Akademi Manajemen Informatika

Permintaan Buat Membangun website company profile Demi ini Lalu meningkat seiring kebutuhan akan informasi secara digital. Hal ini dapat anda manfaatkan sebaik mungkin Buat belajar dan memulai Membangun sebuah website. Di dalam artikel ini kami memberikan langkah-langkah mudah Buat pemula dan Mau Membangun sebuah website sendiri. 

Apabila anda Tetap belum paham dan mengetahui apa itu yang dimaksud dengan website company profile? jangan khawatir. Kami akan memberikan tips dan langkah Buat Membangun website dengan panduan cukup mudah dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. 

Kami akan menjelaskan mulai dari apa itu website company profile Tamat langkah – langkah pembuatannya. Jadi pastikan anda membaca mulai dari awal agar lebih memahami konsep dan tujuan pembuatan website tersebut.

Apa itu Website Company Profile

Di dalam website Buat bisnis sendiri, terbagi menjadi dua. Pertama adalah website toko online atau sering disebut e-commerce. Kemudian yang kedua adalah website company profile atau website perusahaan. 

Sudah Jernih dari namanya sendiri, website company profile berhubungan erat dengan profil sebuah perusahaan. Tujuan dari pembuatan website ini adalah Buat menampilkan profil perusahaan yang Berfaedah meningkatkan kredibilitas di dunia maya atau internet. Website ini juga sangat Krusial Buat menjadi sumber informasi terpercaya dan Presisi mengenai sebuah perusahaan. 

Memang, website jenis ini Tak memberikan revenue secara langsung seperti halnya website toko online atau e – commerce. Dengan adanya website company profile, akan sangat memudahkan bagi user Buat mengenal dan mengetahui perusahaan yang anda miliki tanpa perlu harus melalui sebuah iklan, surat Berita, maupun media konvensional yang lain. 

Nah, Buat sekarang anda mulai paham mengenai apa itu website company profile serta tujuan dari pembuatan website tersebut. Selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai langkah – langkah dalam proses pembuatan sebuah website company profile dengan menggunakan WordPress.

Sebelum masuk pada tahap pembuatan website -nya sendiri. Kami akan memberikan beberapa Argumen mengenai mengapa memilih WordPress Buat pembuatan dari website company profile sendiri. Agar anda dapat mengenal lebih dalam mengenai WordPress Buat kedepannya.

Mengapa Menggunakan WordPress

Dari sini, mungkin banyak dari anda yang bertanya – tanya mengapa dalam pembuatan website company profile menggunakan WordPress. Sebenarnya Eksis beberapa Argumen mengapa kami lebih merekomendasikan pembuatan website ini dengan menggunakan WordPress. 

Argumen yang pertama adalah 30 persen website di dunia menggunakan WordPress. Dikutip dari W3Tech, merupakan salah satu perusahaan konsultan dari Austria melakukan survei terhadap 10 juta situs teratas. Pada peringkat Alexa, telah membuktikan bahwa WordPress telah menduduki 60 persen pengguna CMS (Content Management System) di seluruh penjuru dunia. 

Kemudian, Argumen kedua adalah dari segi teknis. WordPress sendiri memberikan kemudahan bagi penggunanya Buat Membangun sebuah tampilan website yang mudah dan aplikatif. Bagi anda yang belum pernah terjun dan menekuni dunia pemrograman atau sering disebut sebagai developer, maka anda jangan khawatir.

Dalam WordPress sendiri memberikan kemudahan bagi pengguna yang Tak mengerti bahasa pemrograman seperti html, CSS, PHP, dll. Fitur yang diberikan akan sangat mudah dan dapat digunakan oleh setiap orang. Yang terpenting disini adalah fitur drag & drop yang digunakan Buat Membangun sebuah widget pada website tanpa harus mengetahui lebih dalam mengenai bahasa pemrogramannya. 

READ  Kelebihan & 9 Fitur Demi Kemajuan Pendidikan

Argumen terakhir adalah dalam pembuatan sebuah profil perusahaan, Tak terlalu membutuhkan resource yang terlalu besar. Menu yang ditampilkan pada website tersebut hanya sebatas pada pengenalan profil perusahaan beserta produk dan layanan yang Eksis dalam perusahaan tersebut. 

Oleh Alasan itu, lebih Berkualitas Buat menggunakan WordPress karena Tak memerlukan resource yang besar serta penggunaan yang mudah dan dapat diakses oleh setiap orang. Yang perlu ditekankan disini adalah semakin banyak informasi yang ditampilkan maka semakin Berkualitas kredibilitas perusahaan anda Buat dikenal oleh user. 

Baca Juga: Drupal Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan yang Dimiliki

Langkah Membangun Website Company Profile Menggunakan WordPress

Nah, setelah anda mengetahui Argumen pemilihan dari WordPress Buat Membangun sebuah website. Maka, sudah saatnya Buat masuk Membangun website tersebut. Berikut merupakan beberapa Metode pembuatan website yang kami sajikan dengan mudah agar dapat diikuti oleh setiap orang khususnya bagi yang pertama kali mencoba Membangun website sendiri. 

