Akademi Manajemen Informatika

Pernahkah Anda mendengar istilah Integrated Marketing Communication atau IMC? Bagi Anda yang menggeluti dunia marketing, istilah tersebut mungkin sudah Kagak asing Kembali terdengar.

Integrated Marketing Communication banyak diterapkan oleh perusahaan besar karena efektif dalam membangun Rekanan secara mendalam dengan berbagai lapisan pelanggan.

Teladan perusahaan yang menerapkan integrated marketing communication adalah PT. Tokopedia. Perusahaan tersebut menerapkan strategi IMC dalam aktivitas promosinya dengan tujuan Buat mempertahankan dan menambah jumlah customer.

Buat lebih jelasnya, yuk simak uraian lengkap tentang apa itu integrated marketing communication pada artikel berikut ini!

Pengertian IMC

IMC atau Integrated Marketing Communication adalah suatu marketing strategy yang berfungsi mengkomunikasikan pesan secara konsisten pada Sekalian saluran pemasaran.

Terdapat beberapa Surat keterangan mengenai pengertian integrated marketing communication. Menurut The American Association of Advertising Agency, IMC atau Integrated Marketing Communication, IMC merupakan suatu bentuk marketing communication yang dilakukan secara sistematis.  

Integrated Marketing Communication lebih menekankan pada skema pesan setiap bentuk komunikasi yang kemudian dikolaborasikan Buat mendapat konsistensi dan impact komunikasi secara optimal melewati integrasi pesan dalam konsep perencanaan komunikasinya.

Kemudian, dalam sebuah Naskah yang berjudul “Dasar-Dasar Pemasaran” Kotler dan Amstrong (2004) mengatakan bahwa Integrated Marketing Communication adalah suatu konsep yang diimplementasikan pada suatu perusahaan yang penerapannya dilakukan secara hati-hati dalam hal koordinasi saluran komunikasi.

Lewat, Shimp (2003) mengungkap bahwa Integrated Marketing Communication merupakan proses developing dan penerapan terhadap bentuk-bentuk program komunikasi yang bersifat persuasif kepada pelanggan maupun calon pelanggan secara kontinu.

Dengan strategi IMC, elemen Krusial perusahaan seperti manajer merk, iklan, promosi, penjualan, dan Rekanan masyarakat dapat berkolaborasi.

Manfaat IMC

Adapun beberapa manfaat IMC adalah sebagai berikut:

1. Irit Biaya dan Waktu

Integrated marketing communication difungsikan agar pelanggan Dapat memahami pesan yang Ingin disampaikan dengan penyampaian pesan yang konsisten dan Terang tanpa perlu melakukan banyak campaign. Hal tersebut merupakan upaya efisiensi waktu dan biaya.

2. Efektif dalam Meningkatkan Brand Awareness

IMC adalah strategi yang Berfaedah dalam mengurangi risiko kejenuhan konsumen atas beredarnya iklan komersial yang tersebar di televisi, website, maupun sosial media.

READ  Definisi, Teknik, 3 Jenis, dan Metode Membuatnya

Secara jangka panjang, Akibat IMC adalah Bisa meningkatkan brand awareness dengan efektif dengan konsisten.

3. Menciptakan Pengalaman Pelanggan

Dengan menggunakan strategi integrated marketing communication pelanggan Dapat terlibat langsung dalam proses penyampaian pesan. Penggunaan IMC dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang Bagus.

Baca Juga: Marketing Automation: Pengertian, Manfaat, dan Metode Kerja

Teladan IMC

Ilustrasi imc atau integrated marketing communication
Ilustrasi IMC (from Unsplash)

Marketing strategy IMC nantinya akan menggabungkan berbagai tools promosi dengan tujuan pesan dapat diterima Bagus oleh pelanggan. Berikut ini kami uraikan Teladan integrated marketing communication:

1. Iklan

Iklan merupakan elemen komunikasi yang kerap kali digunakan oleh perusahaan sebagai bentuk komunikasi non-personal. Iklan ini dipublikasikan di berbagai platform dan media massa seperti koran, radio, tv, website, sosial media, dan lain sebagainya. Iklan ini berisi tentang informasi mengenai perusahaan sekaligus produk dan jasa yang ditawarkan.

