Akademi Manajemen Informatika

Dalam suatu perusahaan, diperlukan seseorang yang mengatur jalannya proyek dari awal Tiba akhir, sehingga proyek yang berjalan dapat terorganisir dan Tak keluar dari roadmap.

Simak penjelasan lengkap mengenai Project Manager pada artikel berikut!

Apa itu Project Manager?

Project manager (PM) atau manajer proyek adalah seseorang yang berperan adalah mengatur, merencanakan, dan melaksanakan proyek dengan memperhatikan aspek Krusial seperti anggaran dan jadwal.

Manajer proyek memimpin seluruh tim, menentukan tujuan proyek, berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan, dan memantau dan memastikan proyek berjalan Fasih dari awal hingga selesai. Peran PM dibutuhkan di Nyaris Sekalian industri. 

Pada umumnya, project manager menguasai beberapa skill yang Eksis dalam perusahaan Buat mendukung perannya. Beberapa skill yang dikuasai manajemen proyek membantu mereka dalam memahami tugas setiap departemen dalam suatu proyek dan mengatur jadwal serta prioritas dari proyek yang sedang berjalan atau akan dijalankan.

Baca Juga: Mengenal Product Manager: Tugas, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karir

Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager 

Ilustrasi project manager sedang berdiskusi
Ilustrasi PM sedang berdiskusi dengan tim (from Unsplash)

Setelah mengetahui penjelasan tentang project manager, tentu Anda Ingin Paham apa saja job desk dari seorang PM.

Selanjutnya kami uraikan beberapa tugas dan tanggung jawab dari manajer proyek:

1. Merencanakan dan Mengembangkan Ide

Manajer proyek bertanggung jawab dalam melakukan koordinasi secara kontinu dengan para pemangku kepentingan perusahaan, tim yang menangani proyek, juga klein. Dalam koordinasi tersebut, PM berperan dalam mendefinisikan keinginan klien dan menyampaikannya kepada tim internal.

Setelah keinginan klien terdefinisi, selanjutnya manajemen proyek bertugas Buat merencanakan dan megembangkan ide proyek.

2. Membentuk dan Memimpin Tim

Manajer proyek bertanggung jawab atas setiap aspek proyek, termasuk memimpin tim yang Bisa memenuhi atau bahkan melampaui Asa klien sesuai dengan visi yang mereka miliki.

Diperlukan PM yang mengerti tugas setiap divisi sehingga manajemen proyek Dapat mengelola tim dengan optimal. Ketika tim membutuhkan bimbingan ataupun pembinaan, manajer proyek juga bertanggung jawab atas hal tersebut.

READ  Pengertian, Jenis, Teladan, & Manfaat

Buat membangun dan mempertahankan mentalitas tim yang Bergerak, seorang manajer proyek harus Dapat menjaga komunikasi yang terbuka dan jujur, membentuk Interaksi kerja kerja yang Bagus.

3. Memantau Progres Proyek dan Menetapkan Tenggat Waktu

Manajemen dan follow-up merupakan tugas Istimewa dari PM. Manajer proyek bertugas Membikin jadwal penyelesaian proyek yang Presisi hingga memastikan Sekalian tugas tiap divisi selesai dalam batas waktu yang telah disepakati sebelumnya.

PM juga harus sigap Kalau nantinya terjadi penundaan dari pihak klien maupun tim internal dengan Lanjut mengkomunikasikan segala progress ke klien juga tim.

4. Memecahkan Masalah yang Mungkin Timbul

Dalam setiap proyek, selalu Eksis masalah yang perlu diselesaikan. Manajer proyek Mempunyai peran yang Krusial dalam hal ini. PM sendiri adalah orang pertama dihubungi oleh klien dan tim ketika terjadi suatu masalah, sehingga manajer proyek harus Dapat mengantisipasi potensi masalah yang mungkin terjadi sebelum proyek dimulai. Sehingga sangat diperlukan kemampuan problem solving juga adaptasi yang Bagus.

Salah satu hal yang perlu diantisipasi dari manajer proyek adalah scope creep. Scope creep merupakan perubahan atau perluasan hasil proyek selama proyek berlangsung. 

Buat mengatasi masalah tersebut, project manager perlu mendefinisikan dengan Bagus proyek secara keseluruhan dengan memperhatikan aspek anggaran dan waktu penyelesaian.

5. Mengelola Anggaran

Tugas dan tanggung jawab project manager selanjutnya adalah mengelola anggaran. Manajer proyek yang Bagus harus menguasai seni efisiensi biaya.

Sehingga anggaran yang dikeluarkan perusahaan maupun klien Tak berlebihan. Dalam pengelolaan anggaran, PM harus transparan dan realistis mengenai besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh klien.

6. Menjaga Interaksi Bagus dengan Klien

Manajer proyek merupakan seseorang yang secara berkala berhadapan langsung dengan klien maupun petinggi perusahaan. Sehingga Krusial Buat menjaga Interaksi Bagus.

READ  Mengenal Metode Agile dan 12 Prinsipnya bagi Software

Kalau nantinya terjadi satu masalah ataupun rintangan yang mungkin terjadi, maka project manager dapat dengan mudah mengkomunikasikannya dengan petinggi perusahaan maupun klien dan dapat menemukan solusi atas rintangan tersebut secara Berbarengan-sama.

