Akademi Manajemen Informatika

Dalam menjalankan sebuah bisnis, strategi marketing dibutuhkan agar dapat meningkatkan efektivitas dalam bisnis. Banyak strategi marketing yang dapat dilakukan ketika menjalankan bisnis.

Nah, salah satu strategi digital marketing yang dapat dilakukan adalah STP marketing. Lantas, apa itu STP marketing?

STP marketing adalah sebuah model mengenai proses sistem pemasaran Demi menjalankan bisnis atau usaha. Tujuan adalah Demi mengetahui Sasaran berserta segmen dari sebuah produk yang dimiliki.

Lebih lanjut mengenai STP Marketing akan dijelaskan dalam artikel ini. Yuk, simak!

Pengertian STP Marketing

Perencanaan dan perhitungan stp marketing untuk bisnis
Ilustrasi Perencanaan STP Marketing (Myriam Jessier/Unsplash)

STP marketing adalah adalah singkatan dari Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Ini adalah sebuah model mengenai proses sistem pemasaran Demi menjalankan bisnis atau usaha. Model ini sudah terbukti efektif sebagai strategi marketing atau pemasaran.

STP merupakan sebuah strategi dalam proses pemasaran Demi komunikasi suatu perusahaan. Melalui tahapan ini, pemilik bisnis dapat dengan mudah dalam menentukan strategi pemasaran suatu perusahaan. Model yang sering digunakan adalah menciptakan pesan yang relevan Demi konsumen.

Model yang digunakan STP lainnya adalah Konsentrasi pada efektivitas sebuah kampanye suatu brand. Dengan hal itu, implementasi STP akan dengan Cocok menentukan segmen pada sebuah bisnis. Segmen bisnis tersebut dapat diketahui secara mudah dengan menentukan positioning brand.

Manfaat STP Marketing

Dengan penggunaan STP pada pemasaran, diharapkan agar bisnis semakin berkembang. Berikut ini adalah manfaat STP marketing bagi jalannya bisnis.

1. Lebih Personal bagi Pelanggan

Penerapan pemasaran STP dalam bisnis dapat membantu Demi menyampaikan pesan secara lebih personal kepada pelanggan. Dengan adanya kedekatan ini, pelanggan menjadi lebih merasa dekat dengan bisnis yang mereka tuju. Personalisasi ini juga membantu Demi meningkatkan retensi pelanggan.

2. Efisiensi Budget atau Biaya

Biaya pemasaran dapat lebih diefisienkan ketika menggunakan STP marketing ini. Hal tersebut karena Sasaran atau tujuan dari pemasaran ini sudah Terang sehingga pemilik bisnis Tak perlu membuang-buang biaya.

READ  Definisi, Fungsi, Misalnya, dan Langkah Kerjanya

Lebih lanjut, pendapatan bisnis juga Mempunyai Kesempatan Demi meningkat karena audiens yang potensial yang menjadi pelanggan.

3. Penemuan dan Riset Pasar Efektif

Riset pasar dan Penemuan menjadi lebih efektif dengan menggunakan STP marketing ini. Hal tersebut disebabkan pemilik bisnis yang paham Demi meminta saran dan feedback ketika produk Lagi dalam tahap pengembangan. 

Baca juga: IMC adalah: Pengertian, Misalnya, Manfaat, dan Prosesnya

Segmentasi dalam STP Marketing

Salah satu tujuan penggunaan STP marketing adalah memudahkan perusahaan Demi mengetahui Sasaran segmen dari bisnis yang dimiliki. Berikut ini adalah segmentasi audiens dalam STP marketing.

1. Demografis

Demografis adalah menentukan segmentasi pemasaran STP melalui kategori jenis kelamin, umur, pekerjaan, pendidikan, status perkawinan, serta pendapatan. Melalui segmentasi ini, dapat memudahkan pemilik bisnis Demi menentukan kebutuhan konsumen sesuai dengan data demografis yang dibuat.

2. Psikografis

Psikografis adalah pembuatan segmentasi STP yang bertujuan Demi mengenal Sasaran pelanggan atau audience dengan lebih rinci. Jadi, hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui hobi, gaya hidup, kelas sosial, hingga ketertarikan pelanggan terhadap suatu trend.

3. Geografis

Segmentasi geografis ini adalah dengan mengetahui kondisi geografis atau domisili dari Sasaran konsumen setiap negara, kota, desan, hingga Kawasan perumahan.

Dengan mengetahui kondisi geografis dari Sasaran konsumen, perusahaan dapat menyampaikan komunikasi dengan Metode yang lebih efektif.

4. Kepercayaan

Kepercayaan dari konsumen adalah hal yang paling Krusial dalam sebuah Sasaran pemasaran. Kepercayaan dalam hal ini adalah kepercayaan Religi, politik, kebudayaan, serta nilai-nilai dalam kehidupan. Aspek-aspek tersebut dapat Bermanfaat Demi menghasilkan pesan yang Cocok dan mudah dipahami.

Targeting dalam STP Marketing

Langkah selanjutnya setelah mengetahui Sasaran pasar adalah menentukan segmentasi sebagai sasaran bisnis. Hal ini dilakukan dengan menentukan segmentasi mana sebagai sasaran pemasaran. Analisis juga perlu dilakukan terhadap adanya potensi Sasaran pemasaran STP marketing kepada konsumen.

Berikut ini adalah pola dan metode yang dapat dijadikan Panduan dalam menentukan sasaran pasar.

