Akademi Manajemen Informatika

Di tahun 2020 ini, banyak sekali peristiwa yang sangat merubah pola hidup serta aktivitas Insan, khususnya pada bidang pendidikan dan bisnis. Banyak sekali kantor dan sekolah yang terpaksa harus menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan aktivitas dari rumah akibat pandemi Covid – 19. Salah satu solusi Kepada dapat mempermudah dalam membantu kerja adalah dengan menggunakan salah satu aplikasi bawaan dari Google, Merukapan Google Form. 

Aplikasi Google Form sendiri Demi ini banyak sekali digunakan di masa pandemi Kepada membantu aktivitas belajar hingga bekerja yang dapat dibuat dimana saja dan Bilaman saja. Tetapi, bagi anda yang belum Paham dan Mau mengetahui Langkah Membangun google form yang Akurat dan mudah, kami akan memaparkannya dalam artikel kali ini. 

Pengertian Google Form

Kepada pengertiannya sendiri, google formulir atau Biasa disebut dengan google form adalah salah satu aplikasi administrasi kebutuhan survei dan termasuk ke dalam G – Suite (suite kantor google drive) bersamaan dengan Google Document, spreadsheet, dan slides. 

Dan fitur dari formulir ini, akan menampilkan fitur berbagi yang dapat ditemukan dalam document, spreadsheet, dan slides. Langkah Kepada Membangun google form pun terbilang sederhana. Data yang telah diisi responden pada tampilan formulir, nantinya akan tersimpan dengan Kondusif pada Google Database.

Fungsi Google Form

Setelah memahami secara singkat apa itu google form, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai fungsi dari google formulir itu sendiri.

1. Kuesioner

Fungsi yang pertama adalah Membangun formulir Kepada kebutuhan kuesioner. Dimana, berisi mengenai kritik, saran, feedback (umpan balik), data Pengkajian, dan kebutuhan form penelitian. Kepada kuesioner sendiri banyak digunakan dalam bidang pendidikan, bisnis, dan penelitian ilmiah.

2. Pendaftaran Kerja

Kepada fungsi yang kedua digunakan Kepada pembuatan formulir pendaftaran kerja. Dikarenakan banyak kantor atau perusahaan yang menerapkan aturan protokol kesehatan, maka beberapa pekerjaan memungkinkan Kepada melakukan aktivitas kerja secara remote

Dimana, dapat dapat dilakukan dari rumah tanpa perlu datang ke kantor setiap hari. Begitu pula dengan orang yang Mau mendaftarkan kerja, juga akan mengisi sebuah form pendaftaran kerja dengan mudah dan Segera melalui google form ini. Cukup dengan mengisi nama, pertanyaan, dan posisi kerja yang diminati.

READ  Definisi, Tipe, Teladan & Manfaat

3. Informasi Kontak

Ketiga, berfungsi Kepada Membangun formulir kebutuhan informasi kontak. Biasanya dapat berupa form Kepada mengisi nama email, kontak keanggotaan, dan informasi pribadi Kepada tujuan pemasaran (marketing). 

4. Lembar Kerja

Yang keempat, dapat berfungsi sebagai form pengisian terkait lembar kerja. Data yang digunakan biasanya berisi mengenai form Kepada upload file, pengerjaan tugas sekolah dalam bentuk pilihan maupun esai, dan lain sebagainya.

5. Pembelian Produk

Dan fungsi yang terakhir, Kepada pembuatan formulir pembelian produk. Sehingga pengguna Bukan perlu Kepada mencatat hasil dari penjualan produk secara manual. Akan tetapi Seluruh informasi tersebut akan terekam dengan Bagus menggunakan google form.

Baca juga: Langkah Mudah Menyusun Strategi Pemasaran Efektif Kepada Bisnis Anda

Langkah Membangun Google Form Kepada Pemula

Berikut merupakan langkah – langkah dalam menggunakan google formulir yang Akurat dan mudah. 

1. Mempersiapkan akun pengguna

Langkah pertama, pastikan anda Mempunyai google account dan telah masuk dalam google drive. Setelah itu, klik tombol “new” yang berada di bagian Sudut kiri atas antarmuka. Setelah muncul beberapa pilihan, anda pilih menu yang berlabel “Google Forms”. 

2. Melakukan pengisian pada google form sesuai kebutuhan

Setelah masuk pada menu form, pastikan anda telah Mempunyai tujuan topik yang akan anda buat. Google akan menyediakan template Hampa serta beberapa template pilihan Kepada memudahkan proses pengerjaan formulir.

Hal yang pertama harus anda isi terlebih dahulu adalah mengisi judul dan deskripsi dari formulir. Kemudian, buatlah daftar pertanyaan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan awal anda. Di dalam form telah tersedia banyak sekali model pertanyaan dan pengisian.

