Akademi Manajemen Informatika

Ketika membangun sebuah brand, tentunya Anda Ingin brand tersebut dikenal khalayak secara luas. Nah, karena itulah merk atau brand awareness adalah hal yang sangat Krusial bagi suatu perusahaan. 

Dengan begitu, brand Anda pun akan terlihat lebih standout dan dipilih banyak orang dibanding dengan kompetitor lainnya.

Lantas sebenarnya, apa itu brand awareness? Lewat, seberapa Krusial hal ini dalam bisnis? Kami akan menguraikan dengan lengkap tentang Definisi brand awareness, manfaat, dan piramida nya. Yuk, simak!

Apa itu Brand Awareness?

Brand Awareness artinya adalah suatu istilah atau kata yang merujuk pada kemampuan konsumen dalam mengenal suatu produk atau brand melalui Tanda khas yang digunakan, Berkualitas berupa logo, Corak khas, dan lain sebagainya. 

Brand awareness menurut para Ahli seperti Kevin Keller dan David Aaker Mempunyai penafsiran yang Variasi. Kevin Lane Keller dalam Strategic Brand Management mendeskripsikan bahwa brand awareness adalah gabungan antara dua aspek Esensial Yakni brand memory atau brand recall dan brand recognition. 

  • Brand memory/recall: Kemampuan suatu merek dapat diingat kembali oleh ingatan kita.
  • Brand recognition: kemampuan Kepada mengonfirmasi pengetahuan kita tentang merek tertentu ketika kita berhubungan atau bersinggungan dengan merek tersebut.

Kemudian David Aaker dalam bukunya yang berjudul “Aaker on Branding” mengemukakan bahwa pengertian brand awareness adalah salah satu langkah Krusial Kepada membangun brand equity. Brand equity atau ekuitas merek merujuk pada Langkah pelanggan Memperhatikan value suatu brand.

Demi akan membeli suatu produk, biasanya konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu mengenai produk yang akan digunakan. Nah, di sinilah peran brand awareness sangat Krusial. Ketika suatu brand Mempunyai tingkat kesadaran merek yang Berkualitas, maka akan berpengaruh terhadap Bilangan penjualan.

Demi ini, Dapat dikatakan bahwa brand awareness adalah hal yang merefleksikan performa pasar. Sehingga perusahaan-perusahaan saling berkompetisi Kepada mendapatkan atensi pelanggan dengan meningkatkan intensitas iklan dan memperbanyak promosi. 

Singkatnya, meningkatkan brand awareness sangat Krusial dalam mendorong orang atau Sasaran Kepada membeli suatu produk tertentu. Indikator brand awareness sendiri Dapat diukur dengan jumlah orang yang mengenal suatu brand.

Baca Juga: Content Marketing Kepada Meningkatkan Strategi Bisnis

Manfaat Brand Awareness

Setelah mengetahui apa itu brand awareness secara lengkap, selanjutnya kita akan membahas tentang pentingnya kesadaran merek dengan menguraikan beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Traffic ke Website

Melakukan kampanye kesadaran merek yang kuat dapat membantu meningkatkan traffic website secara organik. Jadi, kita dapat menggunakan tingkat pencarian suatu brand sebagai metrik Kepada mengukur brand awareness.

Mengingat Demi ini mayoritas konsumen cenderung membeli suatu produk dengan merek yang diketahui melalui website, maka kampanye sangatlah Krusial dilakukan. Kepada merasakan hasil dari kampanye yang telah dilakukan secara organik memang Enggak Dapat instan.

READ  Pengertian, 3 Aspek, Fungsi, serta Kelebihannya

Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam membangun kesadaran merek. Ketika kesadaran merek perlahan Dapat dibangun dengan optimal, maka tingkat penjualan dan loyalitas pelanggan dapat meningkat secara bertahap.

2. Membangun Kepercayaan Konsumen

Dengan semakin dikenalnya merek oleh masyarakat, maka tingkat kepercayaan konsumen pun ikut naik. Ketika tingkat kepercayaan konsumen sudah terbangun makan pelanggan Enggak perlu melakukan cross-check atau riset mengenai suatu brand Demi akan membeli produk atau memakai jasa.

3. Meningkatkan Gambaran Suatu Merek

Kesadaran merek dan Gambaran merek merupakan dua hal yang berbeda. Meski begitu, keduanya merupakan komponen yang Enggak dapat dipisahkan.

Gambaran merek berfokus pada impresi pelanggan terhadap suatu brand. Kesadaran merek Enggak mungkin bertahan lelet tanpa Gambaran merek yang bagus. Jadi, Demi brand owner Membikin kampanye brand awareness, Gambaran merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.