1. Install WordPress

Langkah pertama Buat Membangun Membangun sebuah website company profile, anda harus Mempunyai WordPress terlebih dahulu. Kemudian hosting dan domain juga anda perlukan agar website anda dapat diakses secara online. 

Buat urusan hosting dan domain, banyak sekali penyedia paket layanan hosting dan domain di Indonesia. Eksis yang berbayar dan Eksis yang Tak. Setelah Mempunyai hosting dan domain, selanjutnya anda hanya perlu meng –install WordPress pada perangkat anda. 

2. Masuk Dashboard

Setelah berhasil meng –install WordPress, maka langkah selanjutnya adalah masuk pada dashboard. Di dalam dashboard WordPress sendiri anda dapat mengelola tampilan website yang akan anda buat mulai dari tema, halaman, plugin, dll.

Metode membuka dashboard tidaklah sulit. Anda harus menambahkan /wp-admin pada domain yang telah dibuat. Sebagai Teladan, www.cobadomain.co.id/wp-admin. Setelah menuliskan tambahan tersebut, maka akan muncul tampilan login pada WordPress. 

Langkah selanjutnya, hanya memasukkan username dan password yang telah anda buat ketika meng –install WordPress sebelumnya. Apabila login berhasil, maka anda dapat masuk pada tampilan dashboard.

Pada bagian dashboard, terbagi menjadi tiga bagian Istimewa Yakni: toolbar, menu navigasi, dan area kerja. 

a) Toolbar 

Pada bagian toolbar digunakan Buat mengelola profil anda yang terletak pada Sudut kanan. Kemudian, anda juga akan mendapatkan notifikasi mengenai berapa banyak komentar yang anda dapatkan pada toolbar. 

b) Menu Navigasi

Selanjutnya, pada menu navigasi ini sebagian besar aktivitas akan anda gunakan dalam menu ini. Mulai dari mengunggah blogspot, mengganti tema, memasang plugins, menambahkan media, mengelola komentar, menambahkan halaman, hingga mengganti pengaturan pada WordPress sendiri.

Anda harus Benar – Benar paham pada menu navigasi ini, karena sangat diperlukan Buat pembuatan dan pengelolaan sebuah website. Eksis banyak sekali tutorial dan pembahasan terkait WordPress. Disini, kami juga akan memberikan tutorial sedikit mengenai Metode kerja dari WordPress.  

READ  Fungsi, Misalnya, dan Metode Membuatnya

c) Area Kerja

Di dalam area kerja ini terbagi Kembali menjadi beberapa bagian yang Mempunyai peran dan fungsi masing – masing:

  • At a Glance, berfungsi Buat menampilkan jumlah halaman, post, komentar, serta versi dari WordPress yang digunakan.
  • Quick Draft, digunakan apabila anda Mempunyai sebuah ide Buat Membangun dan menulis sebuah artikel. Maka anda dapat menggunakan fitur ini dan jangan lupa Buat menerbitkannya pada menu Istimewa. 
  • Activity, berfungsi sebagai penunjuk apabila terdapat post ataupun komentar terbaru yang ditampilkan.
  • WordPress News, digunakan Buat menampilkan update Siaran terbaru seputar WordPress. 

3. Menentukan Tema

Setelah anda mengetahui setiap bagian pada dashboard, maka selanjutnya anda harus mengenal terlebih dahulu mengenai tema yang tersedia pada WordPress. Menentukan sebuah tema cukuplah Krusial bagi perkembangan website yang akan anda buat. 

Dalam Membangun sebuah website company profile, hal yang paling pertama dilihat oleh user adalah tampilan dari website tersebut. Semakin menarik tampilan website yang dibuat, maka akan menambah ketertarikan user Buat masuk dan menjelajah pada website tersebut. 

Tentukan terlebih dahulu tema yang akan anda gunakan. Pastikan tema yang akan anda buat sesuai dengan usaha atau bisnis yang akan anda kembangkan. Sehingga, website tersebut Mempunyai daya tarik bagi para pembaca Buat mencari informasi lebih mengenai perusahaan tersebut.

4. Lengkapi Profil Perusahaan

Setelah berhasil menentukan tema dari website company profile, selanjutnya anda wajib Buat melengkapi profil dari perusahaan anda. Profil sebuah perusahaan disini, terdiri dari nama perusahaan, tagline, logo hingga favicon. 

Pada tahap ini, anda diharuskan melengkapi semuanya agar pembaca dapat mengingat dengan Jernih nama serta logo dari perusahaan yang akan anda kembangkan. Dalam merancang sebuah nama dan tagline haruslah Mempunyai keterkaitan dengan tujuan anda Membangun perusahaan.

Selain itu, Unsur optimasi SEO juga Krusial dalam pembuatan sebuah profil perusahaan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk pada menu Appearance, kemudian tekan customize.

