Akademi Manajemen Informatika

Project admin
Project Admin © Unsplash

Suatu perusahaan Tak mungkin berhasil Kalau hanya melibatkan satu orang. Anda perlu berkolaborasi dengan seluruh bagian dalam setiap tahapannya. Umumnya, terdapat project manager yang ditugaskan Buat memimpin, merencanakan, dan mengelola keseluruhan tim. Tetapi, hal tersebut Tak dapat dilakukan sendirian. Individu yang membantu dalam kapasitas ini disebut sebagai project admin.

Administrasi adalah elemen terpenting di balik layar suatu proyek, seperti pencatatan, pembukuan, dan lainnya. Secara struktural, posisi project admin berada di tengah. Artinya, mereka menjembatani project manager dan tim yang mengeksekusi proyek. 

Mereka Tak hanya mengatur administrasi, Tetapi juga bertanggung jawab Buat memantau proyek supaya tetap sesuai rencana. Profesi ini mengharuskan Anda Buat teliti karena harus memastikan seluruh kebutuhan tim terpenuhi.

Apakah Anda tertarik Buat menekuni bidang yang satu ini? Lantas, apa saja kualifikasi yang diperlukan? Bagaimana job desk umumnya? Mari kita diskusikan Seluruh hal yang berkaitan dengan project admin dalam artikel berikut.

Apa itu Project Admin

Project admin adalah bagian yang bertanggung jawab atas keperluan administratif dalam suatu proyek. Mulai dari urusan dokumentasi, penanganan anggaran, laporan keuangan, hingga agenda rapat. 

Dengan adanya pembukuan dan pencatatan, proyek diharapkan tetap terorganisir dan berjalan dengan Bagus. Tentunya pekerjaan ini Tak jauh dari skill manajemen.

Sebagai project admin, nantinya Anda akan menjadi tangan kanan project manager. Tujuannya adalah membantu project manager supaya Pusat perhatian pada hal-hal besar. Sementara, project admin mengurus urusan-urusan yang cakupannya lebih kecil supaya tim tetap on-track dan on-time.

Lowongan pekerjaan semacam ini sangat mudah ditemukan. Berbagai jenis perusahaan yang mempekerjakan project admin antaranya bidang teknik, farmasi, medis, penelitian, dan Tetap banyak Tengah. Alur perusahaan tersebut memang tergolong kompleks sehingga membutuhkan peran yang dapat menyederhanakannya.

READ  Definisi, 8 Indikator, & Penerapannya bagi Web

Tugas Project Admin

Job desk project admin terbilang cukup Berbagai Ragam. Seluruh bergantung pada bagaimana kebijakan perusahaan dan keperluan proyeknya. Tetapi, Eksis beberapa tugas Standar yang selalu dikerjakan oleh mereka. Berikut ini penjelasannya:

1. Memantau Pekerjaan Tim

Perencanaan tim adalah bagian terpenting dari alur kerja suatu proyek. Project admin hadir Buat memantau bagaimana progress tiap individu yang terlibat. Kalau terdapat tugas yang melewati tenggat waktu, maka ia akan melaporkan nya pada project manager. Dengan demikian, seluruh tim dapat bekerja sebagaimana standar yang sudah Eksis.

2. Mengerjakan Dokumentasi

Proyek melibatkan banyak urusan administrasi, Tak terkecuali pengarsipan, distribusi, dan penyimpanan Arsip. Proses dokumentasi harus faktual dan Tak boleh terlambat. Wujudnya dapat berupa tulisan, foto, video, hingga tanda tangan.

3. Mengelola Budget

Alokasi biaya adalah elemen terpenting dalam operasional suatu proyek. Project admin nantinya akan memantau segala jenis pemasukan, pengeluaran, dan transaksi. Ia juga melakukan pembuatan laporan keuangan serta pembukuan seperti kas, inventaris, daftar hutang, dan lainnya. Kegiatan ini harus terlaksana dengan jujur dan minim kesalahan.

4. Menjadwalkan Rapat

Rapat berfungsi Buat memastikan bahwa komunikasi dan kolaborasi tim terjalin secara terbuka. Project manager menetapkan struktur rapat, sedangkan project admin bertanggung jawab Buat menjadwalkan rapat. Ia juga berperan sebagai notulen yang Membangun catatan rapat supaya tim mengetahui bagaimana perkembangan kerja mereka.

