Pernahkah Anda mendengar tentang istilah direct marketing atau pemasaran langsung? Istilah ini biasanya berkaitan dengan strategi pemasaran sebuah bisnis.
Begitu ini, semakin banyak bisnis yang berkembang, sehingga persaingan mulai muncul, serta kebutuhan Buat menemukan Langkah baru Buat mendapatkan customer tetap juga semakin meningkat.
Oleh karena itu, Anda membutuhkan direct marketing dalam bisnis Anda.
Penasaran tentang apa itu direct marketing, jenis, dan juga contohnya? Artikel berikut akan membantu Anda Buat memahami tentang topik tersebut, sehingga Anda dapat menemukan strategi pemasaran yang cocok bagi bisnis.
Apa itu Direct Marketing?
Direct marketing adalah jenis promosi yang menawarkan transfer informasi tentang produk, layanan, atau perusahaan secara langsung kepada customer.
Dengan demikian, Sasaran audiens dapat menerima Sekalian informasi iklan tanpa perantara atau pihak ketiga.
Fitur utamanya adalah respons langsung, artinya Anda juga harus segera menetapkan saran bagi pelanggan Buat merespons mereka, terutama pesanan atau permintaan pembeliaan.
Singkatnya, pemasaran langsung adalah salah satu media promosi di mana Anda akan berkomunikasi langsung dengan pelanggan, sehingga dapat Menonton bagaimana respon mereka terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.
Manfaat Direct Marketing
Direct marketing memungkinkan Anda Buat mempromosikan produk atau layanan langsung ke Sasaran audiens dan mengukur hasil dengan Segera.
Tetapi, manfaatnya Bukan berhenti di situ saja. Berikut adalah beberapa manfaat direct marketing yang lainnya.
1. Meningkatkan Kesempatan
Kampanye pemasaran langsung memungkinkan Anda terhubung dengan Segera dengan Sasaran audiens, sehingga dapat Membikin penawaran yang sesuai pada waktu yang Cocok.
2. Personalisasi Konten
Pemasar dapat mengumpulkan informasi seperti usia, pendapatan, dan juga Elemen perilaku Buat mengirim pesan yang dipersonalisasi.
Jadi, dengan riset tersebut pada pemasaran langsung, mereka akan lebih berminat pada produk Anda.
3. Promosi yang Efektif dan Efisien
Bukan seperti strategi lainnya, pemasaran langsung memungkinkan Anda Membikin kampanye bertarget Buat menarik pelanggan potensial yang bermotivasi tinggi.
Ini memastikan efisiensi maksimum Begitu mengirim email promosi ke audiens yang potensial.
Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing
Direct marketing atau pemasaran langsung Mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang Krusial Buat Anda ketahui. Berikut masing-masing penjelasannya.
1. Kelebihan
Beberapa Keistimewaan dari pemasaran ini adalah sebagai berikut.
- Dapat dipersonalisasi dibandingkan dengan media massa, sehingga pelanggan akan merasa lebih relevan
- Dapat mengumpulkan informasi relevan mengenai pelanggan, sehingga Anda dapat menyesuaikan kebutuhan mereka
- Dapat dilakukan di manapun dan kapanpun secara langsung
- Lebih mudah mengetahui respon pelanggan
- Penyampaian informasi lebih detail
- Anda dapat melakukan pendekatan dengan pelanggan Buat mengetahui masalah yang dihadapi, kemudian memberikan solusi yang relevan
2. Kekurangan
Beberapa kelemahan dari pemasaran ini adalah sebagai berikut.
- Pemasaran langsung memungkinkan Anda menyasar pelanggan yang acak, sehingga kemungkinan Eksis banyak orang yang Bukan membutuhkan produk tersebut
- Pelanggan cenderung akan terganggu dengan beberapa media pemasaran langsung, seperti telepon, email spam, dan lain sebagainya
- Membutuhkan banyak waktu dan pendekatan Spesifik
- Pemasaran langsung biasanya akan menyasar orang terdekat, sehingga beberapa dari mereka mungkin kurang nyaman
Jenis-Jenis Direct Marketing
Berikut ini merupakan beberapa direct marketing yang paling Terkenal :
1. Email Notifications
Email notification atau pemberitahuan email adalah Langkah sederhana, terjangkau, dan terukur Buat berkomunikasi dengan customer. Beberapa Teladan dari jenis ini berupa email promotion, buletin dan juga trigger email.