Kemudian, pilih site identity dan di dalam menu tersebut tersedia form Buat mengisi nama perusahaan, tagline serta site icon. Pastikan, anda Tak menggunakan terlalu banyak kata pada tagline agar optimasi SEO berjalan dengan Berkualitas. Buat mengisi site icon, anda harus mengunggah logo dari perusahaan terlebih dahulu. 

Baca Juga: Optimasi Landing Page Website Anda dengan SEO

5. Membangun Page (Halaman)

Membangun sebuah halaman yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca merupakan sebuah keharusan. Informasi yang ditampilkan haruslah Presisi dan dapat dipertanggungjawabkan. Eksis beberapa hal Krusial yang harus ditampilkan pada website company profile:

a) Halaman About Us

Pada halaman About Us (Tentang Kami) memuat beberapa hal Krusial seperti profil perusahaan, sejarah, visi dan misi, serta latar belakang yang dimiliki. Tujuan dari halaman ini dibuat adalah Buat mempermudah pembaca dalam mengenal lebih dalam sebuah perusahaan.

Selain itu Unsur terpenting adalah Buat menambah Unsur kepercayaan pembaca kepada sebuah perusahaan. Hal tersebut juga meningkatkan kredibilitas dari website anda. 

READ  Mengenal Metode Agile dan 12 Prinsipnya bagi Software

b) Halaman produk atau layanan

Selanjutnya, dalam website company profile harus mencantumkan sebuah produk atau layanan dari perusahaan. Pada halaman ini harus dikembangkan dengan lebih rinci, sehingga user mengetahui maksud dan tujuan dari setiap produk yang ditampilkan.

Biasanya, pembaca lebih sering mengulas isi dari halaman produk atau layanan Buat mencari kebutuhan atau informasi yang mereka inginkan. Pastikan Buat Membangun halaman ini dengan Berkualitas dan lebih menarik. 

c) Halaman Contact Us

Buat memudahkan pembaca dalam menghubungi perusahaan terkait, maka anda perlu menambahkan sebuah halaman Contact Us. Pada halaman ini berisi mengenai informasi Buat menghubungi perusahaan terkait. 

Dalam hal ini, dapat berupa mengisi sebuah form yang biasanya dapat mencantumkan data pribadi seperti nama, email, pesan, dll. Selain email, biasanya dapat dilakukan dengan menghubungi via whatsapp ataupun media yang lain. 

6. Mengatur Homepage (Beranda)

Setelah berhasil Membangun beberapa halaman Krusial Buat website company profile, selanjutnya yang anda harus perhatikan adalah mengatur homepage (beranda). Beranda disini merupakan halaman Istimewa pada sebuah website yang biasanya bersifat tetap dan Tak berubah – ubah seperti halaman yang lain.

Terdapat beberapa konten yang dapat ditampilkan pada halaman Istimewa. Konten tersebut bertujuan Buat memperkenalkan secara Lumrah isi dari website tersebut. Konten yang dapat dimuat dalam menu Istimewa dapat berupa identitas perusahaan, Personil dari perusahaan, klien dan feedback, artikel, serta produk atau layanan yang dimiliki. 

7. Menambahkan Menu

Setelah anda berhasil Membangun sebuah homepage yang menarik, selanjutnya anda dapat menambahkan beberapa menu tambahan Kembali Buat menunjang website company profile anda. Fitur yang akan anda tambahkan dapat berupa sebuah blog, proyek, atau menu lain yang terkait dengan perusahaan.

Menu blog dibuat agar pembaca dapat membaca sebuah artikel serta informasi seputar dengan perusahaan anda. Langkah tersebut dapat meningkatkan optimasi SEO website anda. Kemudian, pada menu proyek dapat anda isi dengan beberapa proyek yang telah anda kerjakan. 

Usahakan dalam setiap menu saling terkait dan menyediakan informasi dan layanan yang bermanfaat bagi pembaca atau user. Selain itu, tingkat kepercayaan pelanggan juga akan naik seiring dengan kredibilitas website yang telah teruji dengan Berkualitas.

Berikut salah satu Teladan studi kasus Buat pembuatan website company profile dari Sandi Dharma.

Konklusi

  • Website company profile adalah website yang dibuat Buat menampilkan profil sebuah perusahaan agar pembaca dapat mengenal perusahaan tersebut lebih dalam serta memperkenalkan produk dan layanan yang ditawarkan.
  • Buat pembuatan sebuah website, lebih disarankan Buat menggunakan WordPress karena Mempunyai berbagai tema dan plugin yang sangat memudahkan pengguna Buat Membangun sebuah website.
  • Dalam Membangun sebuah website, yang terpenting adalah informasi yang diberikan harus sesuai dengan tujuan perusahaan anda. Dan informasi tersebut haruslah relevan agar kredibilitas perusahaan anda meningkat di mata pembaca dan user. 

Sandi Dharma menawarkan jasa pembuatan website terbaik di Kota Malang. Buat kebutuhan pengembangan, sesuai dengan tujuan dan kebutuhan customer.