7. Mengevaluasi Kinerja Proyek

Setelah proyek selesai dikerjakan oleh tim, selanjutnya adalah proses Pengkajian yang dilakukan oleh maanajer proyek. Dengan rincian progres dari awal Tiba akhir, project manager dapat mengidentifikasi kekurangan serta merencanakan Langkah Buat mengatasi kekurangan tersebut. 

Skill yang Dibutuhkan Seorang Project Manager

Ilustrasi project manager sedang berdiskusi melalui telefon
Ilustrasi project manager (from unsplash)

Setelah mengetahui penjelasan tentang tugas dan tanggung jawab project manager, berikut beberapa skill yang dibutuhkan seorang project manager:

1. Komunikasi yang Efektif

Komunikasi merupakan kunci Istimewa dalam dunia kerja. Dengan komunikasi yang efektif, maka akan meminimalkan resiko terjadinya miskomunikasi yang akan menghambat kelancaran projek.

Dikarenakan project manager harus berkomunikasi dengan banyak pihak ketika melaksanakan project.

2. Negosiasi

Keterampilan bernegosiasi sangat diperlukan oleh seorang project manager. Ketika keinginan klien dan kemampuan tim Tak memadai, disinilah kemampuan bernegosiasi dibutuhkan. Kemampuan ini dibutuhkan agar di antara permintaan klien, tim, dan pemangku jabatan dapat menemukan jalan tengah.

3. Leadership

Project manager bertanggung jawab Buat memimpin tim sehingga jiwa kepemimpinan sangatlah diperlukan dan merupakan dasar dari seorang project manager. Kemampuan ini akan Membikin tim stay-on-track dan projek berjalan Fasih sesuai dengan roadmap.

5. Problem Solving

Masalah yang Tak terduga Niscaya akan muncul dalam sebuah proyek. Project manager berperan dalam pemecahan masalah tersebut dengan menemukan solusi-solusi yang efisien. Kemampuan problem solving sangatlah Bermanfaat Buat menjaga proyek tetap berjalan.

Baca Juga: Sistem HRIS beserta Manfaat, Langkah Kerja, Fitur, dan Rekomendasi Aplikasi 

Jenjang Karir Project Manager

Melansir dari situs indeed, berikut beberapa jenjang karir Project Manager:

READ  Pengertian, 3 Jenis, dan Langkah Mengatasinya

1. Project Coordinator

Project Coordinator Mempunyai peran Tertentu dalam manajemen proyek. Tugas Istimewa mereka termasuk mengatur anggaran, jadwal dan tugas, mengkomunikasikan tanggung jawab dan menerapkan Mekanisme pelaporan.

Selain itu, koordinator proyek dapat menyediakan dokumentasi, mengalokasikan sumber daya, dan mengatur pertemuan.

Rata-rata gaji: Rp 6.000.000 – Rp 9.000.000/bulan

2. Resource Manager

Resource manager memberikan dukungan kepada manajer proyek melalui alokasi sumber daya. Hal ini mencakup penilaian kapasitas perusahaan, memantau sumber daya keuangan, mengawasi kinerja, dan menetapkan anggaran.

Beberapa resource manager secara Tertentu Pusat perhatian pada personalia dan  membantu dalam perekrutan, pelatihan, dan orientasi. 

Rata-rata gaji: Rp 8.000.000 – Rp 20.000.000/bulan

3. Business Analyst 

Business analyst menganalisis dan meningkatkan proses bisnis Buat menjamin efisiensi. Mereka bertugas menganalisis dan mendokumentasikan praktik bisnis klien Buat mencari aspek-aspek yang perlu diperbaiki.

Kemudian, business analyst bertugas mempresentasikan solusi atas aspek-aspek yang kurang. Seorang Business Analyst harus Mempunyai pemahaman yang tajam tentang bisnis.

Rata-rata gaji: Rp 8.000.000/bulan

4. Project Manager 

Project manager bertugas mengawasi jalannya proyek dari awal Tiba tahap final.

Manajer proyek Mempunyai berbagai tugas, diantaranya mengatur tim, mengawasi progres proyek, merancang dan mengimplementasikan proses, mengatur dan menugaskan tim, menetapkan jadwal, mengembangkan anggaran, dan menyediakan dokumentasi. 

Rata-rata gaji: Rp 8.000.000/bulan

Jurusan yang Relevan dengan Project Manager

Berikut ini beberapa jurusan yang relevan dengan bidang project manager:

  • Teknik Industri
  • Manajemen Bisnis
  • Ilmu Komputer
  • Sistem Informasi
  • Teknik Informatika

Tetapi perlu diketahui bahwa Buat menjadi project manager Tak terbatas pada jurusan yang telah disebutkan. Asalkan Mempunyai skill yang Cakap, anda Dapat menjadi seorang manajer proyek.

Sandi Dharma membuka kesempatan bagi anda yang Ingin mengembangkan karir dalam ranah Project Manager Buat bergabung dengan kami. Lihat detailnya di sini.