  • Konsentrasi pada segmentasi (Single Segment Concentration)
  • Pilih segmentasi berdasarkan Kelebihan atau kelebihan (Selective Specialization)
  • Pilih produk Tertentu (Product Specialization)
  • Konsentrasi penyediaan kebutuhan tertentu (Market Specialization)
  • Sasaran Seluruh Golongan (Full Market Coverage)

Berikut adalah beberapa Elemen yang dapat dipertimbangan dalam proses targeting:

1. Profitabilitas

Profit atau keuntungan merupakan Elemen yang Esensial perlu dipertimbangkan ketika menentukan sebuah Sasaran pasar. Hal tersebut karena profit tetap dibutuhkan agar bisnis tetap berjalan. Oleh karena itu, penentuan segmentasi yang Cocok akan menghasilkan profit yang sesuai.

READ  5 Pentingnya Aplikasi Arsip Online Buat Kelola Berkas

2. Pertumbuhan (Growth)

Seorang pebisnis harus Pandai merencanakan sebuah rencana bagi perusahaan dalam beberapa periode ke depan. Dengan begitu, strategi pemasaran dapat diperkirakan dan diharapkan dapat mencapai Sasaran ke depannya.

3. Akses yang Mudah

Produk yang dipromosikan harus mudah diakses oleh pelanggan dan pembeli. Ketika produk dipasarkan ke seluruh Indonesia, pastikan Demi mengatur jasa pengiriman yang dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

Baca Juga: Pengenalan Konsep Marketing Mix dan 7P dalam Pemasaran Produk Bisnis

Positioning dalam STP Marketing

Positioning adalah tahap terakhir pada STP marketing. Pada tahapan ini, langkah yang dilakukan adalah menentukan Metode Demi memosisikan sebuah brand kepada sasaran segmentasi. Pada tahapan ini model yang paling efektif adalah marketing mix.

Dengan mempertimbangkan key factor atau Dalih dasar konsumen membeli produk tersebut, posisi sebuah brand dapat diketahui. Identifikasi mengenai Bagian dan keunikan dari sebuah produk dapat dilihat produk dan brand yang dipasarkan. Selanjutnya, perhatikan keinginan dan kebutuhan dari sasaran pemasaran tersebut.

Terdapat tiga Elemen dalam menentukan posisi Demi mendapatkan Kelebihan dibanding kompetitor.

1. Fungsional

Penentuan posisi Demi berfokus pada fungsi, manfaat, dan utilitas kepada pelanggan. Elemen ini Bermanfaat ketika sebuah produk memberikan solusi pada sebuah masalah dan memberikan manfaat kepada audience atau pelanggan.

READ  Definisi, Tugas, Skill, Gaji, & Metode Memilih

2. Simbolis

Simbolis Bermanfaat Demi menciptakan Imej sebuah brand dan membantu menciptakan ekuitas merek, rasa sosial, dan identifikasi ego. Hal tersebut terjadi ketika pelanggan Mempunyai Rekanan sosial, identifikasi ego, dan sebagainya.

3. Pengalaman 

Positioning membantu sebuah bisnis Demi menciptakan simulasi sensorik dan kognitif dalam hati pelanggan. Dengan begitu, Rekanan dan pengalaman kepada pelanggan dapat dibangun. 

Strategi stp marketing pada perusahaan brand kosmetik
Ilustrasi Strategi Marketing (Firmbee Com/Unsplash)

Misalnya STP Marketing

Salah satu Misalnya dari segmentasi, targeting, dan positioning dapat dilihat pada sebuah brand kosmetik Emina. Dengan menganalisis STP marketing produk Emina, dapat diketahui pula Sasaran dan tujuan dari perusahaan.

  1. Segmentasi yang dilakukan Emina adalah sebagai berikut:
  • Segmentasi geografi Emina disesuaikan dengan kulit orang Indonesia.
  • Segmentasi demografi Emina Tertentu dijual Demi para remaja.
  • Segmentasi perilaku Emina sesuai dengan perilaku remaja yang Lagi belajar dan penasaran dengan kosmetik atau make-up.
  • Segmentasi psikografis Emina dengan melakukan survei dan wawancara langsung terhadap konsumennya.
  1. Targeting pada produk Emina adalah remaja kalangan menengah ke Rendah yang sedang memulai dan Mau belajar make-up. 
  2. Positioning dilakukan dengan menggunakan tagline dari Emina, Ialah Born To Be Loved yang berfungsi Demi menciptakan pesan positif bagi para remaja. Emina hadir Demi Membikin remaja lebih percaya diri dengan penampilan mereka.

Baca Juga: Marketing: Definisi, Fungsi, Jenis, Tugas, dan Jenjang Karir

Demikian penjelasan mengenai pengertian STP marketing beserta manfaat, tujuan, dan Misalnya penerapannya dalam bisnis.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan STP marketing akan membantu bisnis menjadi lebih berkembang dan menjangkau banyak pelanggan.

Nah, Kalau Anda Mau mengembangkan bisnis, Membikin website perusahaan merupakan salah satu Metode yang dapat dilakukan. Berkenaan dengan ini, Sandi Dharma dapat menjadi solusinya.

Sandi Dharma merupakan partner terbaik dalam hal pembuatan website yang dapat memberikan keuntungan besar bagi perusahaan, bisnis, maupun instansi. Yuk, hubungi kami Demi penawaran dan informasi lebih lanjut!