Akademi Manajemen Informatika

Apakah anda Begitu ini Lagi bingung Kepada memilih suatu pekerjaan atau membangun sebuah bisnis? Atau mungkin anda sudah mempunyai pekerjaan dan menjalankan bisnis Tetapi Lagi bingung mengenai strategi pemasaran dan manajemen bisnis yang Akurat? Anda Tak perlu khawatir, karena salah satu langkah awal mengembangkan strategi bisnis yang Akurat adalah dengan menggunakan prinsip marketing mix.

Bagi yang belum Paham apa itu marketing mix, pada artikel ini kami akan memberikan berbagai informasi seputar hal tersebut. Bagi anda yang sudah profesional di bidang marketing, tentu sudah Tak asing Tengah dengan istilah tersebut.

Tetapi, bagi anda yang Lagi awal dalam dunia marketing Tak perlu risau, anda dapat memulai dengan memahami konsep dasar dan strategi pemasaran bisnis yang Akurat terlebih dahulu.

Pengertian Marketing Mix

Marketing mix adalah sekumpulan variabel marketing terdiri dari 4P atau 7P yang digunakan Kepada tujuan pemasaran dan mencapai Sasaran pasar yang Akurat. Istilah ini pertama kali disampaikan oleh Neil Borden, yang merupakan Profesor Marketing Harvard pada tahun 1948.  

Istilah tersebut sebenarnya sudah banyak digunakan oleh para pemilik bisnis di seluruh dunia Kepada menciptakan usaha bisnis yang efektif dan efisien. Kemudian, konsep ini juga dapat digunakan oleh pelaku bisnis yang Lagi pemula ataupun yang sudah Pelan merintis karir.

Konsep dan Teladan Marketing Mix 7P

Setelah mengenal apa itu marketing mix, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai konsep marketing mix 7P. Pada awalnya, konsep ini hanya mencakup empat elemen saja, Merukapan, product, price, promotion, dan place.

Tetapi, seiring berkembangnya Era dan era teknologi yang Terdapat Begitu ini, mengalami beberapa modifikasi dan penambahan elemen dari para Spesialis.

Salah Begitu konsep yang dikemukakan oleh para Spesialis adalah marketing mix 7P. Konsep ini, pertama kali dikenalkan oleh Booms dan Bitner yang berisi marketing mix 4P, dan ditambah tiga elemen baru.

Sehingga menghasilkan konsep marketing mix versi terbaru. Berikut ini adalah penjelasan dari ketujuh elemen pemasaran.

1. Product (Produk atau Jasa)

Produk merupakan segala sesuatu yang dihasilkan dari hasil produksi jasa atau layanan suatu bisnis. Produk dapat berupa barang, jasa, maupun produk visual. Di era digital Begitu ini, produk Tak hanya sebatas barang dan jasa. Tetapi, juga dapat berbentuk produk virtual, seperti website, aplikasi, software, dan lain sebagainya.

Dalam menciptakan sebuah produk, anda harus menentukan terlebih dahulu demand atau permintaan pasar terhadap produk tersebut. Kemudian, tentukan juga Sasaran pasar yang akan anda sasar. Kedua hal tersebut harus anda lakukan terlebih dahulu Kepada memastikan apakah produk yang anda buat sudah Akurat dan sangat dibutuhkan oleh konsumen Begitu ini atau Tak.

READ  Kenali Derajat dan 6 Startup Unicorn dari Indonesia

Apabila anda telah melakukan riset dan produk tersebut Mempunyai jumlah permintaan yang tinggi, selanjutnya anda dapat melakukan riset pesaing produk tersebut. Ciptakan produk yang memang Mempunyai nilai jual yang bagus di pasar dan konsumen akan lebih mudah tertarik Kepada mendapatkan produk tersebut.

Banyak pebisnis yang hanya mengutamakan ide subjektif, tanpa menggunakan riset terlebih dahulu. Sehingga banyak kasus seperti perusahaan rintisan atau startup yang mengembangkan aplikasi atau produk sesuai ide mereka, Tetapi Begitu proses implementasi di lapangan Tak Terdapat customer yang memakai atau membeli produk tersebut. 

