Akademi Manajemen Informatika

Smart Office atau dalam bahasa Indonesia berarti kantor cerdas merupakan salah satu terobosan sistem berbasis teknologi IT. Beberapa perusahaan besar maupun startup telah merubah workflow yang cenderung Lagi bersifat konvensional. Di era digitalisasi Ketika ini, banyak sekali aktivitas dari Insan yang telah terintegrasi dengan berbagai Corak media elektronik, serta kebutuhan dari jaringan internet. 

Sehingga, banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan secara online menggunakan berbagai perangkat modern yang berbasis sistem aplikasi terpusat. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai penerapan sistem smart office. Diharapkan, anda dapat menerapkan beberapa terobosan baru dari adanya kantor cerdas ini pada perusahaan yang anda dirikan atau tempat anda bekerja Ketika ini.

Apa Itu Smart Office

Pertama, kita akan membahas konsep singkat dari smart office sendiri. Kantor cerdas merupakan sistem yang dikembangkan Demi membantu produktivitas dari Insan dalam melakukan aktivitas pekerjaan, dengan menggunakan teknologi cerdas dan IoT (Internet of Things). 

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan kantor cerdas Lagi belum diterapkan oleh mayoritas industri perkantoran yang Eksis. Karena pada dasarnya, kebutuhan akan sistem tersebut Lagi tergolong rendah dan sumber daya yang Eksis Ketika ini Lagi belum Dapat mendukung 100% terciptanya sebuah sistem kantor cerdas yang memadai. 

Komponen Smart Office

Setelah mengetahui konsep awal dari kantor cerdas, selanjutnya kami akan mengulas beberapa hal mengenai komponen yang digunakan dalam teknologi smart office. Berikut merupakan penjelasannya:

      1. Pendingin ruangan cerdas

Beberapa kantor banyak yang menggunakan pendingin ruangan, seperti AC dan kipas angin. Tapi, pernahkah anda membayangkan apabila teknologi tersebut dapat diubah menjadi teknologi cerdas yang telah terintegrasi dengan sistem dan fitur yang lebih modern? Tentu saja hal ini dapat terwujudkan dengan Sokongan smart office.

Dengan adanya pendingin ruangan cerdas, maka anda Enggak perlu Demi menyalakan atau mematikan pendingin ruangan secara manual. Segala kontrol atau kendali dilakukan secara sistematis dan Mekanis menyesuaikan dengan kondisi suhu ruangan yang Eksis. Kemudian, biaya konsumsi Kekuatan listrik juga dapat diminimalisir dengan menggunakan teknologi ini.

      2. Lampu cerdas

Selain pendingin ruangan, teknologi berbasis IoT yang lain adalah lampu cerdas. Dengan pemanfaatan lampu ini, fitur yang disediakan adalah dapat mengetahui kondisi lingkungan atau tempat yang Eksis dengan kemampuan sensor pengukuran intensitas Sinar. Anda Enggak perlu Tengah Demi menyalakan ataupun mematikan lampu dengan Langkah Lamban.

Secara Mekanis, lampu cerdas dapat mendeteksi menggunakan sensor yang dimilikinya. Ketika ruangan redup, lampu akan menyala. Sedangkan, ketika ruangan cukup mendapatkan Sinar alami, lampu cerdas akan Wafat dengan sendirinya.

READ  Panduan Dasar Menggunakan GitLab Buat Pemula

      3. Ruang konferensi cerdas

Demi komponen ruang konferensi cerdas, telah menerapkan sistem pemesanan online. Jadi, anda dapat memesan ruangan dengan memilih beberapa fitur ruangan yang Eksis. Komponen ini sangat efektif apabila digunakan Demi menunjang aktivitas kantor Ketika membutuhkan ruangan meeting Tertentu.

      4. Meja cerdas

Meja cerdas (smart desk) merupakan terobosan dari teknologi IoT Demi menunjang proses optimasi pekerjaan karyawan yang setiap Ketika menghabiskan waktu Lamban Demi duduk dan berinteraksi dengan komputer setiap Ketika. Meja cerdas juga dapat memberikan preferensi kepada pengguna apabila menggunakan meja pada kondisi duduk, maupun disaat berdiri.  

