Marketing Automation adalah Metode yang kini banyak dipilih Demi memudahkan pemasaran produk. Marketing Automation melibatkan teknologi dalam proses pemasarannya. Dengan adanya Marketing Automation ini, pelaku bisnis akan sangat terbantu Demi memasarkan produknya.
Lantas, seperti apa pengertian, Teladan, manfaat, Metode kerja, dan penerapan Marketing Automation pada bisnis? Simak informasi lengkapnya pada artikel berikut ini!
Apa itu Marketing Automation?
Marketing Automation adalah sebuah alat atau sistem yang menangani tugas pemasaran rutin tanpa perlu tindakan dari Mahluk. Tugas berulang yang dilakukan seperti email, unggahan media sosial, dan juga kampanye iklan akan memberikan pengalaman yang lebih dekat bagi pelanggan. Dengan adanya teknologi di balik sistem ini, tugas pemasaran akan lebih Segera, mudah, dan Luwes dilakukan.
Marketing Automation Pandai disebut juga dengan otomatisasi pemasaran. Pada dasarnya, sistem ini merupakan sebuah teknologi atau platform yang dapat dimanfaatkan Demi memberikan Sokongan pada proses pemasaran tanpa Adonan tangan Mahluk. Seiring berjalannya waktu, penggunaan teknologi ini semakin tinggi.
Tujuan dari digunakannya Marketing Automation pada pemasaran adalah Demi memaksimalkan kinerja, Memajukan pendapatan, dan membantu Demi menyelesaikan permasalahan dalam dunia marketing. Metode kerja dari teknologi ini cenderung Kagak rumit sehingga sangat memudahkan Demi menjangkau banyak pelanggan.
Produk atau merek akan dikenalkan kepada pelanggan. Kemudian, dari perkenalan produk dan merek tersebut akan didapat perhatian dari pelanggan. Nah, Apabila pelanggan telah menunjukkan perhatian dan minat yang tinggi pada sebuah produk, iklan yang disampaikan artinya berhasil.
Metode Kerja Marketing Automation
Marketing automation menjalankan sistemnya menggunakan software atau perangkat lunak Demi mengoptimasi aktivitas marketing yang bersifat mengulang. Data interaksi dari berbagai platform yang digunakan perusahaan, seperti website, email, dan media sosial dikumpulkan oleh sistem.
Dari data yang telah dikumpulkan, dapat ditentukan Sasaran pelanggan serta aktivitas marketing yang terjadwal. Setelah itu, pesan atau konten yang akan dikirimkan kepada pelanggan dibuat sesuai kebutuhan. Pengiriman pesan atau konten tersebut dapat melalui media sosial, website, atau email.
Sehingga apabila Anda menggunakan otomasi marketing, maka setiap Data akan yang terkumpul akan menjadi acuan bagi pelanggan dan menarik minat mereka.
Hal ini berkaitan dengan user experience dari calon pembeli dan pengguna Mempunyai kebebasan Demi mengetahui setiap unsur dan aspek yang Terdapat pada produk. Semakin lengkap data tertentu maka akan semakin dipercaya produk tersebut.
Selain itu otomasi marketing akan melakukan uji A/B Demi membandingkan setiap penawaran dan gambar yang berbeda. Kemudian meningkatkan data pelanggan dan profil yang lebih Bagus supaya user experience semakin Bagus.
Manfaat Marketing Automation
Tentu penggunaan Marketing Automation ini Mempunyai banyak manfaat Demi membangun dan menjalankan bisnis. Berikut adalah manfaat dari Marketing Automation:
1. Memahami Pelanggan
Adanya Marketing Automation ini memberikan jalan Demi memahami lebih dekat kebiasaan dan kebutuhan para pelanggan. Dengan mengetahui kebiasaan dan kebutuhan dari pelanggan, akan lebih mudah Demi menampilkan konten yang lebih relevan bagi kebutuhan para pelanggan.
2. Membangun Rekanan dengan Pelanggan
Dengan otomatisasi yang dilakukan, interaksi dengan pelanggan akan semakin dekat. Interaksi ini akan mengakibatkan pelanggan menjadi lebih dekat dengan produk yang mereka gunakan. Akibatnya, para pelanggan tersebut akan menjadi ingat dan kembali Tengah dengan produk yang sama.
3. Menerapkan Strategi yang Kompleks
Strategi pemasaran Kagak mudah karena harus memahami kebutuhan konsumen. Dengan teknik dari Marketing Automation ini, strategi pemasaran akan sangat mudah diterapkan karena kebutuhan konsumen akan dipahami lebih Bagus.
4. Efisiensi Kerja
Marketing Automation Membangun tim pemasaran dapat Konsentrasi mengerjakan hal kreatif lainnya, seperti perencanaan, brainstorming, dan campaign proyek lainnya. Tanpa harus memikirkan lebih lanjut mengenai pemasaran karena telah dilakukan secara Mekanis melalui Marketing Automation.
5. Menghemat Biaya
Dengan adanya sistem Marketing Automation ini, biaya yang dikeluarkan dalam pemasaran akan berkurang. Selain itu, juga didapat engagement, pengoptimalan pemasaran, dan profit akan meningkat.
Teladan dari Marketing Automation
Penggunaan Marketing Automation yang bergantung pada jenis bisnis, Ialah Business-to-Consumer (B2C) atau Business-to-Business (B2B).