2. Price (Harga)

Elemen marketing yang berikutnya adalah harga. Disini, harga merupakan sejumlah Dana yang dikeluarkan konsumen Kepada membeli sebuah produk. Dalam menentukan nominal harga Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan.

Kita Tak Bisa menentukan harga sebuah produk secara asal. Segala harus melalui tahap kalkulasi yang Akurat. Sehingga harga produk tersebut Tak membawa Akibat negatif bagi perkembangan bisnis sebuah perusahaan.

Dalam menentukan harga, kita Tak Bisa mematok nominal yang terlalu tinggi karena dapat berpengaruh pada minat beli konsumen. Kemudian, Apabila kita mematok harga yang terlalu rendah juga dapat berpengaruh pada pemasukan perusahaan. 

Di dalam ilmu ekonomi, terdapat sebuah istilah yang diberi nama break even price (BEP). Yang merupakan harga terkecil yang dapat dipasang pada produk tanpa harus mengalami kerugian bisnis. 

Kepada mendapatkan nilai BEP, anda harus menggunakan rumus sebagai berikut:

BEP = (Total Fixed Cost / Production Volume) + Variable Cost Per Unit

  • Total fixed cost adalah biaya keseluruhan dalam pembuatan sebuah produk.
  • Production volume adalah jumlah produk yang telah dibuat.
  • Variable cost per unit adalah biaya pembuatan per produk.

Kepada tahap penentuan harga, digunakan Kepada memastikan bisnis yang anda jalankan Tak mengalami kerugian. Jadi, anda juga harus menerapkan elemen yang lain juga Kepada mendapatkan strategi pemasaran yang Akurat.

3. Place (Tempat)

Elemen marketing yang selanjutnya adalah tempat. Dalam pembuatan sebuah produk, biasanya seorang bisnis Mempunyai tempat atau Posisi usaha agar setiap aktivitas pekerjaan dapat dilakukan dengan Lancar dan efektif.

Tetapi, yang harus diperhatikan disini adalah dalam menentukan tempat, perlu adanya strategi Spesifik Kepada memilih Posisi yang Akurat – Akurat Akurat dengan produk atau layanan. Dimana, kondisi Distrik yang strategis juga Mempunyai Pengaruh yang signifikan bagi perkembangan suatu bisnis.

READ  Pengertian, Tahapan, dan 4 Contohnya

4. Promotion (Promosi)

Berikutnya, elemen promosi yang menjadi salah satu Elemen Krusial dalam memperkenalkan sebuah produk. Begitu ini, banyak sekali media promosi yang dapat anda gunakan Kepada membantu mengenalkan produk atau merek kepada pihak konsumen. 

Sebagai Teladan, penggunaan media sosial, website, maupun media cetak. Salah satu metode mempromosikan barang atau jasa yang murah dan Tak membutuhkan modal yang besar adalah dengan melakukan optimasi SEO. 

Banyak sekali tutorial Kepada mengoptimalkan konten situs bisnis anda dengan menggunakan SEO. Kemudian, Apabila anda lebih tertarik pada media sosial, anda juga dapat menggunakan Donasi fitur dari Facebook Ads, Instagram Ads, serta Twitter Ads.

5. People (Orang atau SDM)

Elemen yang berikutnya adalah orang atau sumber daya Insan. Ketika bisnis yang anda jalankan mengalami pertumbuhan dari sisi kredibilitas dan cakupan bisnis yang luas, selanjutnya adalah menentukan struktur organisasi internal perusahaan.

Dimana, anda menempatkan beberapa orang pada posisi yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian dari masing – masing SDM. Dalam mengambil rekrutmen atau karyawan baru, banyak hal yang harus diperhatikan.

Pertama, adalah dari sisi intelektual dari rekrutmen tersebut harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah berlaku. Kemudian, carilah orang yang Mempunyai sikap atau attitude yang Berkualitas agar dalam setiap proses pekerjaan dapat dikerjakan dengan maksimal dan konsisten. 

