Akademi Manajemen Informatika

Ketika akan memasarkan sebuah produk, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah pandangan dari konsumen atau pelanggan mengenai sebuah produk yang akan dipasarkan. Hal tersebut Krusial karena akan berhubungan dengan Sasaran pasar yang dituju.

Membangun identitas sebuah brand sangat Krusial sebagai salah satu strategi pemasaran. Identitas merek yang dimaksud adalah Imej produk atau brand persona. Imej produk adalah Metode yang digunakan agar Ciri sebuah brand dapat ditonjolkan.

Brand persona merupakan hal yang sangat Krusial dalam sebuah branding dan marketing sebuah produk. Mengapa brand persona Krusial? Penjelasan lengkap mengenai Imej produk akan dibahas pada artikel berikut.

Apa itu Brand Persona?

Brand persona adalah gambaran atau Imej tentang personalitas sebuah brand atau perusahaan. Identitas, nilai-nilai perusahaan, dan Sasaran pasar yang dituju adalah hal dasar pembuatan Imej sebuah produk. Brand persona Lazim disebut juga dengan brand personality atau Imej produk.

Singkatnya, brand personality adalah Ciri yang melekat pada sebuah nama brand. Imej produk akan meningkatkan brand equity (nilai yang dimiliki lebih dari kompetitor). Dengan hal tersebut, brand akan semakin dekat dengan pelanggan sesuai targetnya.

Tujuan brand persona adalah Buat membangun Rekanan emosional antara pelanggan dengan perusahaan. Dengan membangun Rekanan emosional tersebut, pelanggan akan merasa lebih dekat dan terhubung dengan perusahaan. 

Manfaat Brand Persona

Salah satu manfaat brand personality adalah memberikan Ciri pada sebuah brand. Selain itu, Imej sebuah produk juga membantu membangun kepercayaan dari pelanggan. 

Misalnya, ketika membahas mengenai air minum kemasan, secara Mekanis kita menyebutkan merek Aqua. Hal tersebut merupakan salah satu manfaat dari brand personality, Merukapan memberikan identitas terhadap sebuah brand.

Adapun beberapa manfaat dari brand personality Buat bisnis adalah sebagai berikut:

READ  Pengertian, Peran, Tanggung Jawab, Perbedaan, KualIfikasi.

1. Mudah Dikenal Pelanggan

Imej produk memberikan identitas dan Ciri yang Spesial sehingga pelanggan mudah mengenali sebuah brand. Kepribadian yang digunakan tentu Mempunyai Ciri khas yang Membangun pelanggan mudah mengingat sebuah brand. Alhasil, hal ini pun dapat meningkatkan brand awareness.

2. Mendekatkan Brand dan Pelanggan

Manfaat dari Imej produk ini sangat Krusial karena dapat memberikan Pengaruh Bagus pada sebuah brand. Dengan Imej produk yang Bagus, akan dapat memahami pelanggan dengan Bagus dan membantu Buat membangun komunikasi yang efektif.

3. Membedakan Diri dengan Kompetitor

Imej produk juga dapat membantu sebuah merek Buat tampil berbeda dengan kompetitornya sesuai dengan unique selling point yang dimiliki.

Dengan demikian, Kepribadian unggul sebuah brand dapat ditampilkan agar pelanggan dapat membedakan sebuah produk, serta membantu memperkuat positioning-nya di hadapan kompetitor lain.

Baca Juga: Apa itu STP Marketing? Ini Manfaatnya Buat Bisnis!

4. Memudahkan Proses Komunikasi

Dengan adanya Imej produk ini, Membangun proses komunikasi akan lebih mudah dan terjalin dengan Bagus antara konsumen. Oleh karena itu, konsumen akan dengan mudah menerima pesan yang disampaikan oleh sebuah brand.

5. Membantu Pemasaran Produk

Sebelum menjalankan strategi pemasaran atau marketing strategy, tim marketing akan menentukan terlebih dahulu gambaran atau Imej dari sebuah produk. Apakah Krusial sebuah brand harus Mempunyai brand personality?

Tentu sangat Krusial. Imej produk tentunya akan Bisa membawa sebuah brand Buat mendapatkan hasil yang lebih Bagus Ketika melakukan komunikasi dengan Sasaran pasar dari produk yang ditampilkan.

Brand persona dari produk Apple telah mencuri perhatian publik pada tahun 2006. Campaign dari Apple tersebut adalah “Get a Mac” yang berhasil memberikan pandangan yang Bagus tentang produk Apple.

READ  SQL vs NoSQL Database, Pilih yang Mana?

