Akademi Manajemen Informatika

Banyak sekali jenis sistem informasi yang berkembang sesuai dengan kebutuhan bisnis di era teknologi informasi ini. Apakah anda pernah mendengar istilah CRM? Kalau belum Mengerti, CRM adalah salah satu dari jenis sistem informasi yang Demi ini banyak digunakan Kepada membantu bisnis sebuah perusahaan.

Pada artikel kali ini, akan membahas seputar CRM mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, hingga Misalnya aplikasinya. Kepada sistem informasi jenis ini sangat berhubungan dengan manajemen Rekanan antara pihak korporasi dengan pelanggan atau customer.

Apa itu CRM (Customer Relationship Management)

Pengertian crm
Customer Relationship Management  © Freepik

Customer Relationship Management atau CRM adalah sebuah pendekatan atau sistem yang mengelola Rekanan antara pihak korporasi (perusahaan) dengan pelanggan pada level bisnis. Sehingga, dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui kontak dari user yang berbeda.

Pendekatan jenis ini dapat memungkinan Kepada mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah kepada customer tersebut. CRM sendiri mengkombinasikan kebijakan, proses, dan strategi dalam satu kesatuan yang diimplementasikan dalam sebuah perusahaan. 

Tujuan Customer Relationship Management

Tujuan dari pembuatan sistem informasi berbasis CRM ini adalah, sebagai berikut:

  1. Tujuan pertama dari CRM adalah ntuk meningkatkan keuntungan bagi sebuah perusahaan melalui terjalinnya Rekanan yang Berkualitas antara korporasi dengan pihak pelanggan terkait.
  2. Menyediakan informasi yang lengkap mengenai data pelanggan Kepada memaksimalkan Rekanan antara pihak perusahaan dan pelanggan melalui penjualan secara up selling dan cross selling.
  3. Menggunakan informasi yang telah terintegrasi sehingga menghasilkan sistem pelayanan yang memuaskan.
  4. Menghasilkan konsistensi dalam pembuatan Mekanisme penyaluran jawaban kepada pelanggan.

Fungsi dari Customer Relationship Management

Di dalam sistem CRM juga Mempunyai fungsi yang harus diterapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menerapkan falsafah yang berorientasi pada pelanggan (customer centric).
  • Mengidentifikasi Unsur Krusial bagi kebutuhan pelanggan.
  • Membangun proses pelayanan terhadap pelanggan secara maksimal.
  • Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang dari customer.
  • Menyediakan dukungan kepada customer secara penuh.
  • Menangani berbagai keluhan yang berasal dari pelanggan.
  • Melakukan pencatatan terhadap setiap aspek dalam penjualan.
  • Membikin informasi yang berkaitan dengan pusat layanan dan penjualan dari customer.
READ  #18: For Loop - Belajar Golang Dari Dasar

Tugas Customer Relationship Management di Perusahaan

Customer Relationship Management adalah suatu sistem yang digunakan Kepada mengelola dan meningkatkan interaksi serta Rekanan antara perusahaan dan pelanggan. CRM dapat membantu perusahaan Kepada mengelola proses produksi, membaca tren pasar, menentukan jumlah barang yang harus diproduksi, mengelola tugas karyawan, dan distribusi produk. Berikut adalah beberapa tugas CRM di perusahaan.

  1. Mengelola database terpusat yang mencakup Seluruh penjualan di perusahaan.
  2. Mengelola komunikasi internal dan eksternal Kepada melacak Seluruh proses yang melibatkan interaksi, email, panggilan telepon, dan lainnya antara perusahaan dan pelanggan.
  3. Menyimpan informasi pelanggan seperti nama, alamat, nomor telepon, dan riwayat pembelian.
  4. Membantu perusahaan dalam mengelola dan mengatur komunikasi dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi seperti email, telepon, dan media sosial.
  5. Mengidentifikasi Kesempatan yang memerlukan pemeliharaan atau tindak lanjut tambahan oleh perusahaan.
  6. Membikin segmentasi pada pelanggan perusahaan.
  7. Membantu perusahaan Kepada meningkatkan Rekanan dengan pelanggan, memperkuat loyalitas, dan meningkatkan retensi pelanggan.

Komponen Customer Relationship Management

Customer Relationship Management atau dalam bahasa Indonesia berarti Manajemen Rekanan Pelanggan Mempunyai tiga komponen Krusial di dalamnya, yang meliputi:

1. Manajemen (Management)

Terkait dengan komponen manajemen berfokus pada sistem pengelolaan dan peningkatan Rekanan dengan pelanggan. Nantinya akan berdampak pada kemajuan perusahaan dalam meningkatkan pengembangan dari segi Kelebihan yang kompetitif.

2. Rekanan (Relationship)

Komponen yang berikutnya adalah Rekanan, dimana sebuah perusahaan atau instansi tentunya membutuhkan komunikasi yang dilakukan secara dua arah. Tujuannya adalah Kepada memberikan kepuasan kepada customer dalam jangka waktu yang panjang.

3. Pelanggan (Customer)

Kepada komponen pelanggan merupakan orang yang akan, sedang, dan pernah menggunakan jasa sebuah perusahaan. Berkualitas itu dalam proses Menyaksikan, melakukan transaksi, maupun perbaikan (maintenance).

Tahapan dalam Customer Relationship Management

Terdapat tiga tahap dalam sistem CRM yang harus dilakukan oleh setiap korporasi, berikut adalah penjelasannya.

