Marketing atau pemasaran merupakan hal Krusial dalam perusahaan startup. Setiap perusahaan startup akan melakukan teknik marketing atau pemasaran Kepada mempromosikan serta menjual berbagai produk atau layanan jasa mereka. Dalam melakukan pemasaran tersebut, sebuah perusahaan startup tentunya memerlukan peran besar dari divisi marketing. Dalam struktur organisasi perusahaan startup, divisi marketing umumnya dipimpin oleh seorang CMO. Kagak kalah pentingnya dengan COO, CFO, dan CTO, CMO adalah salah satu divisi Krusial dalam menunjang keberhasilan perusahaan startup.
Lantas apa itu CMO? Apa perbedaan CMO & CFO? Apa peran dan tugas CMO dalam perusahaan startup? Apa saja kualifikasi skill yang harus dimiliki oleh seorang Chief Marketing Officer ? Serta siapa saja Misalnya CMO di dunia yang memegang perusahaan startup terkenal? Dalam artikel berikut, pertanyaan-pertanyaan diatas akan dijawab dengan komprehensif. Mari baca dengan seksama.
Apa itu CMO
CMO adalah singkatan dari Chief Marketing Officer. CMO adalah level eksekutif ketiga dibawah CEO (Chief Executive Officer) dan COO. Chief Marketing Officer Mempunyai kewajiban melaporkan segala kegiatan marketing kepada COO (Chief Operating Officer) sekaligus CEO perusahaan. Secara sederhana, tugas CMO adalah bertanggung jawab pengembangan dan pengawasan divisi pemasaran dan periklanan dalam perusahaan startup. Kagak hanya bertugas dalam tanggung jawab divisi pengembangan dan pengawasan divisi marketing, Chief Marketing Officer juga berperan besar dalam memfasilitasi pertumbuhan dan kenaikan penjualan produk.
Hal ini dilakukan oleh CMO dengan mengembangkan strategi marketing secara komprehensif yang dimana strategi tersebut diharapkan dapat mempromosikan brand recognition dan membantu perusahaan startup dalam Bertanding. Di berbagai startup Chief Marketing Officer juga dikenal dengan nama lain, seperti Marketing Director, Dunia Marketing Officer, Tiba Vice Marketing President.
Baca Juga: Chief Product Officer (CPO): Pengertian, Tugas, Keterampilan, dan Gaji
Tugas CMO
Secara sederhana, tugas Chief Marketing Officer telah dijabarkan pada pengertian CMO diatas. Tetapi, terdapat tugas detail lain yang harus diperhatikan sebagai Chief Marketing Officer. diantaranya, peran dan tugas CMO adalah:
1. Brand Management
Brand Management atau dalam bahasa Indonesia juga disebut sebagai Manajemen Brand merupakan tugas CMO yang merujuk pada bagaimana Chief Marketing Officer membangun dan mengembangkan Rekanan/Interaksi antara produk perusahaan dengan Sasaran pasar. Dalam manajemen Brand, umumnya Chief Marketing Officer akan bereksperimen terkait personal experience para Sasaran pasar.
Selain itu, Brand Management juga erat dengan tiga hal Krusial. Tiga hal Krusial tersebut adalah produk, harga, dan packaging. Seorang Chief Marketing Officer harus siap dalam melakukan adaptasi sesuai dengan update kebutuhan dan keinginan Sasaran pasar yang merujuk pada urgensi harga dan keergonomisan packaging. Tiga hal Krusial dalam Brand Management tersebut saling berkaitan satu sama lain Kepada dalam membentuk brand awareness dan branding image.
