Akademi Manajemen Informatika

Tagline branding yang Istimewa dapat meninggalkan kesan tersendiri sehingga customer Bisa mengingat produk ataupun layanan bisnis dalam jangka waktu yang lelet. Penggunaannya menjadi salah satu Metode Buat memperkenalkan brand ataupun menyampaikan keunikan dan identitas dari suatu produk kepada customer

Artikel dibawah ini akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai Misalnya tagline, definisi, jenis, fungsi, serta bagaimana Membikin tagline keren. Dengan memahami Definisi tagline beserta tips membuatnya, pelaku bisnis Dapat menerapkan Buat Membikin tagline branding yang efektif yang Bermanfaat Buat bisnis Anda.

Misalnya Tagline Keren dari Brand Terkenal 

Berikut ini beberapa Misalnya tagline dari brand terkenal yang dapat dijadikan Surat keterangan Buat Membikin tagline Buat brand Anda. 

  • “I’m lovin it” –  McDonalds 
  • “Impossible is nothing – Adidas
  • “Think Different” – Apple
  • “Open Happiness” Coca Cola
  • “Because you’re worth it” – L’Oreal
  • “Connecting People” – Nokia
  • “LG – Life’s Good”
  • “Just Do It” – Nike
  • “The happiest place on earth” – Disneyland
  • “Have it Your way” – Burger King
  • “Make Believe”  –  Sony
  • “Ideas for Life” – Panasonic
  • “Play On” – Lego

Apa itu Tagline?

Tagline adalah kalimat singkat Buat mengkomunikasikan pesan produk atau jasa dari sebuah brand yang dikemas secara menarik dan mudah diingat. Tagline yang efektif  Bisa menyampaikan pesan produknya dengan Akurat kepada customer

Perusahaan biasanya menggunakan tagline dan slogan Buat berkomunikasi dengan customer tentang brand mereka dan menciptakan kesan yang tak terlupakan. Keduanya harus punya Tanda khas, mudah diingat, dan menggunakan kata yang simple. Berbeda dengan slogan, tagline dibuat Buat mewakili brand/bisnis secara keseluruhan. Umumnya ditempatkan berdampingan dengan logo brand Buat menunjukkan keunikan brand dan membedakannya dengan kompetitor. Sementara slogan dibuat Buat memperkenalkan produk spesifik dari suatu bisnis. Sebuah brand biasanya Mempunyai satu tagline dan lebih dari satu slogan sesuai dengan Ragam produk yang dipasarkan. 

Agar lebih paham mengenai perbedaannya, simak Misalnya tagline dari brand Apple. Apple Mempunyai tagline yang sudah mendunia Adalah “Think Different”, Tetapi Buat setiap produknya mempunyai slogan berbeda, contohnya Buat produk Macbook Mempunyai slogan “Light. Years Ahead”, dan produk Ipad air Mempunyai slogannya sendiri Adalah “The Power of Lightness”

Apple memiliki slogan yang berbeda untuk setiap produknya
(Foto: Pexels)

Fungsi tagline dan slogan saling melengkapi karena sama-sama Buat memperkuat branding sebuah brand. Apabila tagline yang menjelaskan bisnis Anda secara keseluruhan maka slogan akan melengkapi dengan menonjolkan produk maupun jasa.

READ  #10: Operasi Matematika - Belajar Golang Dari Dasar

Jenis-jenis Tagline

Berdasarkan fungsi dan Tanda khas masing-masing, tagline terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Tagline Deskriptif

Tagline deskriptif berisi deskripsi mengenai produk atau layanan suatu brand. Deskripsi yang dimaksud umumnya menjelaskan Kelebihan atau Tanda khas dari produk tersebut. Misalnya tagline dari Bank HSBC “World’s Local Bank” dan  Walmart dengan “Save Money, Live Better”.

2. Tagline Imperative

Tagline Imperative mempunyai Tanda khas menggunakan kata kerja. Jenis ini menggunakan kata ajakan Buat mengajak customer melakukan tindakan yang berhubungan dengan produk atau jasa dari bisnis tersebut. Misalnya tagline dari Nike “Just Do It” atau Sanken “Santai, Terdapat Sanken”.

3. Tagline Provokatif

Tagline Provokatif menggunakan kata-kata ajakan atau tantangan Buat mempersuasi calon customer.