2. Mobile Marketing
Jenis direct marketing ini dianggap 4-5 kali lebih efektif daripada bentuk periklanan online lainnya. Hal ini didasarkan pada pengiriman materi promosi ke perengkat seluler Anda.
Dengan Donasi mobile marketing, biasanya pembeli akan langsung mengecek pemberitahuan tersebut dan mengetahui status pesanan mereka sekaligus.
3. Push Notification
Push notification adalah pesan yang dikirim ke pengguna melalui browser yang muncul di sudut layar ponsel atau komputer.
Pemberitahuan push memungkinkan Anda berinteraksi dengan calon pelanggan secara langsung.
Metode ini juga memungkinkan Anda agar Bukan perlu mengumpulkan alamat email atau data pribadi lainnya karena pelanggan teridentifikasi oleh informasi yang disimpan pada browser yang digunakan.
Akan tetapi, jangan lupa Buat mengingat kemungkinan resiko Begitu mengirim jenis notifikasi ini.
Misalnya, pemberitahuan tersebut dapat mengganggu pelanggan atau bahkan dianggap sebagai spam. Hal itu akan mempengaruhi sudut pandang pelanggan terhadap produk Anda.
Notifikasi yang mengganggu hanya akan memaksa pengguna Buat berhenti berlangganan.
Selain itu, pemberitahuan push juga menetapkan batas Watak, di mana judul Bukan boleh Melewati 64 Watak dan hanya dapat menyertakan 240 Watak.
Oleh karena itu, tetap perhatikan relevansi dan kegunaan konten Anda Buat meningkatkan minat pelanggan.
Terlebih Kembali, perlu diingat bahwa notifikasi ini hanya ditampilkan sekali dan akan sulit Buat menemukannya Kembali.
4. Messenger Marketing
Dengan jenis ini, Anda dapat Membikin chatbot Buat messenger Terkenal seperti Telegram, Facebook, Messenger, dan WhatsApp.
Chatbot membantu sebuah brand Buat mengoptimalkan jawaban atas pertanyaan Biasa dari pelanggan, memungkinkan mereka Buat memesan produk Anda serta mempelajari lebih dalam tentang produk tersebut.
Teladan Direct Marketing
Setelah mengetahui beberapa informasi tentang pemasaran langsung, berikut merupakan Teladan-Teladan direct marketing yang dilakukan oleh brand terkenal.
1. Toyota Corolla
Toyota Corolla adalah brand sedan terkenal yang menggunakan strategi pemasaran langsung Buat mendapatkan pelanggan.
Dalam hal ini, Toyota Corolla melakukan stategi yang sangat inovatif dan menarik bagi pelanggan.
Mereka Membikin campaign synced direct mail dengan menggunakan traffic light.
Sebelum launching product, traffic light pada surat tersebut akan menyalakan lampu merah, ketika mendekati launching akan berubah hijau, serta pada hari launching-nya, lampu hijau yang akan menyala.
Hasilnya, mereka mendapatkan peningkatan hingga 900% dalam test drive, dan lebih dari 7000 orang mengantri Buat membelinya.
2. Touch Branding
Touch Branding adalah agensi branding yang berpengalaman selama lebih dari 15 tahun dalam Dunia campaign.
Mereka melakukan pemasaran langsung dengan menggunakan tagline “We’ll give our blood for good branding”.
Mereka menggunakan direct email sebagai strategi pemasarannya.
Uniknya, mereka melampirkan kantung darah Imitasi pada email tersebut Buat mendukung tagline tersebut. Campaign tersebut cukup menarik Buat mendapatkan pelanggan.
3. Canva
Keindahan email Canva terletak pada kesederhanaannya.
Ketika Membikin konsep desain baru, mereka mengiklankan ke Sekalian pelanggan dan mengirim email, sehingga para pelanggan mengetahuinya dan dapat mulai menerapkan template baru dalam presentasi dan infografis mereka.
Nah, itulah beberapa informasi tentang direct marketing. Sayangnya, metode pemasaran jenis ini membutuhkan banyak kesabaran karena targetnya adalah Buat memberikan pengaruh secara langsung kepada pelanggan.
Berbeda dengan metode digital marketing, Anda cukup menunggu hasilnya tanpa menghubungi pelanggan secara lebih lanjut.