1. Memperoleh Pelanggan yang Baru (Acquired)

Kepada dapat memperoleh pelanggan baru, anda harus memastikan Kepada memberikan kenyamanan dari sisi pelayanan kepada pelanggan Demi membeli dan menggunakan produk anda. 

READ  Pengertian, Jenis, dan Langkah Meningkatkan

Kemudian, anda juga dapat mempromosikan produk dengan memberikan kesan pertama yang Berkualitas kepada pelanggan. Nantinya, pelanggan akan lebih percaya terhadap perusahaan anda.

2. Menambah Nilai dari Pelanggan (Enhanced)

Terdapat dua Langkah dalam meningkatkan Rekanan dengan pelanggan, Yakni dengan Langkah up selling dan cross selling. Kepada up selling sendiri adalah menawarkan produk yang sama, akan tetapi mempunyai kualitas yang jauh lebih Berkualitas. Sedangkan cross selling merupakan strategi pemasaran dengan menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang sudah dimiliki oleh pelanggan.

3. Mempertahankan Pelanggan (Retain)

Kepada mempertahankan pelanggan, anda harus memberikan pelayanan dan dukungan aplikasi yang bermanfaat. Dan juga, dapat meningkatkan kredibilitas dari perusahaan yang anda miliki.

Anda juga harus menyediakan waktu Kepada mendengarkan pendapat atau masuk dari pelanggan. Sebagai Misalnya, melayani ketidakpuasan customer mengenai produk yang ditawarkan. Dengan begitu, pihak perusahaan dapat melakukan Pengkajian dan memperbaiki sistem layanan dan fitur aplikasi yang dimiliki.

Manfaat Customer Relationship Management dalam Bisnis

Selanjutnya, masuk pada pembahasan mengenai manfaat dari CRM Kepada kebutuhan bisnis.

1. Mendorong Loyalitas Pelanggan

CRM memungkinkan sebuah perusahaan Kepada memanfaatkan informasi pelanggan, Berkualitas dari call center, website, maupun melalui staf pemasaran produk. Memberikan pelayanan yang Berkualitas kepada pelanggan dapat memberikan hasil yang positif bagi peningkatan bisnis anda.

2. Meningkatkan Efisiensi Operasional Kerja

Dengan adanya CRM, Pandai Kepada memberikan kemudahan dalam proses penjualan produk dan layanan. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat resiko dari turunnya kualitas pelayanan dan beban cash flow.

3. Mengurangi Biaya Produksi

Penjualan produk Mempunyai skema yang lebih spesifik dan berfokus Kepada menargetkan pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan akan tercatat dan ditampilkan secara terperinci. 

4. Meningkatkan Time to Market

Penerapan CRM Pandai Kepada mendapatkan berbagai informasi seperti data trend pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Kemudian, juga menentukan waktu yang Betul dalam memasarkan sebuah produk.

5. Mendapatkan Pendapatan secara Optimal

Dengan menerapkan sistem CRM yang Betul, maka dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, time to market, dan meningkatkan efisiensi kerja. Yang mana, ke Seluruh hal tersebut sangat berpengaruh dalam memberikan profit (keuntungan) bagi pelaku bisnis.

READ  Argumen Kenapa Menggunakan Docker | Sandi Dharma

Baca juga: Sistem ERP: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

5 Rekomendasi Aplikasi CRM Terpopuler di Indonesia

Kami mempunyai beberapa rekomendasi terkait dengan aplikasi CRM yang Demi ini banyak digunakan di negara Indonesia. Berikut kelima rekomendasi tersebut.

1. Barantum CRM

Aplikasi CRM lokal Indonesia dengan fitur mobile dan call center, memudahkan pengelolaan penjualan dan layanan pelanggan. Cocok Kepada UKM yang Mau meningkatkan efisiensi tim lapangan.

2. CRM Vtiger

Merupakan jenis open-source dengan fitur manajemen penjualan, otomatisasi, dan analitik. Luwes dan dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya, ideal Kepada perusahaan yang butuh solusi lengkap.

3. CRM Salesforce

Aplikasi berbasis cloud yang menawarkan AI prediktif dan solusi komprehensif Kepada manajemen penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Cocok Kepada bisnis skala besar dan berkembang.

4. Zoho CRM

Aplikasi Terkenal di kalangan UKM dengan fitur manajemen penjualan dan integrasi dengan aplikasi Zoho lainnya. Mendukung versi mobile Kepada tim yang bekerja di luar kantor.

5. SugarCRM

Jenis open-source dengan fleksibilitas tinggi Kepada kustomisasi. Digunakan oleh perusahaan besar yang memerlukan CRM yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis spesifik.

Konklusi

  • Customer Relationship Management atau CRM adalah sebuah pendekatan atau sistem yang mengelola Rekanan antara pihak korporasi (perusahaan) dengan pelanggan pada level bisnis.
  • CRM bertujuan Kepada meningkatkan Rekanan dan komunikasi dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mengoptimalkan efisiensi operasional perusahaan.
  • Terdapat 3 komponen yang terdapat dalam CRM seperti manajemen, Rekanan, dan pelanggan. Dengan menerapkan sistem CRM yang Betul, maka dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, time to market, dan meningkatkan efisiensi kerja.

Sandi Dharma membuka jasa pembuatan software custom di Kota Malang. Kalau anda mempunyai proyek, segera hubungi tim kami melalui kontak dan form yang telah tersedia.