2. Direct Marketing

Direct marketing bertujuan Buat mendapat feedback secara langsung atau menjalin Rekanan Bagus secara langsung dengan klien atau pelanggan. Umumnya direct marketing dilakukan dengan mengirim direct mail, telemarketing, dan direct selling kepada Sasaran konsumen.

3. Interactive/Internet Marketing

Dengan berkembangnya teknologi internet, Begitu ini Dekat Sekalian aktivitas dilakukan melalui medium internet tak terkecuali aspek marketing.

Pemasaran interaktif  memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan. Bentuk kegiatan pemasaran interaktif dapat dilakukan melalui media perangkat digital ataupun TV interaktif secara online.

4. Sales Promotion

Promosi dilakukan dengan mendistribusikan sampel produk atau brosur jasa kepada calon pelanggan sebagai strategi persuasif agar pelanggan melakukan transaksi pembelian.

Bentuk promosi lainnya dapat berupa pemberian diskon, hadiah berupa merchandise perusahaan, hingga mengadakan kontes penjualan.

5. Publicity dan Public Relation

Publisitas merupakan suatu aktivitas dimana perusahaan Membangun dan membagikan Informasi mengenai produk, jasa, hingga event melalui media massa perusahaan.

Lewat Buat public relation, divisi humas melakukan fungsi manajemen dengan melakukan Penilaian mengenai perilaku masyarakat, melakukan identifikasi kebijakan, public interest, dan melakukan eksekusi akan program yang sesuai dengan public interest.

6. Personal Selling

Aktivitas ini biasanya dilakukan secara langsung (face-to-face) antara penjual dengan calon customer. Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan Begitu melakukan personal selling diantaranya presentasi produk atau jasa, merespon pertanyaan pelanggan mengenai produk dan atau jasa yang ditawarkan, dan memperoleh prospek pesanan.

READ  Natural Language Processing | Sandi Dharma

7. Word of Mouth Marketing

Word of mouth marketing Tiba dengan Begitu ini Tetap menjadi strategi marketing yang kerap dilakukan dan terbukti efektif.

Strategi ini dapat dilakukan secara lisan, verbal, ataupun melalui media elektronik dengan menyampaikan experience Begitu melakukan transaksi pembelian ataupun review akan pemakaian produk atau jasa suatu perusahaan.

8. Events and Experiences

Suatu perusahaan biasanya mengadakan kegiatan-kegiatan ataupun sekedar sponsorship Buat meningkatkan interaksi perusahaan.

Peningkatan interaksi perusahan ini berkaitan dengan merek sekaligus Sasaran sasaran. Kegiatan dalam strategi events dan experiences biasanya meliputi pertunjukan, olahraga, dan kegiatan donasi.

9. Point of Purchase Communication

Strategi ini biasanya menggunakan media seperti poster, sign, dan materi lainnya yang dirancang secara spesifik Buat melakukan transaksi secara langsung di tempat pembelian.

Pada toko ataupun supermarket, tata letak barang merupakan salah satu Unsur yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen Buat membeli produk ataupun Kagak, oleh karena itu terdapat pakem tersendiri Buat mengorganisir barang pada suatu toko.