2. Market Research
Market Research atau yang dikenal juga sebagai Riset Pasar adalah salah satu aktivitas tugas CMO yang harus dilakukan sebelum melaksanakan Brand Management. Market Research merujuk pada proses Chief Marketing Officer dalam mengumpulkan informasi krusial tentang Sasaran pasar dari sebuah produk. Ketika sebuah perusahaan hendak Membangun produk baru, Chief Marketing Officer harus bertanggung jawab penuh akan bagaimana nantinya produk baru tersebut Pandai masuk dengan selera pasar. Oleh Asal Mula itu, sebelum melaksanakan Brand Management, Chief Marketing Officer harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar tersebut kemudian menjadi acuan CMO dalam menentukan harga Tiba bentuk packaging dalam Brand Management.
3. Marketing Communications
Setelah melakukan riset pasar, dan manajemen brand, tugas Krusial selanjutnya yang harus dilakukan oleh CMO adalah melakukan Marketing Communications. Marketing dalam bahasa Indonesia disebut juga komunikasi pemasaran. Marketing Communications identik dengan bagaimana Chief Marketing Officer berkomunikasi serta menginformasikan Keistimewaan penjualan dari suatu produk kepada Sasaran pasar mereka.
Dari tugas marketing communications ini, biasanya Chief Marketing Officer akan memunculkan aksi spesial seperti pengiklanan (advertising), penjualan langsung (direct marketing), Tiba memasang sponsor pada acara (sponsored events). Tujuan Penting dalam marketing communications adalah bagaimana Chief Marketing Officer dapat menyebarkan informasi penjualan produk kepada khalayak luas. Hal ini dengan Asa dapat meningkatkan dan memperluas Sasaran pasar.
4. Product Management
Ketika CMO telah melaksanakan ketiga tahap tugas Penting diatas, maka siklus tugas terakhir dari Chief Marketing Officer berikutnya adalah, Product Management. Product Management dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan manajemen produk. Product Management dalam hal ini berkaitan dengan bagaimana produk tersebut dapat dikembangkan atau dimaintenance teknis pemasaranya atau bahkan malah memutuskan Kepada Membangun produk baru.
Sederhananya, Product Management merujuk pada bagaimana Chief Marketing Officer dapat memaksimalkan pendapatan dan market share sebuah produk. Selain itu, dalam upaya pemasaran tingkat lanjut Product Management juga berkaitan dengan bagaimana Chief Marketing Officer mengawasi persaingan pasar, Tiba mengolah feedback pelanggan. Ketika memutuskan Kepada Membangun produk baru, maka dalam product management CMO bertugas dalam mencatat dan mempertimbangkan segala kekurangan yang Eksis dalam produk sebelumnya Kepada nantinya dapat ditingkatkan dan dikembangkan lebih lanjut dalam produk baru tersebut.
Baca Juga: Profesi CFO, Peran yang Pandai Memproyeksikan Keuangan Perusahaan
Kualifikasi Skill CMO
Kepada melaksanakan tugas kompleks diatas, maka Kepada menjadi seorang Chief Marketing Officer harus Mempunyai dan mencukupi beberapa kualifikasi skill. Berikut beberapa kualifikasi skill yang harus dimiliki oleh CMO adalah:
1. Rencana Strategist
Mengingat tugas dan peranan Krusial yang dimiliki oleh CMO dalam penjabaran diatas, maka dapat disimpulkan bahwa seorang Chief Marketing Officer harus Pandai Membangun strategi perencanaan yang Bagus. Strategi perencanaan tersebut meliputi perencanaan branding, perencanaan marketing, Tiba perencanaan manufakturing produk.
2. Data Science
Dalam Membangun strategi perencanaan, seorang CMO harus Pandai mengolah berbagai data. Kagak hanya Pandai mengolahnya, Chief Marketing Officer juga harus Pandai menginterpretasi dan menganalisa data tersebut. Data tersebut yang kemudian dapat digunakan oleh Chief Marketing Officer Kepada menentukan dan mengembangkan strategi perencanaan branding, marketing, dan perencanaan manufakturing produk.