      5. Perlindungan privasi cerdas

Selanjutnya, smart office juga menyediakan perlindungan privasi kepada setiap karyawan perusahaan yang bekerja. Fitur ini didukung dengan menggunakan VPN bisnis. Sebuah perangkat yang telah terhubung dengan jaringan IoT dapat menyebabkan beberapa permasalahan dalam sistem keamanan dan data pribadi pengguna. 

Sehingga, perlu adanya peran VPN bisnis Demi Membikin koneksi Terjamin. Serta, mencegah orang luar Demi mengakses data pribadi. Dari beberapa Misalnya komponen kantor cerdas tersebut, belum banyak yang diterapkan di Indonesia karena Elemen biaya dari pemasangan produk yang membutuhkan biaya cukup besar.

Baca Juga: Sistem ERP: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Menjalankan Smart Office

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menjalankan smart office.

      1. Fasilitas Kantor dan Lingkungan Kerja

Fasilitas kantor Dapat meliputi  meja duduk, ruang konferensi cerdas, atau bahkan peta ruangan, yang membantu karyawan baru menemukan tujuan mereka dengan lebih efieien. Meja pintar juga memudahkan dalam menekukan rekan kerja di dalam kantor.

Misalnya, Apabila Anda perlu mengubungi seseorang, Anda Enggak perlu menghubungi seseorang, Anda Enggak perlu Tengah mencari secara keseluruhan, melainkan dapat segera mengetahui apakah orang tersebut Eksis di mejanya.

      2. Smart Security

Pemantauan video sangat Krusial Demi menjaga keamanan ruangan dan aset Anda. Sistem keamanan pintar memungkinkan Anda mengawasi bagaimana tim Anda menggunakan ruang dan mendeteksi siapa saja yang Enggak mengikuti Panduan perusahaan.

      3. Gamifikasi dan Penghargaan

Gamifikasi adalah pendekatan Demi menjadikan pekerjaan lebih menarik melalui penggunaan metrik sebagai tujuan. Apabila diterapkan dengan Pas, produktivitas dapat meningkat dan karyawan akan berusaha mencapai “skor” yang lebih tinggi melalui aplikasi pintar yang memantau perkembangan mereka. 

READ  Metode Kerja, Manfaat, & Teladan

Beberapa orang mungkin lebih termotivasi ketika mereka Dapat Menonton peringkat mereka dan seberapa dekat mereka dengan tujuan berikutnya, meskipun pendekatan ini juga Dapat menjadi tekanan bagi beberapa individu.

Penerapan strategi gamifikasi yang efektif dapat melibatkan penghargaan dan pengakuan. Ketika tim Anda memahami secara Jernih apa yang perlu mereka lakukan Demi meraih pengakuan atau hadiah, mereka akan lebih terdorong Demi meningkatkan kinerja mereka.

      4. Sistem Penerangan dan Pengatur Suhu Jarak Jauh

Memberikan kesempatan kepada karyawan Demi menyesuaikan kenyamanan ruang kerja mereka Dapat meningkatkan produktivitas. Pekerja dapat mengakses teknologi pengontrol suhu pintar melalui ponsel atau perangkat mobile. Teknologi ini juga Berfaedah setelah karyawan pulang, karena Apabila seseorang lupa mematikan lampu atau mengunci pintu, Enggak perlu kembali ke kantor Demi menyelesaikannya.

      5. Software Pengenalan Bunyi

Perangkat lunak pengenalanan Bunyi memberikan Langkah alternatif bagi Anda dan tim Demi menanfaatkan fitur-fitur cerdas sesuai kenyamanan masing-masing. Apabila karyawan lebih suka menggunakan perintah lisan, mereka dapat dengan mudah mengakses fungsi smart office hanya dengan Bunyi mereka.

Banyak orang sudah terbiasa dengan asisten digital seperti Siri, Alexa, dan Bixby, sehingga transisi ini akan berjalan Lancar di lingkungan kantor Anda.

      6. Fitur Hot Desk

Hot desking memungkinkan karyawan Anda Demi memilih tempat kerja mereka setiap hari. Dengan fitur ini, mereka dapat memesan tempat terlebih dahulu dan mengetahui meja yang tersedia. Hal ini menghindarkan mereka dari kebingungan menggunakan ruangan yang Ingin dipakai oleh orang lain.

