Akademi Manajemen Informatika

Landing page terdapat pada halaman Istimewa sebuah website yang Mempunyai peran Buat  meningkatkan  prospek pemasaran suatu bisnis atau perusahaan dengan menggunakan jaringan internet atau situs jejaring sebagai salah satu Langkah Buat menarik konsumennya. Penggunaan landing page sebagai strategi pemasaran digital faktanya dapat meningkatkan potensi konsumen. Pada dunia pemasaran online, landing page sangat dibutuhkan Buat meningkatkan konversi penjualan.

Apa Itu Landing Page?

Landing  page adalah sebuah halaman situs website yang dibuat Tertentu Buat sebuah marketing campaign atau iklan. Halaman landing page ini akan muncul ketika konsumen meng-klik tautan yang mereka dapatkan dalam surel, media sosial maupun iklan dalam media lainnya. Landing page ini berisi mengenai penawaran produk atau jasa, Langkah mendaftarkan akun hingga diskon menarik. Halaman ini akan menjadi tolok ukur seberapa menarikkah situs tersebut dapat menarik pengunjung Buat melakukan tindakan (conversion rate). Pada halaman ini, pengunjung juga akan dimintai data pribadi mulai dari nomor telepon, jenis kelamin, usia dan sebagainya ketika pengunjung akan mendaftarkan diri.

Menurut Smart Bug Media, landing page umumnya Mempunyai dua kriteria Istimewa Ialah:

  • Mempunyai formulir isian yang memungkinkan pengunjung Buat diisi oleh calon pelanggan seperti alamat surel atau nomor telepon yang akan mendapat kiriman iklan atau kampanye bisnis
  • Mengubah pengunjung menjadi prospek atau Sasaran pasar dengan mengarahkan ke situs Istimewa yang berisi produk barang atau layanan tertentu.
READ  Dampak Positif di Masa Pandemi Covid-19

Manfaat Landing Page

1. Sarana Promosi

Promosi
Promosi  ©Unsplash

Sebagai sarana promosi, landing  page, dapat menampilkan informasi singkat dengan tulisan yang besar terkait promosi yang tengah berlaku. Meskipun terdapat beberapa promo yang berlaku, tonjolkanlah salah satu jenis promo saja.

2. Meningkatkan Conversion Rate

Conversion rates
Conversion Rates  ©Unsplash

Dalam meningkatkan  conversion rate, pengunjung Enggak hanya akan mengunjungi situs landing page. Pengunjung diharapkan juga akan melakukan aksi seperti berlangganan newsletter atau Membangun akun. Conversion rate yang tinggi akan mendorong pengunjung masuk ke marketing funnel yang lebih dalam.

3. Mendapatkan Data Leads

Data lead
Data Lead  ©Unsplash

Pada umumnya landing page akan meminta informasi pengunjung, mulai dari nama, email hingga jenis kelamin. Setidaknya, anda telah Mempunyai informasi dasar mengenai pengunjung situs yang dapat digunakan Buat melakukan analisis lebih lanjut.

Langkah Kerja Landing Page

  • Konsumen akan Menyaksikan adanya ajakan call to action (CTA) dan berakhir di sebuah landing page melalui pengisian formulir
  • Konsumen tersebut mengisi formulir dan landing page mengubah seseorang tadi dari mulanya sebagai pengunjung menjadi prospek bisnis 
  • Informasi dari formulir yang telah diisi kemudian disimpan dalam database prospek perusahaan
  • Perusahaan melalui kampanye pemasaran digital mulai memasarkan produk kepada kontak atau prospek berdasarkan isian formulir yang telah diisi sebelumnya.
READ  Apa itu Electric Vehicle Fleet Management dan Manfaatnya

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Landing page Homepage
Enggak Mempunyai navigasi Mempunyai navigasi
Lewat lintas berasal dari iklan  Lewat lintas berasal dari banyak sumber
Terpisah dari situs jejaring Istimewa dari sebuah bisnis Merupakan halaman depan sebuah situs jejaring bisnis
Mempunyai satu tujuan (mengumpulkan informasi Buat kampanye) Mempromosikan penjelajahan situs jejaring bisnis
Lebih sedikit tautan atau bahkan hanya satu tautan Buat konversi pengguna ke arah CTA (Misalnya: “Unduh e-book gratis kami) Terdapat banyak tautan konten (Misalnya: “Pelajari lebih lanjut–”

Jenis-jenis Landing Page

  1. Lead generation 

Landing page jenis ini Mempunyai bentuk seperti sebuah format formulir. Halaman ini dikhususkan Buat mendapatkan data dari lead

  1. Click Trough

 Landing page ini menarik pengunjung Buat meng-klik halaman lainnya yang tersedia.

Prinsip Dasar Membangun Landing Page

  1. Layout Landing Page

Buatlah judul dan deskripsi yang Terang,  penampilan yang atraktif juga menjadi hal yang Krusial dalam landing page. Hal ini dilakukan agar dapat mengkomunikasikan penawaran yang Anda buat kepada para pengunjung website secara Segera dan efektif.

  1. Konten Formulir Aplikasi

Buatlah desain formulir  Buat  mendapatkan  data  dari  pengunjung  website,  sehingga  Anda  Dapat memperoleh  informasi  yang  diperlukan  Buat  dimanfaatkan dalam strategi  marketing. Pastikan  formulir  tersebut  dapat membangun Interaksi antara anda dengan pengunjung website

  1. Struktur Formulir Aplikasi
READ  Membangun Queue Job Nestjs Menggunakan Bull

Formulir tersebut harus terstruktur secara rapi dan ramah terhadap pengguna.  Hindari pembuatan formulir yang  terlalu panjang dan invasif.

  1. Formulir Aplikasi

Pastikan  pengunjung  website   berfokus  pada  formulir  tersebut  dan  mengisinya.  Buanglah  elemen-elemen  dan  tautan yang  dianggap mengganggu dan yang dapat mengalihkan  perhatian pengunjung website.  Letakkan  formulir  tersebut  pada  bagian  yang  Pas  dan  masuk Pikiran.

Interaksi Landing Page dengan Penjualan

Agar penjualan dapat meningkat, anda dapat mengoptimasi  landing  page  dan  mengumpulkan  kontak.  Setelah kontak terkumpul, anda dapat menawarkan promosi melalui email maupun dengan mengirimkan pesan melalui nomor telepon pengunjung website.   Terdapat dua Tanda khas yang paling Krusial dalam melaksanakan promosi yang bagus yakni 

  1. Kerangka Waktu yang Pas

Faktanya,  sebanyak 78%  penjualan  berawal  dari  ketertarikan  secara  online,  yang  didukung  dengan respon yang Segera. Idealnya, kirim email kepada pengunjung website Anda maksimal satu hari setelah Anda mendapatkan data kontak mereka. Apabila Anda Dapat, Anda punya Kesempatan besar Buat menjual produk atau jasa anda.

  1. Orientasi Efektif Buat Audiens Sasaran

Enggak Eksis Elemen yang lebih Krusial daripada kerangka waktu yang Pas dan perencanaan email kampanye yang Bagus kepada Sasaran marketing anda. Email  ataupun pesan yang anda kirimkan  harus  menarik  pengunjung  website dan menyesuaikan  dengan kebutuhan dan minat mereka. Dengan demikian, mereka akan tertarik Buat membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

Peran landing page tentunya sangat mendukung perusahaan Buat mencapai Sasaran pasar. Tak hanya itu, bagi calon pelanggan, keberadaan landing page dapat memudahkan mereka Buat bergabung atau berlangganan secara lebih Segera dan efisien.