Akademi Manajemen Informatika

Sekarang ini, sudah banyak strategi yang Bisa dilakukan Kepada pertumbuhan sebuah bisnis, terutama stratup. Salah satu strateginya adalah growth hacking.

Growth Hacking adalah istilah Lumrah Kepada strategi yang hanya berfokus pada pertumbuhan. Biasanya digunakan dalam kaitannya dengan startup tahap awal yang membutuhkan pertumbuhan besar dalam waktu singkat dengan anggaran kecil.

Tujuan dari strategi ini secara Lumrah adalah Kepada mendapatkan pengguna atau pelanggan sebanyak mungkin Sembari membelanjakan sesedikit mungkin.

Lantas, apa itu growth hacking? Berikut pembahasan lengkapnya Kepada Anda!

Pengertian Growth Hacking 

Growth hacking adalah salah satu strategi marketing yang digunakan oleh startup Kepada mendapatkan publikasi dan menjual produk.

Biasanya, strategi ini menggunakan kemampuan berpikir analitis, kreativitas, dan metrik sosial Kepada mencapai tujuannya.

Growth Hacking juga dikenal sebagai pemasaran pertumbuhan yang berarti penggunaan taktik pemasaran digital yang ringan dan Irit biaya Kepada membantu menumbuhkan dan mempertahankan basis pengguna aktif, menjual produk, dan mendapatkan eksposur.

Istilah ini pertama kali dikemukakan oleh Sean Ellis, seorang CEO dan founder website GrowthHackers.

Strategi ini biasanya digunakan oleh perusahaan berbasis startup Kepada mendapatkan hasil Segera dan Akurat dengan pengeluaran yang lebih rendah.

Hal inilah yang menjadi Argumen Kalau strategi marketing dari Sean Ellis dapat membantu mengatasi masalah modal dalam usaha rintisan atau startup.

Bahkan, Bisa dikatakan Kalau strategi ini sangat diperlukan oleh startup Kepada tumbuh kembang bisnisnya pada masa awal pendirian serta Bisa Kepada bertahan di tengah persaingan yang ketat.

Strategi marketing ini disebut juga teknik yang digerakkan oleh eksperimen Kepada menentukan Metode paling efektif Kepada mengembangkan bisnis. Prosesnya melibatkan campuran pemasaran, pengembangan, desain, teknik, data, dan analitik.

Kendati demikian, meskipun strategi ini dikenal dengan Metode instan, Tetapi Kepada mencapai kesuksesan bisnis juga memperlukan banyak proses serta kerja keras tim.

Sederhananya, growth hacking adalah sebuah strategi yang mengimplementasikan dari hasil kreativitas dan pendekatan yang penuh dengan perhitungan.

Growth Hacking Funnel

Growth hacking funnel adalah sebuah framework yang menjelaskan mengenai tahapan perjalanan pengguna dan membantu Kepada mengidentifikasi aspek mana yang perlu ditingkatkan.

Tahapan ini terdiri dari lima, yakni sebagai berikut:

1. Acquisition

Acquisition adalah sebuah titik kontak pertama antara brand, website atau produk perusahaan dengan pelanggan.

Artinya, tahapan ini bertujuan Kepada menarik serta mendapatkan pelanggan baru dari produk yang dikeluarkan.

Biasanya, startup Bisa menggunakan strategi pertumbuhan ini melalui beberapa Metode, di antaranya SEO, content marketing, paid search, sosial media marketing, dan lainnya.

2. Activation

Selanjutnya, setelah mendapatkan pelanggan atau pengguna baru dalam bisnis Anda, maka masuk ke tahap activation.

Activation adalah tahapan Kepada mengubah pelanggan yang didapatkan menjadi pelanggan aktif di perusahaan.

Tahapan ini bertujuan Kepada membantu pengguna memahami nilai dari produk yang ditawarkan, sehingga mereka tertarik Kepada menggunakannya.

3. Retention

Tahapan selanjutnya Yakni retention yang bertujuan Kepada Membikin pelanggan tetap terlibat dan puas dengan produk yang ditawarkan dalam jangka panjang.