Hal tersebutlah yang menyebabkan Imej produk sangat Krusial dalam marketing atau pemasaran sebuah produk. Imej produk membantu sebuah brand Buat menciptakan image perusahaan yang Bagus bagi konsumen.

Dimensi Brand Persona

Bentuk dari brand personality sangat bermacam-Ragam sesuai dengan Kepribadian yang dimiliki sebuah brand. Berikut ini adalah dimenasi Krusial dari Imej produk yang dibedakan berdasarkan perilaku Mahluk.

  • Caregiver bersifat empati dan Bagus hati.
  • Competent adalah pimpinan berpengaruh dapat membantu menggaet pelanggan.
  • Excited adalah persona yang bersemangat dan senang melakukan apa saja.
  • Rugged adalah persona dengan kecenderungan berotot, atletis, dan Tangkas.
  • Sophisticated adalah persona yang memancarkan keanggunan.

Teladan Brand Persona

Bentuk dari Imej produk sangat Berbagai Ragam. Teladan dari jenis-jenis brand persona, antara lain kepribadian sebuah brand, penggunaan maskot, dan brand ambassador dari selebriti atau influencer.

Setiap brand tentu Mempunyai strategi dan pendekatan yang berbeda dalam membangun dan mempromosikan sebuah brand. Brand persona template Lazim digunakan oleh berbagai produk Buat salah satu Metode dari strategi pemasaran.

Berikut ini adalah beberapa Teladan Imej produk dari berbagai brand di dunia.

1. Nokia – Connecting People

Produk nokia berupa handphone yang memberikan perkembangan teknologi
From Unsplash

Nokia berhasil membangun sebuah Imej produk dengan kuat. Produk yang dihasilkan oleh Nokia berhasil membawa perubahan dengan memberikan fasilitas yang Bisa menyambungkan banyak orang dengan sebuah teknologi.

2. Coca Cola – Share Happiness

Coca cola memiliki brand persona dengan membagikan kebahagiaan
From Unsplash

Coca cola merupakan sebuah merek yang berhasil membangun Imej produk dengan kuat dan konsisten. Brand persona Coca Cola Konsentrasi pada kebahagiaan dan kesenangan sehingga berhasil menciptakan mereka dengan image yang ramah, ceria, dan optimis.

READ  Pengertian, 4 Framework, Tipe & Contohnya

3. Tesla – Innovative Pioneer

Produk tesla berupa mobil listrik
From Unsplash

Ciri Imej produk dari Tesla adalah Membangun produk yang dapat mencerminkan Ciptaan, kepemimpinan, dan transformasi di bidang otomotif. Tesla menonjolkan teknologi yang canggih dan visioner. 

4. Nike – Empowering Athlete

Sepatu merek nike berwarna merah
From Unsplash

Imej produk yang diciptakan Nike adalah dengan menggambarkan konsumen atau pelanggan sebagai seorang atlet yang semangat dan kuat Buat mencapai sebuah prestasi. Nike menunjukkan motivasi, kegigihan, dan kemampuan Buat mencapai potensi terbaik mereka.

5. Airbnb – Community Explorer

Website airbnb untuk memesak tempat penginapan ketika travelling
From Unsplash

Imej produk dari Airbnb menekankan pada kehidupan eksplorasi, keunikan, dan kehidupan lokal. Airbnb menunjukkan sisi pengalaman yang Spesial dalam menginap dan menjelajahi tempat baru.

Baca Juga: Pahami Marketing Automation dan Metode Menarik Minat Pelanggan

Itulah penjelasan lengkap mengenai personality brand. Imej produk akan sangat membantu dalam menyusun sebuah strategi pemasaran yang efektif Buat perkembangan sebuah bisnis. Selain itu, Imej produk juga dapat menjangkau dan memperkenalkan sebuah produk ke pelanggan.

Sebuah bisnis tentunya harus Mempunyai strategi marketing yang Bagus. Salah satu Metode yang Bagus Buat memperkenalkan brand persona kepada Sasaran pelanggan adalah dengan pembuatan website.

Website akan sangat membantu sebuah brand Buat berkembang memasangkan produknya, serta akan memberikan keuntungan dan Kesempatan besar bagi perusahaan, bisnis, maupun instansi dalam pemanfaatan digital marketing.

Nah, apabila Anda membutuhkan jasa pembuatan website, Sandi Dharma dapat menjadi solusinya! Sandi Dharma menyediakan jasa pembuatan website profesional dengan harga terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Apabila tertarik, segera hubungi kami Buat mendapatkan informasi dan penawaran lebih lanjut!