Gambaran orang sedang melakukan hal yang mengudang persuasi kepada masyarakat
(Foto: Pexels)

Ketika ini marak menggunakan kata-kata provokatif pada tagline supaya masyarakat tertarik. Misalnya tagline “Impossible is nothing” dari Adidas atau “Orang pintar minum tolak angin” dari Sidomuncul.

4. Tagline Spesifik

Lebih menonjolkan satu Kelebihan tertentu dari produk yang Bukan dimiliki kompetitornya adalah Tanda dari jenis tagline ini. Misalnya tagline Relaxa “Permen wangi ya Relaxa”, atau “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro” dari Sosro”.

5. Tagline Superlative

Tanda khas dari jenis ini menyampaikan Kelebihan produk dengan kata-kata yang berani dan menantang. Jenis ini Mempunyai kesamaan dengan tagline provokatif karena Mempunyai kata-kata penegas sehingga terdengar lebih provokatif. Misalnya tagline Kapal Api “Jernih Lebih Lezat”, atau Yamaha “Semakin di Depan”.

Fungsi Tagline Buat Bisnis 

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa tagline berfungsi Buat meningkatkan branding produk atau layanan dari sebuah bisnis dan mempengaruhi keputusan calon customer Buat membeli produk atau jasa yang ditawarkan. 

Berikut ini beberapa fungsi mengapa tagline diperlukan Buat branding bisnis, antara lain: 

1. Mewakili Visi dan Misi Bisnis

Artinya, tagline yang dibuat merupakan gambaran dari bisnis Anda. Menggunakan tagline branding menjadi Metode yang Akurat Buat meggambarkan visi misi bisnis anda kepada customer. Misalnya tagline dari Toshiba, Adalah “Leading innovation”, Toshiba Mau menyampaikan bahwa visi dan misi yang mereka bawa adalah selalu Membikin berbagai Penemuan terbaru di setiap produknya.  

2. Buat Membedakan Brand dengan Kompetitor

Setiap industri Niscaya banyak yang bergerak di bisnis yang sama. Oleh karena itu, salah satu fungsinya dapat membedakan bisnis anda dengan para kompetitor sejenis. Misalnya tagline dari Wardah “Feel The Beauty”, yang Mau disampaikan adalah Kelebihan produknya sebagai produk kecantikan halal pertama.

READ  Apa Itu Composer? Fungsi, Metode Kerja dan Metode Penggunaan

3. Menjadi Identitas Bisnis

Selain Buat membedakan bisnis yang sama dengan kompetitor, tagline adalah salah satu Metode efektif dan Akurat Buat memperkuat dan meningkatkan identitas bisnis. Hal ini Dapat dibentuk karena adanya keterikatan secara emosional antara bisnis dan customer. Misalnya tagline dari McDonald “I’m Loving It” yang dianggap Bisa mendekatkan brand mereka dengan customernya bahwa mereka menyukai Sekalian menu yang ditawarkan oleh McD.

10+ Tips Membikin Tagline yang Menarik 

Setelah mengetahui jenis-jenis dan fungsinya, selanjutnya akan mempelajari tips Membikin tagline keren!

1. Mengetahui Unique Selling Point (USP) dari Produk

Tagline produk yang dibuat harus sesuai dengan Kelebihan atau Tanda khas dari produk maupun jasa yang ditawarkan. Sehingga dapat menyampaikan pesan produk dengan Akurat juga Dapat menjadi solusi Buat customer.

2. Memahami Sasaran Audience

Selain mengetahui unique selling point, dalam Membikin tagline produk juga harus disesuaikan dengan Sasaran audience. Hal ini juga menjadi Metode Buat memainkan sisi emosional customer. Selain itu, juga agar para audiens Mengerti apakah produk Anda ditujukan Buat mereka atau bukan.

3. Melakukan Brainstorming

Membikin tagline keren juga membutuhkan brainstorming dengan mengumpulkan ide-ide berkaitan dengan brand dan produk Anda kemudian dibentuk dengan penyampaian yang Akurat.  

Gambaran sekelompok orang sedang melakukan brainstorming dan mengumpulkan ide untuk membuat contoh tagline
(Foto: Pexels)

4. Pusat perhatian pada Manfaat dari Produk 

Dalam membeli produk, customer akan Pusat perhatian pada manfaat yang ditawarkan dari produk yang dijual, begitupun pada pemilihan tagline produk. Oleh karena itu, Krusial Buat Membikin tagline yang Dapat menyampaikan informasi dan manfaat mengenai produk atau layanan kepada customer.

