Akademi Manajemen Informatika

Knowledge management system
Knowledge Management System © Freepik

Apa itu Knowledge Management System?

Knowledge Management System adalah adalah metode pеngidеntifikasi, pеngumpulan, dan mеndorong pеnggunaan knowlеdgе yang Terdapat dalam pеrusahaan guna mеmbantu pеrusahaan mеmеnangkan pеrsaingan bisnis. Dengan segala sistem TI, metode ini membantu para SDM yang Terdapat pada perusahaan Kepada dapat memaksimalkan kinerja nya. 

Secara garis besar, tujuan dari Knowledge Management System adalah meningkatkan dan memaksimalkan produktivitas para pekerjanya.

Hasil kerja mereka ber-impact langsung pada kepuasan customer, sehingga SDM Bisa Bertanding secara kualitas dan kuantitas.

3 Unsur KMS

Dalam pelaksanaannya, Knowledge Management System Mempunyai beberapa Unsur yang mempengaruhi output hasilnya. Berikut adalah ketiga Unsur knowledge management system.

People

Yang dimaksud disini adalah orang-orang yang mahir dan Mempunyai pengetahuan dalam mengelola sistem tersebut. Orang-orang ini Mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam mengatur sebuah organisasi. Sehingga Bisa menyebarkan pengetahuan kepada sesama Member.

Process

Unsur yang satu ini memastikan agar implementasi dari penyebaran pengetahuan pada sistem optimal dan juga berkomitmen pada proses yang melibatkan penyebaran tersebut.

Technology

Kepada Unsur yang ketiga ini, berfungsi sebagai media dari penyebaran pengetahuan tersebut. Media ini memerlukan orang yang terampil dan Ahli dalam mengurusnya. Media ini memerlukan Variasi alat Kepada memfasilitasi jalannya penyebaran pengetahuan tersebut.

Manfaat Knowledge Management System

Perusahaan membutuhkan pengetahuan yang cukup luas Kepada mewujudkan bisnis atau perusahaan yang berproses dengan Bagus, tentunya.

Menerapkan Knowledge Management System menjadi salah satu hal yang perlu dalam sistem perusahaan. Berikut merupakan manfaat dari KMS :

1.Meningkatkan kinerja karyawan 

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan bukan hanya menjadi tanggung jawab customer service dan staf pemasaran.

Tetapi ini adalah tanggung jawab Serempak dari Seluruh departemen organisasi. Artinya Terdapat kerjasama yang Bagus antar bidang usaha. Sehingga membangun tim kerja yang kuat, Enggak hanya mempertimbangkan kepentingan sendiri

READ  Pahami Fungsi, 3 Jenis, Langkah Kerjanya dengan Mudah

2. Meningkatkan Proses Pengambilan Keputusan 

Demi mewujudkan bisnis yang kompetitif, Knowledge Management System membantu sebuah perusahaan Kepada mengambil beberapa keputusan Krusial.

Pengambilan keputusan yang lebih Bagus. Berdasarkan informasi dan knowledge serta pengalaman aktual perusahaan, pengambil keputusan Mempunyai dasar yang lebih Bagus sehingga Bisa mencapai tujuan perusahaan secara optimal. 

3. Menciptakan Ciptaan dan Perubahan 

Melahirkan ide-ide dan teknologi baru dengan Metode menciptakan kondisi baru yang mendorong meningkatkan kreativitas dan mengembangkan ide-ide baru.

Knowledge Management System memberikan impact pеningkatkan kinеrja bisnis mеlalui pеrbaikan pada kеmampuan, sikap dan tingkah laku karyawan

4. Penghematan waktu dan biaya

Berdasarkan sumber pengetahuan yang terstruktur dengan teratur dan Bagus, maka perusahaan akan lebih mudah Kepada mengembangkan pengetahuan tersebut Kepada konteks yang lainnya, sehingga tentu saja perusahaan nantinya  akan dapat menghemat waktu dan biaya

Teladan Knowledge Management System 

1. SurveyMoney

Basis pengetahuannya memungkinkan pengguna Kepada mencari survey terkait masalah keuangan perusahaan berdasarkan kata kunci atau topik yang sesuai dan relevan.

2. Canva

Sangat mudah dinavigasi serta dicari basis pengetahuannya. Canva juga Mempunyai user interface yang Bagus sehingga lebih banyak pengetahuan yang dapat diakses.

