Landing page terdapat pada halaman Istimewa sebuah website yang Mempunyai peran Buat meningkatkan prospek pemasaran suatu bisnis atau perusahaan dengan menggunakan jaringan internet atau situs jejaring sebagai salah satu Langkah Buat menarik konsumennya. Penggunaan landing page sebagai strategi pemasaran digital faktanya dapat meningkatkan potensi konsumen. Pada dunia pemasaran online, landing page sangat dibutuhkan Buat meningkatkan konversi penjualan.
Apa Itu Landing Page?
Landing page adalah sebuah halaman situs website yang dibuat Tertentu Buat sebuah marketing campaign atau iklan. Halaman landing page ini akan muncul ketika konsumen meng-klik tautan yang mereka dapatkan dalam surel, media sosial maupun iklan dalam media lainnya. Landing page ini berisi mengenai penawaran produk atau jasa, Langkah mendaftarkan akun hingga diskon menarik. Halaman ini akan menjadi tolok ukur seberapa menarikkah situs tersebut dapat menarik pengunjung Buat melakukan tindakan (conversion rate). Pada halaman ini, pengunjung juga akan dimintai data pribadi mulai dari nomor telepon, jenis kelamin, usia dan sebagainya ketika pengunjung akan mendaftarkan diri.
Menurut Smart Bug Media, landing page umumnya Mempunyai dua kriteria Istimewa Ialah:
- Mempunyai formulir isian yang memungkinkan pengunjung Buat diisi oleh calon pelanggan seperti alamat surel atau nomor telepon yang akan mendapat kiriman iklan atau kampanye bisnis
- Mengubah pengunjung menjadi prospek atau Sasaran pasar dengan mengarahkan ke situs Istimewa yang berisi produk barang atau layanan tertentu.
Manfaat Landing Page
1. Sarana Promosi
Sebagai sarana promosi, landing page, dapat menampilkan informasi singkat dengan tulisan yang besar terkait promosi yang tengah berlaku. Meskipun terdapat beberapa promo yang berlaku, tonjolkanlah salah satu jenis promo saja.
2. Meningkatkan Conversion Rate
Dalam meningkatkan conversion rate, pengunjung Enggak hanya akan mengunjungi situs landing page. Pengunjung diharapkan juga akan melakukan aksi seperti berlangganan newsletter atau Membangun akun. Conversion rate yang tinggi akan mendorong pengunjung masuk ke marketing funnel yang lebih dalam.
3. Mendapatkan Data Leads
Pada umumnya landing page akan meminta informasi pengunjung, mulai dari nama, email hingga jenis kelamin. Setidaknya, anda telah Mempunyai informasi dasar mengenai pengunjung situs yang dapat digunakan Buat melakukan analisis lebih lanjut.
Langkah Kerja Landing Page
- Konsumen akan Menyaksikan adanya ajakan call to action (CTA) dan berakhir di sebuah landing page melalui pengisian formulir
- Konsumen tersebut mengisi formulir dan landing page mengubah seseorang tadi dari mulanya sebagai pengunjung menjadi prospek bisnis
- Informasi dari formulir yang telah diisi kemudian disimpan dalam database prospek perusahaan
- Perusahaan melalui kampanye pemasaran digital mulai memasarkan produk kepada kontak atau prospek berdasarkan isian formulir yang telah diisi sebelumnya.
Perbedaan Landing Page dan Homepage
Landing page | Homepage |
Enggak Mempunyai navigasi | Mempunyai navigasi |
Lewat lintas berasal dari iklan | Lewat lintas berasal dari banyak sumber |
Terpisah dari situs jejaring Istimewa dari sebuah bisnis | Merupakan halaman depan sebuah situs jejaring bisnis |
Mempunyai satu tujuan (mengumpulkan informasi Buat kampanye) | Mempromosikan penjelajahan situs jejaring bisnis |
Lebih sedikit tautan atau bahkan hanya satu tautan Buat konversi pengguna ke arah CTA (Misalnya: “Unduh e-book gratis kami) | Terdapat banyak tautan konten (Misalnya: “Pelajari lebih lanjut–” |
Jenis-jenis Landing Page
- Lead generation
Landing page jenis ini Mempunyai bentuk seperti sebuah format formulir. Halaman ini dikhususkan Buat mendapatkan data dari lead.
- Click Trough
Landing page ini menarik pengunjung Buat meng-klik halaman lainnya yang tersedia.
Prinsip Dasar Membangun Landing Page
- Layout Landing Page
Buatlah judul dan deskripsi yang Terang, penampilan yang atraktif juga menjadi hal yang Krusial dalam landing page. Hal ini dilakukan agar dapat mengkomunikasikan penawaran yang Anda buat kepada para pengunjung website secara Segera dan efektif.
- Konten Formulir Aplikasi
Buatlah desain formulir Buat mendapatkan data dari pengunjung website, sehingga Anda Dapat memperoleh informasi yang diperlukan Buat dimanfaatkan dalam strategi marketing. Pastikan formulir tersebut dapat membangun Interaksi antara anda dengan pengunjung website.
- Struktur Formulir Aplikasi
Formulir tersebut harus terstruktur secara rapi dan ramah terhadap pengguna. Hindari pembuatan formulir yang terlalu panjang dan invasif.
- Formulir Aplikasi
Pastikan pengunjung website berfokus pada formulir tersebut dan mengisinya. Buanglah elemen-elemen dan tautan yang dianggap mengganggu dan yang dapat mengalihkan perhatian pengunjung website. Letakkan formulir tersebut pada bagian yang Pas dan masuk Pikiran.
Interaksi Landing Page dengan Penjualan
Agar penjualan dapat meningkat, anda dapat mengoptimasi landing page dan mengumpulkan kontak. Setelah kontak terkumpul, anda dapat menawarkan promosi melalui email maupun dengan mengirimkan pesan melalui nomor telepon pengunjung website. Terdapat dua Tanda khas yang paling Krusial dalam melaksanakan promosi yang bagus yakni
- Kerangka Waktu yang Pas
Faktanya, sebanyak 78% penjualan berawal dari ketertarikan secara online, yang didukung dengan respon yang Segera. Idealnya, kirim email kepada pengunjung website Anda maksimal satu hari setelah Anda mendapatkan data kontak mereka. Apabila Anda Dapat, Anda punya Kesempatan besar Buat menjual produk atau jasa anda.
- Orientasi Efektif Buat Audiens Sasaran
Enggak Eksis Elemen yang lebih Krusial daripada kerangka waktu yang Pas dan perencanaan email kampanye yang Bagus kepada Sasaran marketing anda. Email ataupun pesan yang anda kirimkan harus menarik pengunjung website dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat mereka. Dengan demikian, mereka akan tertarik Buat membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.
Peran landing page tentunya sangat mendukung perusahaan Buat mencapai Sasaran pasar. Tak hanya itu, bagi calon pelanggan, keberadaan landing page dapat memudahkan mereka Buat bergabung atau berlangganan secara lebih Segera dan efisien.