Bagi sebagian orang, hal ini dapat meningkatkan kepuasan kerja dengan memberikan variasi yang berbeda setiap hari.

Kelebihan dari Smart Office

Selanjutnya, kami akan membahas mengenai beberapa Kelebihan dari penerapan sistem smart office Demi kebutuhan peningkatan performa kegiatan bisnis perusahaan pada lingkungan perkantoran.

      1. Telah terintegrasi dengan ekosistem bisnis yang Eksis

Dengan adanya kantor cerdas, maka segala bentuk aktivitas perusahaan Bagus internal maupun eksternal telah terintegrasi oleh sistem. Setiap komponen yang menerapkan teknologi IoT dijalankan melalui sistem dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

      2. Mendukung kerja secara remote

Ketika perusahaan tempat anda bekerja telah menerapkan sistem smart office, maka segala bentuk kegiatan dapat dilakukan sesuai sistem dan dipandu secara online. Secara Enggak langsung, hal tersebut Membikin seseorang dapat bekerja lebih Luwes. Salah satu contohnya adalah kerja remote yang Ketika ini banyak diterapkan di seluruh penjuru dunia.

READ  Flutterize : Metode Manipulasi String pada Dart

Seorang karyawan Enggak perlu Tengah Demi datang ke kantor setiap hari. Cukup dengan kerja di rumah, maupun tempat lain juga dapat dilakukan ketika kondisi sangat Enggak memungkinkan Demi bekerja di dalam kantor. 

      3. Menjaga dan memonitoring data karyawan 

Sistem keamanan jaringan dan komputer sangat dibutuhkan agar Enggak adanya kejahatan siber, seperti praktek peretasan data, spamming, cracking, dan lain sebagainya. Dengan Sokongan teknologi IoT atau komputasi cerdas (seperti AI), diharapkan Pandai Demi mengatasi permasalahan tersebut. 

      4. Mengurangi jumlah alokasi biaya pengeluaran perusahaan

Dan Kelebihan terakhir adalah mengurangi besaran biaya pengeluaran perusahaan Demi pengadaan alat dan sumber daya yang Eksis. Sehingga, perusahaan tersebut dapat mengkoordinasikan dan mengalokasikan sumber Anggaran Demi kegiatan dan kebutuhan produk perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Outsourcing: Pengertian, 4 Tipe dan Model Gaji

Manfaat Penerapan Smart Office

Manfaat Esensial dari penerapan kantor cerdas adalah, supaya setiap karyawan pada perusahaan menjadi lebih produktif dan berdaya saing tinggi. Selain itu, juga Demi mengetahui kinerja dari setiap tim maupun departemen yang berada dalam ruang lingkup perusahaan. Kemudian, solusi smart office juga memberikan manfaat Demi meningkatkan kualitas pekerjaan, sehingga menjadi lebih efisien dan efektif Tengah Apabila dibandingkan dengan penerapan metode konvensional.

Misalnya Implementasi Smart Office

Banyak perusahaan di Indonesia yang telah mengadopsi teknologi smart office. Salah satunya adalah PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek. Dalam video di YouTube resminya, perusahaan transportasi tersebut menjelaskan bahwa mereka telah mengimplementasikan sistem smart office, yang meliputi berikut ini.

  • Penggunaan pengenalan Paras dan teknologi Tertentu Ketika karyawan akan memasuki ruangan.
  • Aplikasi Demi reservasi ruang rapat secara online, dilengkapi dengan QR code Demi akses ke ruang rapat tersebut.
  • Penggunaan konferensi video.
  • Pemanfaatan Arsip digital dalam aktivitas sehari-hari, termasuk penggunaan tanda tangan digital Demi validasi Arsip tersebut.

Hasil

  • Solusi smart office adalah sistem yang dikembangkan Demi membantu proses bisnis dengan menggunakan Sokongan teknologi cerdas, seperti AI, dan IoT. 
  • Perkembangan kantor cerdas di Indonesia Lagi belum terlalu familiar Apabila dibandingkan dengan perusahaan di negara maju yang telah banyak menerapkan sistem tersebut. 

Sandi Dharma juga membuka kesempatan bagi anda Demi bergabung dengan tim programmer kami. Kami membuka jasa pembuatan website yang berlokasi di Malang. Kirimkan segera CV Demi menerima pemberitahuan secepatnya dari tim kami.