Akademi Manajemen Informatika

Pernahkah Anda menemui sebuah perusahaan yang menerapkan video marketing? Maraknya jenis marketing dengan berbagai pendekatan dan media sudah Enggak asing Kembali belakangan ini.

Berbagai Corak media seperti video kini menjadi salah satu pilihan yang diaplikasikan dalam kegiatan atau proses pemasaran.

Selain aksesnya yang mudah, terdapat berbagai Corak Langkah Demi dapat mengkreasikan sebuah video Demi Konsentrasi terhadap beberapa topik dan tujuan tertentu.

Tertarik Demi mengenal video marketing? Mari simak Serempak pembahasannya berikut!

Apa itu Video Marketing?

Pada dasarnya, video marketing merujuk pada pendekatan pemasaran menggunakan media video.

Istilah ini Dapat juga disebut sebagai jenis pemasaran berbasis video, di mana langkah pemasaran ini melibatkan audiens sebagai bagian dari kampanye secara efektif.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, video marketing menggunakan dan mengaplikasikan video guna melakukan serangkaian kegiatan pemasaran, seperti promosi, dan juga memberi informasi terkait produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Video marketing secara efektif dapat meningkatkan keterlibatkan pada saluran digital dan sosial Punya perusahaan Anda dengan Langkah menyediakan konten edukasi.

Hal tersebut tentu akan berpotensi menjangkau berbagai Corak audiens dengan media baru.

Sebuah video Enggak hanya memberi angin Asem pada metode pemasaran sebuah bisnis dan Langkah berbelanja konsumen, tetapi juga berkontribusi dalam perubahan terhadap Langkah penjual terhubung dengan pelanggan.

Manfaat Video Marketing

Berbicara tentang keuntungan, kemudahan dalam proses pemasaran serta efektivitasnya merupakan salah satu kelebihan dari pemasaran menggunakan media video.

Kegunaannya Dapat dibilang sangat Berbagai Corak, mulai dari fungsinya Demi menjalin Rekanan dengan pelanggan, mempromosikan brand, produk, maupun layanan yang ditawarkan, menyajikan dan mempromosikan testimoni dari pelanggan, serta menyampaikan konten yang menghibur.

Demi menonton sebuah video, Anda pastinya merasakan berbagai Corak pengalaman tergantung pada konteks dari video tersebut.

Enggak heran Apabila kita rela Demi berhenti sejenak ketika Enggak sengaja menonton video yang menarik dan menghibur. Hal tersebut menjadi salah satu kekuatan dari video marketing.

Bagi Anda yang baru mengenal dan tertarik Demi menerapkan video marketing dalam proses bisnis tetapi Lagi ragu, berikut akan kami sajika manfaat menggunakan media tersebut dalam pemasaran.

1. Tetap terhubung dengan Audiens

Media berupa video dapat menjadi pilihan Betul Demi menjaga komunikasi dengan para audiens.

Belakangan ini, maraknya berbagai Corak upaya Demi membangun kepercayaan suatu merek Enggak dapat terelakkan.

Video dapat menjadi sebuah jembatan yang menghubungkan konten atau pesan kepada para audies serta memungkinkan mereka Demi mengetahui lebih tentang brand Anda.

READ  Construction Fleet Management: Definisi, Manfaat, dan Tips

2. Meningkatkan SEO

Video merupakan media yang sangat cocok Demi membantu proses SEO.

Pasalnya, meningkatkan keterlibatan para audiens seperti banyaknya like dan share yang dapat mempengaruhi traffic dan peringkat web Anda pada SERP.

3. Pelengkap Strategi Pemasaran Lainnya

Apabila sudah Mempunyai dasar dan pemahaman tentang bagaimana menghasilkan suatu konten yang relevan, Anda dapat mengaplikasikan konten tersebut menjadi satu video.

Setelah itu, akan sangat mudah pula bagi Anda Demi menyertakan video tersebut ke dalam bagian dari situs web.

Selain itu, video Rupanya juga dapat meningkatkan Click Through Rate (CTR). Enggak hanya itu saja, video juga cocok diterapkan Demi mendukung atau melengkapi strategi pemasaran lainnya.

