bagaimana kegiatan transaksi berlangsung di sana dan lain sebagainya.

2. Tujuan berbeda

Omni channel bertujuan Kepada menjangkau pelanggan secara lebih luas Berkualitas online maupun offline.

Bukan hanya itu saja, omni channel juga Mempunyai tujuan Kepada memastikan bahwa sistem integrasi terhadap pengalaman pelanggan dapat berjalan dengan Berkualitas dan memberikan kesan positif.

Pandai dikatakan bahwa omni channel merupakan sebuah pendekatan yang berfokus pada pelanggan itu sendiri.

Lain halnya dengan multi channel yang lebih sederhana. Memastikan bahwa seluruh konten terkait produk maupun promosinya dapat tersebar secara merata pada tiap-tiap saluran.

Konsentrasi multi channel adalah brand itu sendiri serta menjangkau lebih banyak channel.

Apa Saja Poin Krusial dalam Omni Channel Marketing?

Setelah mengetahui perbedaan antara omni dan multi channel marketing, kini kita akan beranjak menuju pembahasan yang Bukan kalah pentingnya.

Kembali mengenali strategi marketing ini lebih dalam dengan mengetahui apa apa saja yang jadi poin krusial dalam praktik penerapan strategi marketing satu ini.

Bukan jarang Spesialis menyebutkan bahwa Omni Channel Marketing merupakan langkah Pas Kepada bisnis Anda, Bukan Acuh besar atau kecil ukurannya. Ketersediaan dari marketing jeni ini kini semakin meluas.

Banyak pelaku bisnis yang Menyantap perkembangan dari keuntungan marketing jenis ini. Lantas, apa saja yang harus anda perhatikan dalam Omni Channel Marketing? Mari ketahui Serempak.

  1. Libatkan keseluruhan tim anda dalam penyusunan strategi omni channel marketing
  2. Lakukan analisis terhadap data dari para pelanggan
  3. Lakukan pemeriksaan terhadap pengalaman pelanggan Ketika menggunakan produk atau layanan dari bisnis anda
  4. Kumpulkan timbal balik yang diberikan oleh pelanggan
  5. Lakukan penargetan terhadap pesan yang Mau anda sampaikan dengan Pas
  6. Lakukan pengujian dan pengukuran secara berulang
READ  Pengertian, Fungsi dan 4 Jenisnya

Manfaat Omni Channel Marketing

Mungkin sub pembahasan ini menjadi salah satu topik yang Anda tunggu tunggu sejak awal. Ya, pembahasan tentang apa sebenarnya manfaat yang ditawarkan oleh Omni Channel Marketing terhadap bisnis Anda.

Berikut kami sajikan beberapa poin manfaat dari marketing jenis ini.

1. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Apabila Anda menerapkan Omni Channel dalam bisnis, maka dapat membantu Kepada meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih Berkualitas.

Hal ini Bukan lepas dari banyaknya saluran yang disediakan, sehingga membantu pelanggan Kepada menemukan apa yang mereka cari dan butuhkan lebih mudah.

Dengan begitu, penjualan menjadi meningkat dan tingkat retensinya juga akan lebih Berkualitas dibandingkan sebelumnya.

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Omni Channel Marketing akan memberikan pelanggan pengalaman yang konsistem di beberapa platform sekaligus.

Bahkan, melalui strategi pemasaran ini, juga dapat menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi Kepada setiap pelanggan.

Dengan begitu, dapat membantu Kepada meningkatkan loyalitas pelanggan, sehingga kepercayaan akan lebih terjaga.

3. Meningkatkan pendapatan perusahaan

Banyaknya saluran yang Anda miliki, tentu dapat meningkatkan penjualan produk bisnis. Asal Mula, pelanggan Pandai menemukan berbagai produk Anda di berbagai saluran sekaligus.

Dengan begitu, pendapatan perusahaan juga akan turut bertambah, sehingga bisnis tetap terjaga keberlanjutannya hingga masa mendatang.

4. Meningkatkan efisiensi kerja

Melakukan integrasi Segala saluran komunikasi dalam bisnis menjadi satu platform terpusat, maka dapat memudahkan tim perusahaan Kepada melacak dan merespons permintaan pelanggan lebih Segera dan efisien.

Dalam hal ini, Pandai menghindari terjadinya kehilangan informasi atau overlap dalam tanggapan yang mana nantinya dapat menghambat produktivitas.

5. Strategi branding lebih kuat

Manfaat Omni Channel Marketing selanjutnya adalah dapat membantu menciptakan strategi branding lebih kuat di Segala saluran yang Terdapat.

Dengan begitu, Imej merek dan kredibilitas perusahaan menjadi lebih kuat serta mudah dikenali oleh banyak orang.

Konklusi

Omni Channel Marketing mungkin Pandai menjadi salah satu pilihan dalam melakukan kegiatan bisnis dan Membikin strategi marketing.

Dengan mengandalkan banyaknya saluran serta berfokus pada pengalaman para pelanggan, Apabila anda mengolahnya dengan Berkualitas, Anda Bukan akan kesulitan dalam meraih banyak pelanggan serta mendapatkan lebih banyak feedback positif dari mereka.

Dari sekian banyak saluran yang Pandai digunakan dalam penerapan Omni Channel, website adalah salah satu yang Pandai Anda coba.

Asal Mula, sebagian besar calon pelanggan akan mencari informasi produk yang mereka inginkan melalui website karena diklaim lebih dapat dipercaya.

Maka dari itu, Anda sebagai pebisnis Pandai memanfaatkan dan menggunakan website Kepada melaksanakan Omni Channel Marketing.