Baca juga: Content Marketing: Definisi, Teladan, Manfaat, dan Strategi Bisnis

Pentingnya Strategi IMC

Ilustrasi imc atau integrated marketing communication
Ilustrasi IMC atau integrated marketing communication (from Unsplash)

Strategi ilustrasi IMC atau integrated marketing communication sangatlah Krusial Buat dilakukan karena:

  1. Tujuan IMC adalah Buat memberikan pesan yang tetap mengenai produk dan jasa suatu perusahaan. Dengan penyampaian yang konsisten, maka calon konsumen akan memperoleh juga memahami pesan mengenai produk dan jasa dengan Bagus.
  2. Menjaga pesan dengan tujuan yang Terang dalam sebuah perusahaan.
  3. Para customer dapat berkontribusi dalam keberhasilan penyampaian pesan bisnis dengan hasil yang positif.
  4. Berfaedah dalam menciptakan Imej suatu brand atau merk. Penggunaan logo, Tanda khas, dan konten yang dapat memaksimalkan pesan dapat tersampaikan kepada customer.

Proses Penyelenggaraan Strategi IMC

Terdapat 6 langkah Buat melaksanakan strategi IMC. Adapun proses Penyelenggaraan strategi IMC adalah mencakup:

1. Analisis Situasi, Kondisi, dan Sasaran Pasar 

Tahap pertama dalam Penyelenggaraan IMC adalah analysis of promotional program situation. Dalam proses ini, perusahaan melakukan analisa mengenai kekuatan serta kelemahan data pada Sasaran pasar.

READ  Pengertian, Skill, Kelebihan, dan Kekurangan

Kemudian, data yang telah ditemukan dianalisa kembali Buat menemukan titik permasalahan sekaligus solusi penyelesaiannya.

2. Analisis Tujuan Penggunaan IMC

Tahap selanjutnya dari IMC adalah analysis of communication process, Yakni Begitu perusahaan melakukan analisa akan tanggapan dari penerima informasi guna menyelaraskan hasil akhir dengan tujuan perusahaan.

Dengan mempertimbangkan Unsur tahapan kognitif calon konsumen ketika akan memakai produk atau jasa, perusahaan dapat menentukan tujuan.

3. Menyusun Budget

Setelah menganalisis tujuan, langkah selanjutnya adalah penyusunan anggaran atau budget. Penyusunan budget dapat mempermudah penyusunan prioritas aktivitas yang akan dilakukan.

Dalam menyusun budget, harus diperhitungkan mengenai susunan sumber daya yang akan dikomunikasikan dengan transparan ke seluruh divisi.

4. Development IMC Program

Dalam tahap yang satu ini, perusahaan akan melakukan pengembangan program komunikasi pada proses marketing.

5. Integrate and Implement IMC Strategist

Pada tahap ini, IMC akan berkolaborasi dengan strategi marketing mix. Strategi tersebut merupakan kombinasi produksi iklan, pembelian media time dan space, Lewat mengeksekusi desain yang telah dirancang. Tujuan dari penggabungan tersebut adalah mempermudah pengelolaan perusahaan.

6. Monitoring, Penilaian, dan Kontrol Atas IMC

Pada tahap ini, dilakukan pengecekan atas efektivitas program yang dilakukan sekaligus Penilaian hasil kinerja Personil yang terlibat dalam proses tersebut.

Buat melaksanakan Penilaian, perusahaan harus mempersiapkan kriteria yang diperlukan dan menyesuaikan dengan yang terjadi di lapangan.

Itulah dia uraian lengkap tentang apa itu integrated marketing communication beserta manfaat, Teladan, dan proses pelaksanaannya.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa IMC adalah proses yang berperan Krusial dalampelaksanaan strategi pemasaran suatu perusahaan. Dengan menerapkan strategi tersebut, sebuah perusahaan Dapat menghemat waktu juga biaya yang dikeluarkan.

Nah, salah satu saluran komunikasi yang dapat diintegrasikan ke IMC adalah website. Apabila Anda membutuhkan website Buat perusahaan, Sandi Dharma siap membantu!

Sandi Dharma merupakan partner terbaik dalam hal jasa pembuatan website, aplikasi web, dan aplikasi mobile. 

Kami telah membantu perusahaan-perusahaan ternama Buat Bertanding dengan kompetitor dengan menggunakan sistem informasi yang Akurat. Yuk, kunjungi website kami Buat Menonton portofolio pengerjaan kami!