Tantangan dalam Video Marketing

Setiap jenis atau upaya pemasaran yang diterapkan Niscaya Mempunyai tantangan tersendiri dalam proses penerapannya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, tantangan akan media yang digunakan Demi sarana pemasaran pun semakin berkembang pula.

Berikut merupakan beberapa tantangan yang mungkin saja akan Anda hadapi Demi mengaplikasikan video marketing sebagai pendekatan bisnis.

  • Kurang matangnya perencanaan ide sebelum pembuatan video
  • Kurang menangkap apa yang audiens inginkan dan butuhkan
  • Pesan yang disampaikan secara terang-terangan bersifat promosi
  • Kurangnya pengoptimalan video SEO karena terlalu Konsentrasi pada konsep
  • Kurangnya biaya produksi
  • Kesusahan Demi Membikin konten yang Betul sasaran

Jenis-Jenis Video Marketing

Sebagai alat serbaguna Demi proses penjualan, video dapat juga memberikan keuntungan Demi sekadar meningkatkan keterlibatan para pelanggan.

Dengan video, Anda juga Dapat Konsentrasi melakukan analisis terhadap setiap penjualan Demi memenuhi syarat, memprioritaskan, dan mengoptimalkan prospek yang Enggak terlalu responsif.

Anda perlu melakukan pengaplikasian langkah pemasaran video yang strategis guna mempertimbangkan Sasaran serta metrik dari brand bisnis tersebut.

Anda juga harus menentukan platform atau saluran mana yang akan digunakan Demi membagikan video pemasaran tersebut, serta konteks apa yang menjadi Dalih munculnya media.

Hal itu merupakan langkah jitu Demi melakukan penargetan terhadap para pelanggan.

Pemasaran dengan media video Mempunyai jenis atau Corak yang sangat Berbagai Corak, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Demo Video

Video demo adalah sebuah konten yang bertujuan Demi menekankan value dari sebuah produk atau layanan yang ditawarkan.

Jenis ini biasanya juga disertai dengan tutorial atau Kelebihan yang dimilikinya. Dengan itu, pelanggan akan lebih tertarik Demi menggunakan produk atau layanan Anda.

READ  Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Teladan

2. Brand Video

Jenis yang satu ini merupakan video yang bertujuan Demi memberikan informasi dan pemahaman kepada audiens tentang brand Anda.

Oleh karena itu, Krusial Demi menyertakan beberapa Kelebihan brand Anda Demi menarik kepercayaan audiens.

3. Expert Interview

Making video marketing expert interview
Misalnya Video Expert Interview (Sumber: Unsplash)

Expert interview video adalah jenis konten di mana Anda menyajikan video wawancara Serempak para Ahli di bidang bisnis tersebut Demi menekankan dan meyakinkan para audiens Demi memilih produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Educational Video

Sesuai namanya, educational video bertujuan Demi memberikan edukasi serta membagikan pengetahuan dasar kepada para audiens. Konten seperti ini biasanya banyak disukai oleh para audiens.

5. Explainer Video

Young woman making video marketing presenting bag to camera
Misalnya Video Explainer (Sumber: Freepik)

Video explainer bertujuan Demi memberikan pemahaman lebih terkait dengan produk maupun layanan kepada para audiens.

Hal ini akan membantu para audiens Demi mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada mereka ketika menggunakan produk Anda.

6. Animated Video

Animated video berisi animasi menarik Demi menjelaskan suatu produk atau layanan.

Pada dasarnya, jenis ini Nyaris sama dengan explainer video. Bedanya, jenis ini menggunakan animasi Demi menjelaskan produk atau layanan.

7. Case Study and Customer Video

Case study and customer video biasanya berisi tentang studi kasus serta Langkah produk maupun layanan Anda menyelesaikan kasus tersebut.

Hal tersebut juga dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang mungkin dialami oleh audiens.

8. Live Video

Baru-baru ini, live video marketing mulai marak dan banyak diminati oleh para audiens.

Pasalnya, audiens dapat bertanya pada live tersebut dan mendapatkan jawaban secara langsung.

Audiens juga dapat request Demi me-review sebuah produk yang diminatinya secara langsung.

