Internet dipenuhi dengan konten-konten dari berbagai topik dan gaya penulisan. Tetapi konten yang dioptimalkan dari sisi SEO akan Mempunyai visibilitas dan pengalaman yang lebih Bagus dari konten lainnya. Statistik menunjukkan bahwa Sekeliling 68% dari Sekalian pengalaman online dimulai dengan pencarian sederhana.
Hal ini dikarenakan setiap kali orang mencari informasi, produk, dll, selalu pergi ke Google atau Bing.
Itulah mengapa pentingnya menjaga visibilitas konten di mesin pencari Demi Sekalian lini bisnis. Dan agar hal itu Pandai terjadi, Pandai dimulai dari mengoptimalkan konten secara efisien. Baru setelah itu Mempunyai Kesempatan agar Pandai muncul di hasil pencarian teratas di mesin pencari seperti Google.
Jadi, bagaimana mengoptimalkan konten Anda secara efektif agar terindeks dengan Betul dan muncul di pencarian organik?
1. Melakukan Riset Kata Kunci
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan kata kunci. Kata kunci sangat menentukan mesin perayap Google dalam mengindeks konten Anda dan memunculkannya di hasil pencarian.
Terdapat dua jenis kata kunci Istimewa, Adalah :
- Kata kunci bervolume tinggi
- Kata kunci dengan jumlah kata panjang (3-5 kata) atau Long Tail Keyword
Kata kunci bervolume tinggi memang Mempunyai Kesempatan audiens yang banyak, tetapi jenis kata kunci ini kurang spesifik. Misalnya saja orang mencari kata kunci “memperbaiki laptop”, dihasil penelurusan Pandai saja yang muncul “memperbaiki laptop karena panas”, “memperbaiki laptop Wafat mendadak”, dll.
Sehingga Kalau jenis kata kunci digunakan Demi tujuan jualan produk, maka kurang efektif.
Sedangkan Long Tail Keyword, biasanya Mempunyai Sasaran yang lebih terukur. Misalnya saja “layar komputer LED terbaik 2023”. Maka hasil penelusuran ya akan berisi tentang informasi LED komputer yang Bagus di tahun 2023.
Karena Sasaran dan maksudnya Terang Demi suatu produk, jadi ini memudahkan Demi promosi.
Jadi ketika melakukan riset kata kunci harus Mengerti betul konten yang dibuat ini Demi apa. Agar Bukan salah dalam menentukan kata kunci yang akan dipakai.
Sekarang, setelah melakukan riset kata kunci, Anda perlu Mengerti bagaimana menggunakan kata kunci tersebut dengan Betul. Di dalam satu konten artikel, kata kunci harus Mempunyai proporsi yang ideal. Bahasa teknisnya adalah kepadatan kata kunci atau Keyword Density.
Normalnya dalam satu artikel Mempunyai kepadatan kata kunci Sekeliling 1-2% dari total kata.
2. Membangun Konten yang Menarik dan Berkualitas Tinggi
Setelah menentukan kata kunci yang Akurat, Konsentrasi selanjutnya adalah pada bagian produksi konten. Buat konten yang menarik dan berkualitas. Jangan Tiba konten dibuat sama dengan konten dari situs lain. Konten harus Mempunyai sifat original.
Konten yang berkualitas itu yang bagaimana sih?
Terdapat beberapa Tanda khas tertentu dari konten berkualitas tinggi, seperti:
- Konsentrasi pada informasi
- Bukan bertele-tele atau menggunakan kata-kata yang berlebihan
- Bukan hanya sekadar teoritis saja
- Harus Spesial, Asli
- Mudah dibaca dan dipahami
- Artikel mengalir ketika dibaca
Ini berarti konten yang dibuat harus Mempunyai kriteria yang cukup banyak agar Pandai mengambil kepercayaan pembaca. Selain itu pembaca juga Pandai mendapatkan tindakan setelah membacanya. Jangan Tiba konten artikel menduplikasi dari sumber lain.
Oleh Karena itu sangat Krusial Demi cek plagiarisme artikel sebelum mempostingnya. Setelah itu penulis dapat memparafrasakan teks yang duplikat.
Kemudian, agar lebih mudah dibaca, Krusial Demi memastikan bahwa artikel disusun menggunakan kata-kata yang sederhana dan Bukan teknis. Dan juga, Krusial Demi memastikan bahwa kalimatnya Sekeliling 10-15 kata dan paragraf Bukan Melampaui 3-4 baris.
3. Membangun Meta Tag yang Menarik
Meta tag sangat Krusial Demi visibilitas di mesin pencari. Secara teknis, meta tag merupakan informasi yang diberikan ke perayap agar data informasi artikel Pandai dimunculkan di mesin pencari dengan Terang.
Seperti meta tag Title dan meta tag Deskripsi, keduanya harus disisipkan kata kunci tetapi dibalut dengan kalimat yang juga mudah menarik pembaca.
Sehingga meta tag Bukan hanya Bagus Demi mesin pencari tetapi juga Demi pembaca.
Itulah mengapa sangat Krusial bagi Anda sebagai penulis Demi menggunakan teknik pembuatan meta tag yang Akurat. Kadang banyak meta tag dibuat sembarangan, padahal Kalau dibuat secara optimal hasilnya akan bagus di hasil penelusuran.
4. Penataan Konten dengan Teknik SEO On-Page
Menyusun konten agar optimal di mesin pencari harus menggunakan teknik SEO On-Page. Teknik ini akan memaksimalkan konten Anda sesuai dengan Panduan SEO. Dan ini akan berpeluang menaikan peringkat di hasil pencarian.
Terdapat tiga hal Istimewa yang Krusial dalam SEO On-Page :
- Menggunakan header dan headline yang Akurat.
- Menggunakan kata kunci yang Akurat dan densitasnya (lihat poin satu Demi info lebih lanjut).
- Dan menyempurnakan hal-hal Krusial lainnya.
Hal pertama adalah tentang struktur yang sesuai dengan Panduan SEO on-page. Itu sebabnya Anda harus menggunakan heading H1, H2, dan seterusnya dalam konten Anda. Tapi yang lebih Krusial adalah Anda menggunakan kata kunci di H1 dan H2 tersebut. Selain itu, memecah konten Anda seperti itu juga akan membuatnya lebih mudah dibaca.
Kemudian, Anda perlu mengoptimasi struktur URL website/blog Anda. Setiap blog yang Anda posting harus Mempunyai slug (permalink) yang menunjukkan kata kunci dan maksud dari artikel tersebut—ini sangat Krusial karena membantu robot perayap mesin telusur menemukan konten yang relevan.
Terakhir, Anda harus mengoptimalkan tautan internal dan text anchor. Tautan internal adalah ketika konten Anda menghubungkan teks ke posting / halaman blog lain di situs web Anda, sehingga meningkatkan peringkat domain Anda. Sedangkan text anchor adalah kata kunci Istimewa tempat Anda menautkan kembali tautan yang relevan.
Ini hanya definisi dasar dan paling dasar dari elemen dan teknik SEO on-page.