Dan yang terpenting adalah, Mempunyai pengalaman dan integritas yang Berkualitas. Karyawan yang Mempunyai pengalaman yang banyak dapat memberikan pengaruh yang Berkualitas bagi perusahaan.

6. Physical Evidence (Kemasan atau Tampilan Fisik)

Setelah menciptakan dan mengembangkan sebuah produk, kita juga harus memperhatikan kemasan dari produk tersebut. Elemen marketing mix yang satu ini juga sangat Krusial Kepada diimplementasikan pada bisnis anda.

Kemasan yang menarik dapat meningkatkan Elemen penjualan produk anda. Pada umumnya, pelanggan akan memperhatikan struktur dan tampilan dari kemasan yang telah dibuat. Dan selanjutnya, pelanggan akan Menyantap isi dari produk tersebut.

7. Process (Proses)

Elemen terakhir dalam marketing mix 7P Merukapan proses. Maksud dari proses disini adalah Mekanisme, mekanisme, dan alur yang diterapkan oleh konsumen Kepada menggunakan layanan yang anda buat. Jadi, elemen ini merupakan pengalaman konsumen mulai dari awal pengenalan produk hingga proses pembelian produk.

READ  Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan

Dalam menerapkan proses pemasaran bisnis yang Berkualitas, pastikan Kepada selalu menjaga konsistensi. Sangatlah Krusial Kepada menjaga konsistensi dalam melakukan promosi produk kepada customer secara luas. 

Strategi Marketing Mix yang Akurat

Dalam mencapai Sasaran pasar sesuai dengan tujuan bisnis, perlu menerapkan strategi marketing mix yang efektif. Berikut merupakan beberapa tips dalam mengembangkan strategi pemasaran secara efisien.

1. Menentukan produk dan harga yang sesuai

Pertama, anda harus menentukan terlebih dahulu produk dan harga yang Akurat dengan kondisi pasar dan Sasaran market yang dituju. Jangan terlalu membebani konsumen dengan memberikan patokan biaya yang besar. Anda harus mengatur nilai jual produk atau jasa anda sesuai dengan harga rata – rata pasar.

2. Merancang strategi promosi

Kedua, anda dapat merancang dan menyusun strategi bisnis dengan menjalankan media promosi. Begitu ini, banyak sekali penggunaan media promosi melalui website dan media sosial. Selalu aktifkan dan koneksikan produk bisnis anda dengan jejaring sosial agar konsumen lebih mudah dalam mencari brand Anda.

3. Menentukan Posisi bisnis

Yang ketiga, pastikan Kepada memilih Posisi bisnis yang strategis dan sesuai dengan Sasaran pasar produk anda. Posisi yang Berkualitas biasanya Mempunyai koneksi jaringan internet yang Berkualitas, serta Mempunyai letak geografis yang Terjamin dari timbulnya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

4. Merekrut karyawan dan merancang SOP

Terakhir, setelah bisnis yang anda jalankan telah berkembang, maka anda perlu Kepada menambah jumlah karyawan. Pastikan Kepada memilih rekrutmen yang Mempunyai keahlian dan kepribadian yang Berkualitas.

Selanjutnya, jangan lupa Kepada Membangun SOP (Standar Operasional Mekanisme) perusahaan. SOP perusahaan sangat diperlukan Kepada mengatur jalannya berbagai aktivitas perusahaan.

Hasil

  • Marketing mix adalah kumpulan variabel yang terdiri atas 4P atau 7P Kepada membantu proses pemasaran dan mencapai Sasaran pasar yang sesuai. 
  • Terdapat tujuh elemen yang Normal disebut dengan marketing mix 7P, Merukapan product, price, place,  promotion, people, physical evidence, dan process
  • Dalam menentukan strategi marketing yang Berkualitas, anda perlu menentukan harga, tempat, melakukan promosi produk anda. Dan langkah berikutnya menentukan kemasan, proses, dan menambah sumber daya Insan (SDM) yang bekerja secara profesional.

Sandi Dharma membuka jasa pembuatan aplikasi dan software custom. Kami berfokus Kepada menciptakan produk berskala enterprise Kepada membantu setiap kebutuhan dan permintaan klien. Anda berminat? silahkan hubungi tim marketing kami.