3. Optimizely 

Basis pengetahuannya menawarkan berbagai fitur: akademi, Lembaga komunitas, sertifikasi, dokumentasi pengembang, dan banyak Tengah

4. Microsoft 

Basis pengetahuannya disusun dalam video, pelatihan, dan bahkan pembicaraan yang bermanfaat dengan manajer produk

5. Google Analytics

basis pengetahuannya menawarkan mesin telusur prediktifnya sendiri

6. Evernote 

basis pengetahuannya Enggak hanya mencakup sumber daya yang bermanfaat tetapi juga petunjuk yang Terang tentang Metode menghubungi perusahaan

READ  #29: Defer, Panic, & Recover - Belajar Golang Dari Dasar

Aplikasi Knowledge Management System

Knowledge Management System adalah sistem dengan pendekatan Kepada mengidentifikasi, menangkap, mengevaluasi, mengambil, dan berbagi Seluruh pengetahuan dan aset perusahaan.

Database, Arsip, kebijakan, Mekanisme, dan keahlian serta pengalaman yang sebelumnya belum pernah diambil dari masing-masing pekerja merupakan beberapa Teladan aset perusahaan.

Tentu saja membutuhkan aplikasi Kepada menjalankan sebuah Knowledge Management System. Berikut adalah list aplikasi pendukung :

1. eXo

Exo
eXo © eXo developers documentation

eXo menawarkan kolaborasi Arsip dengan kontrol versi dan izin akses. Terdapat aplikasi kalender dan obrolan Kepada kolaborasi. Dengan menyesuaikan manajemen tugas serta alur kerja. Bahkan eXo juga menyertakan CMS. Dan aplikasi iOS dan Android Asal.

Dengan Platform eXo Anda Bisa Membikin situs berbasis portal dan internet yang Kondusif dimana dapat dapat membangun potensi karyawan dalam perusahaan Kepada bertukar pengetahuan, Arsip, bekerja secara kolaboratif, manajemen tugas

2. Slack 

Slack
Slack Interface © Slack

Slack mungkin Enggak mengklaim dirinya sebagai software manajemen pengetahuan.Tetapi Terdapat beberapa fungsi berbagi pengetahuan yang sangat Bagus di Slack, bahkan di versi gratis.

Seperti halnya eXo, Slack adalah platform kolaborasi sosial. Fungsi utamanya, tentu saja, adalah obrolan.

Slack Bisa menampung kapasitas sebesar 10 ribu pesan terbaru dan hingga 5GB file per tim. Terdapat aplikasi Kepada iOS, Android, Mac & Windows.

Tentu saja terintegrasi dengan berbagai aplikasi yang berbeda. Peningkatan versi yang berbayar akan memberi Anda penyimpanan pesan tak terbatas, integrasi aplikasi tak terbatas, dan penyimpanan file yang lebih banyak. 

3. Google Drive 

Googledrive pointstar ezgif. Com jpg to webp converter
Google Drive © PointStar

Google drive sangat mudah Kepada dimodifikasi Kepada pengatahuan dan Lembaga bagi anda sendiri. Kalau team anda Ingin mengakses folder pekerja anda, maka team anda harus mengajukan request akses terlebih dahulu, hal ini tentu saja menjamin keamanan data anda nantinya.

READ  #22: Function Return Value - Belajar Golang Dari Dasar

Tetapi, sebagian besar dari kita Mempunyai akun Google dan login di dalam akun google tersebut. Di dalam Google Drive Anda dapat Membikin basis pengetahuan dan membuatnya available Kepada Standar tanpa harus masuk atau mendaftar Kepada, secara Spesifik dengan Membikin folder Anda tersedia secara publik di web.

Drive menawarkan aplikasi seluler Asal Kepada Android, IOS, Windows, dan Mac. Kepada memutuskan siapa yang Bisa mengakases Menyaksikan, mengomentari, dan mengedit Arsip, anda dapat melakukan setting atau pengaturan izin akses, pada folder yang sudah anda buat.

Fitur Google Drive antara lain mencakup obrolan dalam Arsip, mengembalikan ke versi sebelumnya, siapa yang terakhir mengubah atau mengedit Arsip tersebut.

Tentunya Terdapat kalender yang terintegrasi. Drive memberikan layanan pengelolaan tugas melalui gmail atau menggunakan google extension chrome yang terhubung dengan google drive. 

Hasil

Knowledge Management System adalah metode TI yang menyimpan dan mengambil pengetahuan Kepada meningkatkan pemahaman, kolaborasi, dan penyelarasan proses antar individu. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh dalam implementasi proses bisnis, jasa, dan produk mereka. 

Kepada menciptakan KMS yang produktif dan kompetitif, memerlukan beberapa tools atau alat pendukung didalamnya.

Banyak tools yang gratis hingga berbayar, Tetapi hal tersebut Enggak menjadi hambatan kita Kepada menerapkan KMS dalam bisnis kita. Perusahaan perlu menerapkan KMS Kepada mempertahankan dan meningkatkan daya Bertanding.

Sandi Dharma menawarkan solusi aplikasi audit internal Kepada mencapai manajemen kinerja perusahaan yang maksimal. Segera hubungi kontak yang tersedia dan diskusikan Serempak tim kami.