READ  Rekomendasi 5 Website Builder Buat Bisnis bagi Pemula

Terdapat beberapa pilihan model pengisian yang dapat anda manfaatkan, diantaranya adalah:

Model ini berbentuk pilihan ganda dan biasanya digunakan Kepada pembuatan jawaban pilihan seperti “ya” atau “Bukan”, dan pilihan ganda campuran.

Model ini menggunakan pilihan bentuk kotak centang dan user dapat memilih pilihan atau jawaban lebih dari satu.

Kepada pilihan dropdown merupakan model jawaban berbentuk list yang dapat ditarik ulur. 

  • Pemilihan format Lepas dan waktu

Pilihan format Lepas dan waktu merupakan salah satu model yang tersedia dalam google form.

  • Jawaban pendek dan panjang

Apabila anda membutuhkan menu opsi Kepada menuliskan jawaban dalam bentuk teks, maka form tersebut juga telah menyediakan model Kepada pengisian deskripsi Bagus dalam bentuk teks pendek, maupun teks panjang.

Setelah berhasil Membangun form, jangan lupa Kepada menekan tombol “send” yang terletak pada sudut kanan atas antarmuka aplikasi. Kemudian, anda sudah dapat membagikan link form yang berhasil terkirim kepada responden. 

3. Memperpendek link google form (opsional)

Apabila anda menginginkan bentuk format link form yang lebih pendek, terdapat beberapa Langkah Kepada merealisasikannya. Anda dapat membuka link website dari Shorturl atau pada Bitly. 

4. Monitoring tanggapan dari responden

Setelah anda membagikan link formulir kepada setiap responden, tugas anda hanya melakukan monitoring aktivitas dari responden yang mengisi formulir tersebut. Kepada dapat Memperhatikan hasil pengisian survei atau respon dari user, maka anda dapat masuk pada menu responden. Anda juga dapat mengunduh hasil tanggapan melalui tampilan spreadsheet.

Kelebihan dari Google Formulir

Terdapat beberapa kelebihan dari penggunaan google form, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bersifat Open Source

Dikarenakan Google form sendiri termasuk dalam bagian G-Suite, maka termasuk dalam aplikasi yang dapat diakses secara gratis. Anda Bukan perlu mengeluarkan biaya Kepada setiap pembuatan formulir atau proyek -nya.

2. Mudah Digunakan

Kelebihan berikutnya adalah aplikasi google formulir juga mudah Kepada digunakan dan terdapat banyak sekali panduan yang telah tersedia. Anda juga dapat membaca berbagai panduan dari Google maupun Perhimpunan yang telah tersedia. Selain itu, tampilan interface yang sederhana, Membangun pengguna dapat mengembangkan formulir dengan lebih Segera dan mudah.

READ  Membikin Live Search Menggunakan Livewire

3. Mudah Kepada dibagikan

Selain itu, aplikasi ini juga mudah Kepada di share kepada responden. Cukup dengan menekan tombol send atau kirim, maka link form anda dapat dibuat dan dibagikan kepada responden yang telah anda tentukan.

4. Penyajian Data Respon Koresponden yang Bervariasi

Selanjutnya, penyajian data dari koresponden dapat ditampilkan dalam berbagai model, seperti grafik, hingga pie yang dirangkum dalam format spreadsheet.

Kekurangan dari Google Formulir

Selain mempunyai Kelebihan, aplikasi berbasis web ini juga mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bukan Menyediakan Survei Skala Thurstone

Google form hanya menyediakan 10 batasan skala linear saja, dan Bukan lebih dari itu. Bagi yang Bukan mengetahui apa itu skala thurstone, Merukapan model skala yang disusun dengan memilih butir yang berbentuk skala Selang.

2. Bukan menggunakan Equation

Kelemahan yang berikutnya adalah Bukan dapat menggunakan equation secara langsung. Kepada google form sendiri belum mengakomodasi simbol matematika dalam pembuatan formulir -nya.

Konklusi

  • Google form adalah aplikasi berbasis web yang termasuk dalam G – Suite yang berfungsi Kepada pembuatan survei secara online.
  • Fungsi dari form ini sangat bervariatif, mulai dari pembuatan kuesioner, informasi kontak, lembar kerja, pendaftaran kerja, dan pembelian produk.
  • Langkah Membangun google form sangatlah mudah, cukup dengan mempersiapkan akun google anda, kemudian masuk pada aplikasi dan buat sesuai dengan template dan model pilihan yang tersedia. Setelah itu, anda dapat mengirim form dan mendapatkan link Kepada dibagikan kepada responden.

Sandi Dharma membuka jasa pembuatan website custom dan profesional di Kota Malang. Apabila anda berminat, silakan hubungi kami melalui kontak yang telah tersedia, atau ajukan proposal anda terlebih dahulu.