READ  Pengertian SaaS Beserta Kelebihan, Kekurangan, dan Teladan

5. Merekrut Staf Proyek

Seorang pekerja dalam proyek harus melewati seleksi dari project admin. Proses ini harus sesuai dengan spesialisasi, kompetensi, dan kualifikasi dari perusahaan terkait. Oleh karena itu Anda harus paham betul bagaimana seluk beluk dan kebutuhan perusahaan atas sumber daya manusianya.

6. Mengelola Inventaris

Suatu perusahaan tentu Mempunyai barang atau alat yang dapat menunjang pekerjaan staf. Maka, diperlukan peran Buat menjaga agar aset tersebut tetap Kondusif. Project admin bertugas Buat mencatat inventaris tersebut tiap harinya Kalau Eksis yang sedang digunakan, rusak, atau hilang. Ia juga bertanggung jawab atas kondisi inventaris yang Eksis. 

7. Membangun Surat Jalan

Urusan eksternal juga menjadi bagian dari pekerjaan ini. Project admin bertugas Buat Membangun surat jalan Buat setiap kendaraan yang terlibat atau keluar masuk pada suatu proyek. Nantinya ia akan Membangun surat jalan dan mengkoordinasikannya pada pihak keamanan terkait. 

Gaji Project Admin

Sebelum melamar pada posisi ini, tentunya Anda harus memastikan seberapa besar gaji yang Pandai Anda dapatkan. Menurut Jobstreet.co.id, kisaran gaji pekerjaan ini bergantung pada UMR daerah, ukuran budget perusahaan, jenjang pendidikan terakhir Anda, pengalaman kerja Anda, dan sertifikasi apa yang Anda miliki.

Berikut adalah rata-rata gaji di beberapa Posisi:

  1. Jakarta (Rp3.500.000 per bulan)
  2. Bandung (Rp4.600.000 per bulan)
  3. Surabaya (Rp3.575.000 per bulan)
  4. Tangerang (Rp4.000.000 per bulan)
  5. Pekanbaru (Rp5.600.000 per bulan)

Di samping gaji, terdapat pula Insentif asuransi kesehatan, Doku lembur, atau tunjangan lainnya. Tetapi, Seluruh dipengaruhi oleh perusahaan yang menaungi Anda nantinya.

READ  Using Custom Array Adapter on Android List View

Kualifikasi Project Admin

Pekerjaan ini Tak hanya berkutat pada hard skills Buat mengurus administrasi saja. Tetapi, terdapat pula soft skills yang perlu Anda siapkan. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Teamwork-Oriented

Ingatlah bahwa pekerjaan Tak mungkin selesai dengan sendirinya. Anda memerlukan tim Buat mendelegasikan tugas, saling berkomunikasi, dan mendengarkan kebutuhan mereka. Dengan demikian, mempunyai kemampuan Buat bekerja dalam tim akan sangat menunjang keberhasilan proyek.

2. Detail dan Teliti

Project admin kerap menangani banyak tugas berbeda dalam waktu yang bersamaan. Mereka dituntut Buat menyelesaikan semuanya dengan minim kesalahan. Oleh karenanya, Anda harus jeli dan konsentrasi dalam memperhatikan Arsip Anda supaya Tak perlu bekerja dua kali.

3. Paham Birokrasi Perusahaan

Alur pembuatan surat atau dokumentasi tentu berbeda-beda di tiap perusahaan karena melibatkan pihak dan jabatan yang Berbagai Ragam pula. Sebelum melamar profesi ini, Eksis baiknya Anda melakukan sedikit research terkait kondisi perusahaan dan struktur yang Eksis di dalamnya.

Konklusi

Project admin Mempunyai prospek karir besar di masa depan Tetapi juga memerlukan kualifikasi yang tinggi. Ketika menyangkut lingkungan kerja, mereka sangat dibutuhkan Buat memastikan keberhasilan suatu proyek. Mereka menjadi penghubung antara project manager dan tim yang mengeksekusinya.

Itulah serba-serbi mengenai project admin. Apakah Anda sudah tertarik Buat menekuninya? Pada akhirnya, Seluruh bergantung pada perusahaan dan proyek masing-masing. Tetapi, kami harap artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. 

Apabila Anda mempunyai pertanyaan seputar produk dan layanan dari Sandi Dharma, silakan kirim pesan kepada tim Kami melalui halaman kontak berikut.