Strategi growth hacking dibutuhkan Kepada mengurangi tingkat churn dan meningkatkan loyalitas pengguna.

READ  Kenali Apa itu Deep Learning, 4Jenis dan Penerapannya

4. Referral

Berikutnya, Terdapat tahapan referral yang bertujuan Kepada mendorong pengguna supaya menawarkan produk kepada orang lain.

Perusahaan Bisa menerapkan strategi word of mouth dan social sharing Kepada mendorong pertumbuhan organik.

5. Revenue

Terakhir, Terdapat tahapan revenue yang berfokus pada monetisasi basis pengguna serta memaksimalkan nilai keuangan dari setiap pelanggan tersebut.

Kalau Mau menghasilkan revenue, maka perusahaan Bisa menerapkan strategi cross selling atau upselling Kepada meningkatkan conversion rate pelanggan.

Fase Growth Hacking di Startup

Perlu Anda ketahui, Kalau terdapat beberapa fase yang harus dilakukan dalam proses pembuatan strategi growth hacking pada bisnis startup.

Berikut ini beberapa fase yang perlu diperhatikan:

1. Menyesuaikan kebutuhan pasar

Langkah pertama adalah pastikan Anda menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan audiens atau Sasaran pasar.

Karena, Kalau Bukan sesuai dengan kebutuhan pasar, maka akan sulit Kepada membangun dan menjual produknya kepada pelanggan.

Maka dari itu, strategi ini bertujuan Kepada menargetkan produk sesuai dengan Sasaran market pada bisnis startup Anda.

Biasanya, perusahaan akan melakukan survei tes, literasi, dan analisis terlebih dahulu mengenai produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Memilih growth hacker

Kalau produk sudah Anda uji dengan Bagus, maka tahap selanjutnya adalah memilih growth hacker. Artinya, perusahaan harus mencari orang yang Ahli dibidangnya Kepada melakukan analisis lebih lanjut terkait produk perusahaan tersebut.

Dalam hal ini, growth hacking akan melakukan sebuah strategi berupa A/B test, landing page, email, viral factor, dan open graph.

Tujuannya adalah Kepada mencari Kesempatan yang menguntungkan serta Bukan digunakan oleh orang lain dalam menjalankan bisnis.

3. Membikin viral

Supaya mendapatkan banyak pengguna, maka perusahaan harus Membikin sesuatu supaya menjadi viral. Kalau bisnis startup Anda berhasil Membikin konten viral, maka akan dibicarakan oleh banyak orang.

Dengan begitu, semakin banyak yang mengetahui tentang produk dan merek perusahaan, maka semakin banyak pula Kesempatan produk terjual.

4. Optimizing dan retaining

Selanjutnya adalah melakukan optimizing dan retaining Kepada Menyantap metriks dan data yang Betul. Tujuannya Kepada membantu mencari ide kreatif baru yang digunakan Kepada pemasaran produk.

Tahapan ini harus memahami mengenai apa yang dibutuhkan pelanggan, sehingga strategi yang Anda lakukan Akurat sasaran kepada mereka.

5. Melakukan pemasaran ulang

Menggunakan strategi growth hacking, maka Anda Bisa mengetahui kesalahan pada pembuatan dan pemasaran produk.

Dengan begitu, Anda Bisa memulai Tengah Kepada menganalisis dari awal proses produksi supaya sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta mulai melakukan pemasaran ulang yang lebih efektif.

Metode TEST Kepada Menerapkan Growth Hacking  

Metode TEST adalah Metode Antoine Kepada menerapkan growth hacking, Bagus dalam konteks pribadi maupun profesional. Ini adalah akronim yang mewakili empat langkah Primer; Theme, Experiment, Systemize, dan Track.

1. Theme 

Mulailah dengan memutuskan tema sentral yang Mau Anda tingkatkan. Ingatlah bahwa tema Bukan sama dengan tujuan.

Sasaran adalah metrik yang dapat diukur, sedangkan tema adalah arahan Lumrah yang dapat Anda gunakan dalam menentukan sebuah tujuan bisnis.