5. Sesuaikan dengan Produk atau Layanan yang Ditawarkan

Tagline adalah kalimat singkat, Tetapi pemilihan katanya harus mewakili suatu brand. Hal ini Buat memudahkan customer dalam mengenali produk atau layanan yang ditawarkan. Seperti Misalnya tagline “The happiest place on earth”, Disneyland Mau menjelaskan bahwa bisnis mereka merupakan tempat rekreasi terbaik di dunia.

6. Bersifat Mengajak/ Persuasif

Membikin tagline branding yang bersifat mengajak customer supaya mudah mengingat produk atau layanan yang ditawarkan. Misalnya tagline Punya Dirtjen Pajak yang berbunyi “Orang Bijak Taat Pajak”. Tujuan Dirtjen Buat mengajak para wajib pajak Buat membayar pajak Akurat waktu.

7. Menunjukkan Kepribadian Brand

Tagline produk yang bagus Bisa menyampaikan kepribadian dari brand terkait. Contohnya, Kalau kepribadian brand Anda adalah kekeluargaan, maka Ketika Membikin tagline Dapat dicantumkan Maksud kekeluargaan didalamnya.  

READ  React Native: Pengertian, Komparasi, dan Kelebihannya

8. Singkat dan Jernih

Tagline branding yang efektif  Bisa menjelaskan pesan dari Sekalian aspek bisnis mulai dari produk, Kelebihan, manfaat, hingga tujuan bisnis Anda secara Akurat Lampau dikemas dengan kalimat singkat dan mudah dipahami. 

9. Memberi Kesan pada Customer

Tagline produk yang menarik Bisa memberikan kesan tersendiri bagi customer. Dengan mengatur struktur dan ritme supaya kalimat yang dibuat Dapat menyampaikan keunikan brand dan mudah diingat oleh masyarakat.

10. Jujur

Mau menonjolkan Kelebihan brand adalah hal yang wajar. Tetapi lebih Berkualitas menghindari kata-kata yang berarti klaim sepihak, seperti termurah, terbaik, supaya Bukan disalahartikan oleh customer sebagai janji pada brand anda. Akibatnya Kalau klaim Bukan terbukti Akurat maka akan menyebabkan kekecewaan pada customer yang akan mempengaruhi Gambaran brand

11. Membikin Tagline yang Autentik

Tagline produk harus dibuat secara autentik, bukan dengan plagiasi Punya kompetitor lain  Hindari Buat meniru atau menggunakan yang sudah Terdapat, hal ini akan merusak Gambaran brand

12. Dilengkapi dengan Logo

Umumnya tagline ditempatkan berdampingan dengan logo brand. Adanya logo dapat membantu Buat memaksimalkan tagline produk yang dibuat. Hal ini dikarenakan customer lebih tertarik Ketika Menyaksikan visual daripada tulisan. Tetapi, sebaiknya logo brand harus seirama dengan tagline produk supaya lebih menonjol dan Bukan Membikin bingung customer

Konklusi 

Tagline adalah kalimat singkat Buat mengkomunikasikan pesan produk atau jasa dari sebuah brand yang dikemas secara menarik dan mudah diingat. Tagline keren Bisa menyampaikan produknya dengan Akurat kepada customer

Tagline berfungsi Buat meningkatkan branding produk atau layanan dari sebuah bisnis dan mempengaruhi keputusan calon customer Buat membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu Terdapat beberapa fungsinya Buat branding bisnis diantaranya mewakili visi dan misi bisnis, Buat membedakan brand dengan kompetitor, dan menjadi identitas bisnis.

Tagline keren dibuat dengan kalimat yang Jernih dan singkat juga menyesuaikan Sasaran audience hingga bersifat persuasif. Seperti salah Misalnya tagline dari brand McD “I’m Lovin it” yang dianggap Bisa mendekatkan brand mereka dengan customernya bahwa mereka menyukai Sekalian menu yang ditawarkan oleh McD. Intinya bagus atau tidaknya tagline tergantung bagaimana pemilihan kata-kata tersebut Bisa menyampaikan pesan dari keseluruhan dari brand mulai dari produk, manfaat, Kelebihan, dan Tanda khas dari brand tersebut. 

Sandi Dharma menyediakan jasa pembuatan website profesional Buat membantu proses optimasi bisnis Anda pada Search Engine Google.