Berikut adalah Teladan dan penjelasannya:
1. Welcome Email atau Pesan Sambutan
Welcome Email sering ditemukan ketika baru mendaftar sebuah newsletter pada situs bisnis. Welcome Email digunakan Demi menyambut dan memberikan kesan pertama yang menarik bagi pelanggan.
2. Email Reminder
Email reminder dikirimkan bertujuan Demi Membangun pelanggan mengingat suatu produk. Misalnya, produk yang sedang menjadi wishlist pelanggan sedang mengadakan promo, maka email reminder akan dirimkan kepada pelanggan dan mendorong pelanggan Demi membeli produk tersebut.
3. Update Product
Update product atau peluncuran produk baru ini Normal digunakan Demi menggapai pelanggan. Peluncuran produk Normal dilakukan pada media sosial atau website. Pengiriman juga dilakukan melalui email dengan tujuan agar pelanggan lebih merasa Spesial.
4. Ucapan Ulang Tahun atau Anniversary
Ucapan ulang tahun atau anniversary juga merupakan salah satu Marketing Automation yang sering ditemui. Dengan mengirimkan ucapan kepada pelanggan pada hari ulang tahun produk, pelanggan akan ingat dengan produk tersebut dan loyalitas dapat terbentuk.
5. Feedback dan Review
Feedback dan review yang dikirimkan kepada pelanggan akan Membangun pelanggan lebih merasa didengar masukan dan pendapatnya. Hal tersebut akan memberikan kepuasan pada pelanggan meningkat.
6. Newsletter
Newsletter Normal dikirimkan setiap minggu atau awal bulan sebagai sarana Demi memberikan Berita terbaru, tips, atau informasi kepada pelanggan. Dengan hal tersebut, kepercayaan diri pada pelanggan akan meningkat.
Penerapan Marketing Automation dalam Bisnis
Penjelasan di atas telah menjelaskan secara detail mengenai pengertian, manfaat, Teladan, dan Metode kerja dari Marketing Automation. Tetapi, bagaimana penerapan teknologi ini dalam bisnis?
Terdapat beberapa penerapan Marketing Automation yang dapat digunakan dalam bisnis. Beberapa penerapan ini dapat digunakan sesuai kebutuhan dari suatu bisnis. Berikut ini adalah Teladan penerapan Marketing Automation dalam bisnis:
1. Otomatisasi Email
Ketika pelanggan telah mendaftar dan tercatat sebagai Member dalam suatu bisnis, maka pelanggan tersebut dapat dikirimi email dari newsletter secara berkala. Newsletter inilah yang akan mengirimkan pengingat atau reminder kepada pelanggan, seperti pengingat produk baru dan pengingat barang di keranjang yang belum di-check out.
2. Retargeting
Retargeting atau penargetan ulang adalah Metode Demi mengingatkan pelanggan mengenai produk-produk yang telah mereka lihat. Retargeting Normal dilakukan dengan mengirimkan email dan mengantarkan pelanggan Demi melakukan pembelian. Sistem ini juga dapat membantu pelanggan Demi mengingat kembali produk dan barang yang mereka minati.
3. Penjadwalan
Penjadwalan berarti adalah menetapkan jadwal waktu email dikirim, konten diunggah di media sosial, dan sebagainya. Konten hanya perlu disiapkan dan dijadwalkan waktu Demi dirilisnya. Dengan begitu, kegiatan pemasaran manual Kagak perlu dilakukan karena sudah dilakukan penjadwalan.
4. Customer Journey
Customer Journey atau Normal disebut dengan pengalaman pelanggan ini merupakan proses memetakan pelanggan secara visual berdasarkan merek dan produk yang diminati. Contohnya, pembelian suatu produk yang akan mendapat poin dan poin yang didapat tersebut dapat ditukarkan dengan benefit lainnya.
Marketing Automation Platform
Ketika ini banyak platform tersedia Demi membantu jalannya bisnis. Berikut ini adalah beberapa platform rekomendasi Demi Marketing Automation:
1. Mekari Qontak
Mekari Qontak menyediakan CRM atau Customer Relationship Management terbaik di Indonesia. CRM pada Mekari Qontak ini merupakan otomatisasi marketing yang terintegrasi dengan WhatsApp dan aplikasi lainnya. Hal tersebut Bermanfaat Demi mengumpulkan database secara Mekanis melalui pesan yang masuk pada database perusahaan.
2. HubSpot
HubSpot sangat cocok Demi yang Lagi menjalankan bisnis dengan skala kecil. Hal tersebut karena fitur yang terdapat pada HubSpot Lagi sangat sederhana. HubSpot memberikan tools Demi mengotomatisasi, mengukur, dan mengoptimalkan sebuah marketing.
3. Adobe Marketo
Adobe Marketo memberikan fasilitas berupa analisis yang sangat rinci. Dengan Adobe Marketo, kekuatan dan kelemahan dalam bisnis dapat diidentifikasi. Panduan pada platform ini sangat mudah dipahami sehingga dapat membantu tim pemasaran yang belum memahami platform ini menjadi paham dengan Segera.
Dalam menjalankan bisnis, proses pemasaran merupakan salah satu hal yang paling Krusial. Strategi dalam pemasaran yang Pas akan menghasilkan minat pelanggan. Penggunaan Marketing Automation inilah yang dapat membantu Demi menjalankan proses pemasaran kepada pelanggan.
Sandi Dharma menyediakan jasa pembuatan aplikasi web yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.