4. Membantu Penciptaan Konten dan Produk yang Lebih Berkualitas

Ketika membangun kampanye akan kesadaran merek, pelaku usaha dapat mengumpulkan data-data tentang pelanggan melalui riset yang dilakukan.

Nah, melalui data-data yang telah didapatkan, maka dapat dilakukan penyesuaian dalam upaya marketing, konten, layanan, dan produk Kepada merespons kebutuhan konsumen.

5. Meningkatkan Penjualan

Dapat dikatakan bahwa kesadaran merek merupakan dasar dari strategi pemasaran. Diperlukan kesadaran merek yang kuat Kepada mendapat kepercayaan pelanggan sehingga Dapat mendorong calon pelanggan Kepada membeli produk atau memakai jasa suatu brand perusahan.

Pentingnya Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek adalah seberapa kenal konsumen dengan merek Anda. Brand awareness sangat Krusial karena:

1. Meningkatkan Kesempatan penjualan

Konsumen lebih cenderung membeli dari merek yang mereka kenal dan percayai. Sehingga loyalitas konsumen terhadap produk anda akan semakin besar.

2. Membangun loyalitas pelanggan

Pelanggan yang loyal membeli kembali dan merekomendasikan merek Anda. Semakin besar loyalitas konsumen anda, maka akan semakin sering mereka merekomendasikan produk anda kepada orang lain.

3. Meningkatkan reputasi merek

Reputasi merek yang positif menarik Bakat terbaik dan Kesempatan bisnis. Merek dengan reputasi yang Berkualitas akan lebih dipercaya oleh calon konsumen.

4. Membedakan dari pesaing

Membantu Anda menonjol di pasar yang ramai. Produk anda Mempunyai orisinalitas yang Berkualitas dan Enggak meniru atau mudah ditiru oleh produk kompetitor.

5. Mempermudah peluncuran produk baru

Konsumen lebih tertarik mencoba produk baru dari merek yang dikenal. Dengan loyalitas dan reputasi yang Berkualitas, maka konsumen akan semakin mengikuti perkembangan produk anda.

Membangun brand awareness membutuhkan usaha, Tetapi hasilnya sepadan Kepada kesuksesan bisnis jangka panjang.

READ  Fungsi, Metode Kerja, Metode Install, Bedanya dengan SSH

Piramida Brand Awareness

Kesadaran merek terbagi atas tiga tahapan dalam satu piramida. Berikut rinciannya:

1. Unaware of Brand

Kedudukan paling Dasar adalah unaware of the brand. Pada tahap ini, seseorang Enggak Paham atau Enggak Mempunyai pengetahuan akan satu merek tertentu.

Umumnya, merek yang terdapat pada tahap ini adalah yang baru launching sehingga masyarakat belum paham brand atau merek tersebut.

2. Brand Recognition

Tahapan ini merupakan Kedudukan minimum pada kesadaran merek. Pada tahap ini, seseorang Bisa mengenali produk dengan Menyaksikan Tanda khasnya seperti logo, iklan, dan lain sebagainya.

3. Brand Recall

Brand recall merupakan tahapan dimana seseorang Bisa mengenali suatu merek tanpa adanya Donasi. Jadi, walaupun mereka Enggak Menyaksikan logo, Corak, dan lain sebagainya.

4. Top of Mind

Top of mind merupakan Kedudukan paling atas dari piramida kesadaran merek. Tahap ini terjadi ketika seseorang akan langsung mengingat suatu brand Kalau mendengar atau Menyaksikan satu kategori tertentu. 

Teladan brand awareness pada tahap ini adalah merek Aqua, di mana ketika orang mendengar nama air mineral maka akan langsung teringat aqua.

Baca juga: Apa itu STP Marketing? Ini Manfaatnya Kepada Bisnis!

Tolok Ukur Brand Awareness

Eksis beberapa jenis tolok ukur brand awareness yang dapat anda gunakan. Berikut adalah beberapa jenis tolok ukur brand awareness yang paling Standar.

1. Pengenalan merek

Persentase konsumen yang mengenali merek anda. Seberapa banyak konsumen yang mengetahui merek atau brand produk anda. Semakin banyak orang yang mengetahui produk anda, maka akan semakin Berkualitas pula brand awareness yang diterapkan pada produk tersebut.

2. Ingatan merek

Persentase konsumen yang dapat mengingat merek anda tanpa Donasi. Ingatan masyarakat secara Standar terkait produk anda juga menjadi ukuran seberapa berhasil brand awareness pada produk yang anda pasarkan

3. Persepsi merek

Bagaimana konsumen Memperhatikan merek anda. Hal-hal seperti user experience dan interface sangat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang dipasarkan.