READ  Mengenal Visual Studio Code dan 6 Fiturnya yang Bermanfaat

Setelah memilih tema, mulailah Membikin daftar tindakan spesifik yang termasuk dalam tema itu.

2. Experiment

Setelah Anda mendapatkan daftar, pilih satu tindakan dan lakukanlah sebuah eksperimen selama beberapa waktu ke depan.

Eksperimen dalam sebuah bisnis Bisa Anda lakukan dengan Metode Membikin Penemuan produk baru sesuai kebutuhan konsumen atau yang lainnya.

Setelah produk meluncur dan Tamat ke tangan konsumen, segera lakukan Penilaian apakah produk tersebut banyak peminatnya dan sesuai kebutuhan konsumen atau Bukan.

Proses Penilaian bertujuan Kepada Menyantap keberhasilan dari eksperimen yang Anda lakukan Serempak perusahaan.

3. Systemize

Apabila eksperimen sudah berhasil, maka saatnya Anda mencari Mengerti bagaimana Metode melakukan dan membuatnya menjadi lebih efisien Kepada pertumbuhan bisnis.

Anda wajib berkomitmen Kepada menghasilkan produk atau layanan yang memang sesuai kebutuhan pelanggan.

Tujuannya adalah supaya pelanggan Lanjut tertarik dan percaya dengan produk yang bisnis Anda keluarkan.

4. Track

Terakhir, jangan lupa Kepada melakukan pelacakan terhadap keputusan perusahaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Tahapan ini sama dengan monitoring dan Penilaian terhadap keputusan yang telah diambil. Pastikan tahapannya dilakukan dengan Betul supaya Bukan merugikan perusahaan.

Growth Hacking Strategy 

Kepada membantu Anda mengembangkan potensi Anda, manfaatkan strategi pertumbuhan bisnis berikut Kepada memperluas cakrawala Anda dan meningkatkan keuntungan secara tajam.

1. Buat Daftar Email Pra-Peluncuran

Dalam hal strategi pertumbuhan startup yang efektif, pemasaran email tetap menjadi raja Kepada menemukan prospek dan konversi.

Letakkan Pusat perhatian Anda Kepada membangun daftar email yang memungkinkan Kepada menjangkau audiens dan menyampaikan pesan secara efektif.

Selain itu, email marketing sangat membantu bisnis Kepada membangun sensasi pra-peluncuran Kepada produk atau acara apa pun.

Hal ini juga akan memungkinkan Anda Kepada mendapatkan pelanggan potensial bahkan sebelum peluncuran produk perusahaan.

Tetapi, jangan hanya Membikin daftar alamat email dan Hening saja. Karena, Anda harus mengambil beberapa minggu Kepada membangun hype dan mencoba Membikin audiens bersemangat Kepada peluncuran produk perusahaan.

Kepada menyiapkan daftar email, Anda harus memilih layanan email seperti MailChimp karena memungkinkan Anda mengirim email secara efektif.

Karena, komunikasi memainkan peran Krusial dalam konversi, pastikan Anda menjangkau calon pelanggan setidaknya seminggu sebelum peluncuran.

2. Peluncuran Product Hunt atau Platform Serupa 

Peluncuran Product Hunt adalah pos pemeriksaan Krusial. Minggu demi minggu, Terdapat puluhan startup yang launching. Platform semacam itu memungkinkan anda Kepada menyampaikan pesan audiens baru dengan Akurat.

Product Hunt Lanjut menjadi pemimpin pasar Kepada mengekspos bisnis Anda ke audiens Dunia.

Hal ini menjadi “golden ticket” Anda Kepada mendapatkan perhatian Spesifik bagi banyak inovator dan jurnalis. Kesempatan Anda Kepada menerima umpan balik dan ide Kepada Kesempatan baru juga lebih besar.

3. Manfaatkan Referral Marketing 

Rujukan dari Kolega, keluarga, atau influencer industri relatif mengubah prospek jauh lebih Segera daripada Metode lain. BPA pelanggan rujukan lebih sedikit, memungkinkan Anda Kepada mengurangi biaya.