3. Inovatif Thinking
Dalam tugasnya Brand Management, Marketing Communications, Tiba Product Management CMO juga harus mempunyai pemiikiran-pemikiran yang inovatif. Chief Marketing Officer harus Pandai merumuskan Penemuan-Penemuan Krusial terkait bagaimana perusahaan melakukan komunikasi, branding, dan produk manajemen. Penemuan berkaitan erat dalam menentukan persaingan dengan kompetitor. Tak khayal Kepada meningkatkan brand awareness, pemasaran harus dilakukan dengan mengikuti trend yang berlaku pada masyarakat.
4. Adaptable
Pergerakan teknologi digital, dan persaingan bisnis yang ketat mengharuskan CMO Kepada Mempunyai sifat adaptable atau mudah beradaptasi dalam setiap persaingan dan trend pada bisnis. Skill adaptable berkaitan erat dengan inovatif thinking.
Baca Juga: Data Science: Ilmu Baru Dalam Dunia Digital
Misalnya CMO
Dalam dunia startup, Chief Marketing Officer memerankan peranan Krusial dalam memasarkan produk dan juga mewakili Paras perusahaan dalam dinamika persaingan bisnis. Terdapat banyak Chief Marketing Officer yang dapat mengubah berbagai startup dunia. Berikut beberapa Misalnya CMO dunia dan Indonesia yang memegang jabatan dalam perusahaan-perusahaan startup besar. Diantaranya adalah:
1. Tor Myhren (Apple)
Jabatan Chief Marketing Officer nya di Apple disebut sebagai Vice President of Marketing Communications. Tor Myhren Mempunyai jabatan yang lebih spesifik daripada CMO. Dia bertanggung jawab penuh dalam tugas Marketing Communications. Tor bergabung dengan Apple sejak 2016. Sebagai Kepala Komunikasi Pemasaran, Tor Myhren memimpin tim kreatif dalam Membangun dan mengembangkan periklanan Apple, desain packaging, Tiba branding pada sosial media Apple.
2. Dirk-Jan Van Hameren (Nike)
Sebagai Chief Marketing Officer, DJ van Hameren mengawasi upaya pemasaran Dunia Kepada NIKE, Inc. Sejak menjabat pada tahun 2018, DJ telah memimpin kampanye pemenang penghargaan, termasuk kampanye “Dream Crazy” yang menandai peringatan 30 tahun perusahaan NIKE. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Dunia VP/GM Nike Sportswear. DJ bergabung dengan Nike pada tahun 1992 di kantor pusat perusahaan di Eropa, dan telah memegang peran kunci dalam pemasaran merek, perdagangan digital, operasi, dan manajemen Lumrah.
3. Christian Suwarna (Traveloka)
Christ telah menjadi CMO Traveloka sejak 2019. Sebagai Chief Marketing Officer Traveloka ia berperan besar memimpin inisiatif pemasaran traveloka. Kagak hanya itu, Christian Suwarna juga berperan besar dalam mengembangkan formula branding dan marketing strategi Traveloka. Pada tahun 2020, ketika dunia mengalami pandemi, Christian Suwarna mengeluarkan banyak Penemuan bagi bisnis Traveloka demi upaya mempertahankan bertahan dari tantangan surutnya ekonomi dikala pandemi.
Christian optimis bahwa sektor pariwisata dapat bertahan dan segera Bangun pasca pandemi. Oleh Asal Mula itu dengan Penemuan Christian, Traveloka mulai mengeluarkan kebijakan-kebijakan pasca pandemi yang menuntut para rekan hotel dan penerbangan Kepada Serempak-Serempak melaksanakan protokol kesehatan. Akibat kemampuanya dalam berinovasi dan beradaptasi, Traveloka Demi ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Indonesia dalam upaya Kepada menggerakkan kembali perekonomian melalui pariwisata.
Baca Juga: Merintis Karier Menjadi CTO (Chief Technology Officer) Professional
Sandi Dharma menyediakan jasa pembuatan website profesional Kepada membantu dalam memasarkan produk atau layanan anda di mesin pencari Google secara SEO friendly.