4. Loyalitas merek

Seberapa besar kemungkinan konsumen membeli dari anda Tengah atau merekomendasikan Anda kepada orang lain. Melalui persepsi yang Berkualitas, konsumen akan mempertimbangkan apakah ia akan memakai produk anda kembali atau Enggak. Apabila persepsi brand anda Berkualitas maka loyalitas konsumen juga akan tinggi.

5. Keterlibatan merek

Seberapa sering konsumen berinteraksi dengan merek anda. Semakin besar insight yang Eksis pada brand anda. Maka semakin besar pula keterlibatan brand anda pada konsumen dan calon konsumen.

Langkah Meningkatkan Brand Awareness

Mengetahui akan pentingnya kesadaran merek, maka para brand-owner harus memperhatikan dengan betul aspek kesadaran merek. Berikut beberapa Langkah meningkatkan brand awareness:

1. Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial dan Website

Media sosial dan website merupakan dua hal yang Enggak dapat dipisahkan. Dua hal ini berperan Krusial dalam strategi marketing. Ketika berupaya meningkatkan kesadaran merek, maka media sosial dan website harus dioptimalkan. 

READ  Kuasai 5 Skill Krusial Seorang Human Resources

Anda harus memanfaatkan setiap fitur yang Eksis pada media sosial sebagai langkah Kepada meningkatkan brand awareness  produk Anda. 

2. Menggunakan Konten Marketing yang Berkualitas

Konten yang menarik sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kesadaran merek. Dalam pembuatan konten, hindari penggunaan kata-kata monoton yang dapat memicu kebosanan pembaca atau pelanggan. 

Gunakan storyline Demi memungkinkan ketika Membikin konten sehingga pembaca konten Dapat dengan mudah menangkap maksud konten dan Enggak merasa Jenuh. Dengan begitu, selain mendapat pelanggan, secara Enggak langsung Anda juga telah melakukan upaya meningkatkan brand awareness.

3. Menerapkan SEO

Contoh serp yang menampilkan website yang menerapkan seo
Teladan hasil SERP dari implementasi SEO (Sumber: smartinsights)

Demi ini, banyak sekali brand yang Dapat Anda temukan di internet. Kepada memunculkan brand Anda pada mesin pencarian membutuhkan usaha yang lebih karena Bertanding dengan puluhan ribu brand yang beredar. Nah, di sinilah SEO berperan dalam membantu brand Anda muncul dalam mesin pencarian dengan keyword-keyword tertentu. 

Penerapan SEO memungkinkan Anda Kepada mengoptimalkan website brand sehingga traffic website Anda Dapat meningkat. Ketika traffic website Anda meningkat maka, jangkauan pasar brand juga akan lebih luas. 

4. Lakukan Kerjasama dengan Influencer

Melakukan kerjasama dengan influencer merupakan trend yang berkembang Demi ini. Dengan menggaet influencer, terbukti telah Memajukan brand awareness beberapa produk terkenal. Para pelaku usaha rela Kepada mengeluarkan biaya tinggi karena Mempunyai timbal balik yang besar pula.

Demikian penjelasan mengenai brand awareness beserta pengertian, fungsi, dan 4 Langkah Kepada meningkatkan yang telah diuraikan detail. Jadi, Dapat disimpulkan bahwa brand awareness Mempunyai peran Krusial dalam meningkatkan kesadaran konsumen dan calon konsumen terhadap suatu produk.

Brand awareness menjadi tolok ukur bagi keberhasilan suatu produk dalam menjangkau calon konsumen dan meyakinkan konsumen Kepada tetap menggunakannya. Selain itu suatu brand awareness yang Berkualitas pada suatu produk dapat mempengaruhi berkembangnya produk yang lain.

Upaya mengoptimalkan kesadaran merek harus Lanjut dilakukan sehingga masyarakat luas Dapat mengetahui brand tersebut. Ketika kesadaran merek sudah optimal maka tingkat penjualan juga akan naik.

Salah satu Langkah Kepada meningkatkannya hal tersebut adalah dengan Mempunyai website perusahaan. Dengan perusahaan Mempunyai website, terutama telah teroptimasi dengan Berkualitas maka dapat mudah ditemui pada mesin pencari. Kalau Anda memerlukan Jasa Pembuatan Website yang teroptimasi dengan Berkualitas.

Segera hubungi kami Kepada mendapatkan informasi lebih lengkap!