9. Virtual Reality Video

Virtual reality video adalah jenis marketing dengan memberikan pengalaman baru bagi para pengguna dalam hal navigasi dan kontrol.

Video jenis ini memungkinkan audiens Menyantap konten tiga dimensi dan merasakan seolah-olah hal itu Konkret.

10. Testimony Video

Jenis yang terakhir adalah video testimoni. Seperti namanya, video marketing jenis ini berisi beberapa testimoni dari pelanggan terkait dengan produk atau layanan brand Anda.

Hal ini secara Enggak langsung akan merekomendasikan audiens dan meyakinkan mereka Demi menggunakan produk Anda.

Langkah Menyusun Strategi Video Marketing

Layaknya strategi pada upaya pemasaran lainnya, Anda juga harus menyusun strategi Demi video marketing dengan matang dan Betul.

Menyusun strategi tentu bukan merupakan hal baru Demi Anda selaku pelaku bisnis, bukan?

READ  Pengertian, Fungsi, Kelebihan, & Kekurangan

Riset dan susunan strategi merupakan poin awal yang Krusial bagi setiap langkah bisnis, termasuk dalam upaya penerapan pemasaran menggunakan video sebagai media utamanya.

Lantas, bagaimanakah penyusunan strategi yang Betul Demi video marketing? Simak informasi berikut!

1. Mulai dengan Tujuan dari Dibuatnya Video

Pertama, mulailah dengan menentukan tujuan. Uraikan tujuan dari konten video yang Anda buat sebelum mengambil langkah lebih jauh serta. Selain itu, tentukan juga tahap apa saja yang hendak menjadi Sasaran Anda.

Perhatikan prinsip awareness, consideration, dan decision di dalam proses penentuan tujuan video. Tumbuhkan kesadaran akan masalah yang menjadi keluhan para Sasaran audiens pada setiap konten Anda.

Pertimbangkan pula solusi yang Betul Demi keluhan mereka, serta tentukan sebuah konsep atau Dalih mengapa mereka harus memilih produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Temukan Sasaran Audiens

Kedua, tentukan Sasaran audiens. Buatlah semacam peta konsep Demi menentukan persona audiens.

Dengan kata lain, tentukan pelanggan mana yang Mau Anda sasar. Kenali lebih dalam Sasaran audiens Anda agar lebih mudah dalam pemetaannya.

Pastikan Anda memahami Demi siapa produk atau layanan tersebut ditujukan, apa tujuan pembuatan konten video, di mana sebagian besar Sasaran audiens Menyantap atau menonton konten video tersebut, dan lain sebagainya.

3. Lakukan Riset pada Pesan

Ketiga, jangan lupa Demi melakukan riset pada pesan. Tentukan pesan apa yang Mau dituangkan dalam sebuah video.

Selain itu, usahakan pesan tersebut Betul-Betul mewakili apa yang Mau Anda sampaikan kepada para Sasaran audiens.

4. Persyaratan Kreativitas yang Sesuai

Keempat, tetap jaga agar persyaratan kreativitas sesuai. Libatkan bagian dari tim perusahaan Anda seperti manajer, departemen pemasaran, ataupun staff lain.

Lebih lanjut, ikutsertakan pendapat mereka dalam pembuatan video marketing agar pesan yang Mau disampaikan dapat tersampaikan dengan maksimal.

5. Pertahankan Timeline Bisnis

Kelima, jangan lupa bahwa Anda harus mempertahankan timeline bisnis.

Walaupun Anda melibatkan tim dalam pengambilan keputusan, usahakan Demi Enggak merusak atau mengganggu timeline dari tiap-tiap divisi pada perusahaan.

Timeline masing-masing divisi bersifat sangat krusial, begitu juga Demi pembuatan sebuah video marketing.

Pengumpulan ide kreatif hingga pendistribusian konten video harus berjalan sesuai timeline yang telah ditetapkan.

Nah, itulah beberapa informasi tentang video marketing. Hal yang paling Krusial sebelum memutuskan Demi menggunakan strategi pemasaran ini adalah memilih platform apa yang akan Anda gunakan Demi membagikan konten tersebut.