READ  Apa itu Link? Definisi, Fungsi, Jenis dan 8 Istilahnya

Pelanggan tersebut Mempunyai tingkat retensi yang lebih Bagus yang menghasilkan LTV 16% lebih tinggi. Selain itu, Ahli penjualan dengan program rujukan juga memperoleh Pendapatan empat hingga enam kali lebih tinggi.

Uber dimulai sebagai bisnis berbagi perjalanan. Mereka menggunakan pemasaran rujukan Kepada meningkatkan kesadaran merek dan jangkauan pengguna mereka.

Idenya sederhana: Pengguna mendapatkan kredit $5 Kepada setiap kali pengguna lain menggunakan kode rujukan mereka. Idenya sangat sukses sehingga telah direplikasi oleh setiap aplikasi berbagi perjalanan sejak Begitu itu.

4. Buat Kemitraan Merek Baru 

Kemitraan dan kolaborasi bisnis adalah salah satu teknik Growth Hacking terbaik karena menghasilkan banyak kebisingan. Banyak merek telah menyadari fakta bahwa pemasaran Serempak dan kemitraan produk adalah strategi pemasaran pertumbuhan yang efektif.

Hal ini Bukan hanya akan menciptakan buzz media sosial yang hebat tetapi juga akan mengirimkan Lampau lintas organik yang relevan ke situs web Anda.

Bahkan, ini juga menjadi kesempatan Kepada liputan Informasi dan akan meningkatkan visibilitas produk dan layanan Anda secara Dunia.

Beberapa kemitraan paling sukses dengan ROI yang Bukan terlalu Bukan baik adalah kemitraan yang menciptakan produk baru di Sekeliling tema.

Setiap perusahaan kecil-menengah dapat mengembangkan kolaborasi yang efektif Kalau menemukan Kawan yang Akurat Kepada membawa nilai bagi mereknya dan sebaliknya.

5. Manfaatkan Pendekatan Pasar 

Pasar yang berdekatan adalah Growth Hacking penjualan yang sangat Bagus. Ini sering dikacaukan dengan ‘Kesempatan ruang putih.’

Rahasia ke pasar yang berdekatan adalah mengekspor keterampilan dan kemampuan Anda, bukan produk dan layanan. Artinya, ini mengambil kompetensi inti Anda dan menciptakan nilai baru bagi pelanggan baru.

Sebelum mengevaluasi pasar baru, pertimbangkan beberapa Unsur seperti seperti apa persaingan, segi volume dan keuntungannya?

Apakah Terdapat hambatan hukum yang harus Anda atasi? Lihatlah keahlian Anda dan saluran yang Terdapat. Temukan Metode baru Kepada menggunakan keterampilan tersebut dan Anda sedang menuju Kesempatan pertumbuhan penjualan baru.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu growth hacking beserta dengan strategi yang perlu dilakukannya.

Pada intinya, growth hacking adalah salah satu strategi marketing yang dapat membantu startup berkembang menjadi lebih Segera.

Tentu, strategi tersebut dilakukan dengan berbagai Metode supaya startup Bisa tumbuh semakin Segera dan banyak dikenal oleh pelanggan, salah satunya adalah dengan Metode menerapkan SEO pada website bisnis.

Karena, SEO pada website dapat membantu Kepada meningkatkan traffic dan konversi pada perusahaan karena sebagian besar pengguna internet akan mencari informasi melalui search engine, terutama Google.

Maka dari itu, Anda sebagai bisnis startup rintisan, wajib mempunyai website profesional Kepada perusahaan.

Kalau belum memilikinya, Bukan perlu khawatir karena Sandi Dharma menyediakan Jasa Pembuatan Website terpercaya.

Dengan begitu, segera lakukan pembuatan website dengan memanfaatkan jasa dari Sandi Dharma dan wujudkan impian perusahaan Anda Kepada lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Tertarik menggunakannya? Segera hubungi kami dan konsultasikan lebih lanjut setiap kebutuhan Anda!