Akademi Manajemen Informatika

SIAKAD merupakan akronim dari Sistem Informasi Akademik yang biasanya digunakan di universitas ataupun perguruan tinggi. Sistem ini digunakan Demi memudahkan dalam kegiatan akademik hingga pembayaran. Sistem ini dibuat dengan tampilan user friendly agar Bisa diakses mahasiswa hingga orang Sepuh mahasiswa. Lewat bagaimana sih penggunaan SIAKAD ini? Apakah efektif Demi universitas?

Apa Itu SIAKAD?

SIAKAD adalah aplikasi berbasis web, Demi mengaksesnya dibutuhkan komputer dengan koneksi internet serta aplikasi penjelajah internet / internet browser. Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) merupakan sebuah perangkat Demi mendukung penyelenggaraan pendidikan disatuan pendidikan dan digunakan Demi menyampaikan program manajemen kualitas kepada seluruh civitas akademika dan stakeholder yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti internet, local area network, sehingga satuan pendidikan dapat menyediakan layanan akademik yang lebih Bagus, efektif, dan efisien termasuk layanan akademik disebuah perguruan tinggi.

SIAKAD merupakan sistem yang mengolah data dan melakukan proses kegiatan akademik yang melibatkan antara mahasiswa, dosen, administrasi akademik, keuangan dan data atribut lainnya. Sistem melakukan kegiatan proses administrasi mahasiswa, melakukan kegiatan administrasi akademik, melakukan proses pada transaksi belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa, melakukan proses administrasi akademik Bagus yang menyangkut kelengkapan Arsip dan biaya yang muncul pada kegiatan registrasi administrasi akademik.

Fungsi SIAKAD

1. Integrasi Data

Dengan integrasi data Siakad akan mengelola secara terintegrasi seluruh data sehingga data tersebut akan selalu diperbaharui atau selalu up to date serta selalu real time saat digunakan. Dengan sistem ini Bukan Eksis yang namanya duplikasi data karena menggunakan sistem database secara terpusat.

READ  Apa itu Edge Computing? - Definisi, Langkah Kerja, dan Misalnya

2. Pusat Informasi

Dengan adanya sistem ini kita Bisa dengan mudah mengetahui apa yang terjadi di kampus dalam waktu Segera. Siakad menggunakan sistem respon secara Mekanis seperti penjadwalan kelas dan lain-lain.

3. Rekam Kegiatan Kampus

Siakad akan memberikan layanan kepada pengguna dengan selalu mematau seluruh kegiatan dan perkembangan kampus mulai dari PMB, KRS Tiba proses penilaian sehingga seluruh kegiatan akan dapat diselesaikan secara efisien dan efektif.

4. Media Komunitas Pengguna

Dengan menggunakan fitur dari Siakad akan mempermudah seluruh civitas kampus dalam memberi dan menerima informasi mulai dari admin, staff, mahasiswa, dosen, dan pimpinan akan lebih leluasa dalam melakukan komunikasi.

Tujuan SIAKAD

SIAKAD dibuat dengan tujuan Demi memudahkan dalam pengelolaan data administrasi mahasiswa. Perguruan tinggi harus Mempunyai sistem nformasi yang disiapkan Demi mendukung pengelolaan dan peningkatan mutu program akademik. Sistem informasi suatu perguruan tinggi terdiri dari pengumpulan data, analisis, penyimpanan, pengambilan data (retrieval), presentasi data dan informasi serta komunikasi dengan pihak berkepentingan yang dibangun secara terpusat ditingkat perguruan tinggi dan/atau terdistribusi pada unit-unit terkait. Sistem ini secara Spesifik dirancang Demi memenuhi kebutuhan perguruan tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi Demi meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas Sumber Daya Orang yang dihasilkan.

READ  Panduan Lengkap Menggunakan Moodle Demi Pemula

Fitur SIAKAD

1. Kartu Rencana Studi (KRS)

Fitur KRS pada SIAKAD digunakan Demi mendaftar mata kuliah pada Demi awal semester. Pada fitur ini terdapat daftar mata kuliah apa saya yang tersedia pada asemester itu dan mahasiswa dapat langsung mengambil mata kuliah yang diinginkan sesuai dengan SKS (Satuan Kredit Semester) yang dimilkinya. KRS yang telah diambil dapat diganti dan diubah selama masa pendaftaran KRS Lagi berlangsung. Pada fitur ini juga terdapat tombol Demi mencetak KRS.

2. Kartu Hasil Studi (KHS)

KHS merupakan kartu hasil studi yang berisi nilai mahasiswa selama satu semester. Nilai tersebut berdasarkan mata kuliah yang telah diambil oleh mahasiswa ketika KRS.  Pada fitur ini juga terdapat tombol Demi mencetak KHS.

3. Transkrip Nilai

Transkrip berisi mengenai mata kuliah yang pernah ditempuh selama mengikuti kegiatan perkuliahan. Pada umumnya transkrip dibutuhkan Demi berbagai syarat seperti Demi mendapatkan beasiswa hingga melamar magang atau pekerjaan.  Pada fitur ini juga terdapat tombol Demi mencetak transkrip nilai .

READ  Menjalankan Aplikasi Node.js di Docker

4. Jadwal Kuliah

Pada SIAKAD juga terdapat jadwal kuliah yang dapat dilihat sesuai dengan mata kuliah yang diambil selama satu semester. Pada jadwal kuliah terdapat informasi hari, Copot, tempat Penyelenggaraan kuliah hingga dosen pengampu mata kuliah. 

5. Pembayaran

Pada fitur ini terdapat rincian biaya yang telah dibayarkan mahasiswa maupun biaya yang harus dibayarkan mahasiswa. Fitur ini juga harus diakses ketika akan melakukan pembayaran UKT (Doku Kuliah Tunggal) serta pembayaran lainnya Demi mengetahui kode bayar di bank. Dengan adanya fitur pembayaran ini, mahasiswa dan pihak administrasi kampus dapat dengan mudah mengetahui riwayat pembayaran secara rinci sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalahan.  Pada fitur ini juga terdapat tombol Demi mencetak bukti pembayaran yang telah dilakukan.

Konklusi 

SIAKAD merupakan sebuah website yang dibuat dengan tujuan Demi memudahkan pengelolaan data administrasi mahasiswa. Sistem ini digunakan oleh mahasiswa, dosen dan pihak administrasi universitas atau perguruan tinggi. Sistem ini memuat banyak fiture mulai dari Kartu Rencana Studi (KRS) hingga pembayaran perkuliahan. SIAKAD di desain menggunakan user interface secara user friendly agar mudah digunakan oleh penggunanya.

Sandi Dharma menawarkan solusi pembuatan sistem informasi akademik Demi institusi perguruan tinggi dengan desain modern, profesional, dan user friendly.