Akademi Manajemen Informatika

Kesuksesan sebuah bisnis Bukan lepas dari peran beberapa pihak tertentu, salah satunya penyedia jasa atau barang yang digunakan dalam bisnis.

Penyedia jasa atau barang tersebut Standar dikenal dengan istilah vendor atau supplier. Mereka bertugas Buat menyediakan Segala kebutuhan perusahaan sebagai klien dan jangan Tiba persediaan atau stok habis.

Karena, persediaan atau stok sangat Krusial bagi keberlanjutan sebuah bisnis. Maka dari itu, dibutuhkan vendor management Buat mengatur dan mengelola persediaan barang.

Bagaimana Bukan, manajemen vendor Bukan hanya bertugas Buat menjalankan administrasi saja, melainkan juga membantu mengelola seluruh operasional bisnis.

Dalam hal ini, vendor management adalah proses Buat memulai dan membentuk Rekanan antara pemilik jasa / barang yang dibutuhkan perusahaan serta berfungsi Buat menjalankan kebutuhan operasional bisnis.

Meski mempunyai peran Krusial, Rupanya Tetap belum banyak yang mengetahui tentang manajemen vendor.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas mengenai pengertian vendor management, jenis, manfaat, dan strategi implementasi bagi bisnis Anda.

Yuk, simak pembahasannya di Dasar ini, ya!

Apa itu Vendor Management?

Vendor management
Ilustrasi Vendor Management (Freepik.com)

Vendor management adalah sebuah tahapan Buat memulai, menjaga, serta mengoptimalkan Rekanan dengan penyedia barang yang Standar dikenal dengan istilah vendor.

Tahapan tersebut meliputi beberapa aktivitas, mulai dari pemilihan vendor, mengontrol biaya, negosiasi, Tiba dengan memastikan bahwa barang yang akan dikirimkan sudah sesuai dengan jadwal serta perjanjian sebelumnya.

Dengan kata lain, apabila perusahaan Ingin membeli barang atau jasa dari pihak eksternal, maka harus melakukan manajemen vendor terlebih dahulu Buat memilih pemasok yang Berkualitas.

Tujuan manajemen ini adalah Buat mengurangi biaya, meminimalisir risiko yang terjadi, hingga memastikan kinerja vendor agar sesuai dengan Asa.

Maka dari itu, manajemen vendor sangatlah Krusial bagi setiap pebisnis. Karena, manajemen ini mempunyai peran krusial dalam memilih vendor yang Benar Buat kebutuhan operasional bisnis.

Tujuan Vendor Management

Keberadaan manajemen vendor diharapkan dapat membangun huungan Seimbang dengan rekan=rekan kerja. Rekanan tersebut Semestinya saplaing menguntungkan dan dapat berlangsung secara berkelanjutan, sehingga kedua belah pihak dapat tumbuh dan mencapai kesuksesan Berbarengan.

Berikut ini adalah tujuan dari management vendor secara mendetail.

  1. Meningkatkan nilai value for money dari vendor.
  2. Memastikan kinerja vendor memenuhi Asa perusahaan, seperti penyediaan barang atau jasa yang Benar waktu, dalam jumlah yang sesuai dan kualitas memenuhi permintaan perusahaan.
  3. Mengelola Rekanan agar vendor dapat mendukung strategi dan kinerja perusahaan.

Proses Vendor Management

Buat memilih vendor yang sesuai dengan kriteria perusahaan, manajemen vendor perlu melalui beberapa tahapan Krusial sebagai berikut.

  1. Menyusun basis data vendor.
  2. Melakukan analisis risiko.
  3. Menyeleksi vendor.
  4. Melakukan negosiasi dengan vendor.
  5. Menyusun kontrak kerja yang tercantum dalam Service Lever Agreement (SLA).
  6. Melakukan Penilaian terhadap kinerja vendor.
  7. Merencanakan implementasi perbaikan yang berkesinambungan.

Komponen Penting dalam Manajemen Vendor

Berikut ini adalah komponen Penting dati manajemen vendor yang harus Anda perhatikan.

1. Pemantauan Kinerja Vendor

  • Penilaian Berkelanjutan: Pemantauan kinerja vendor dilakukan secara Lanjut-menerus Buat mematikan pemenuhan standar yang telah di tetapkan oleh perusahaan.
  • Penilaian yang Benar: Tujuan Penting adalah Buat menilai sejauh mana vendor memenuhi kriteria kinerja yang diharapkan.
READ  TUTORIAL 1: Penggunaan Admin LTE Template pada Laravel

2. Manajemen Kontrak

  • Pembuatan Kontrak: Bagian ini mencakup langkah-langkah dalam proses pembuatan kontrak antara perusahaan dan vendor.
  • Negosiasi: Proses negosiasi diperlukan Buat menciptakan kesepakatan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
  • Pemeliharaan Kontrak: Aspek ini meliputi upaya Buat memastikan bahwa Segala ketentuan dan kondisi dalam kontrak dipatuhi sepanjang masa perjanjian.

3. Penilaian Risiko

  • Identifikasi Risiko: Komponen ini mencakup langkah-langkah Buat mengenali berbagai risiko yang muncul akibat keterlibatan dengan vendor.
  • Manajemen Risiko: Proses Penilaian risiko dalam VMS dirancang Buat membantu perusahaan dalam mengelola dan mengurangi risiko yang dapat memengaruhi operasional atau keuangan.

Tugas Vendor Management

Terdapat beberapa tugas manajemen vendor yang perlu Anda ketahui. Tugas ini sangat Krusial Buat memastikan Rekanan dengan pihak vendor berjalan Lancar dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Nah, berikut ini beberapa tugas vendor management:

1. Pemilihan vendor

Pertama, pihak manajemen harus memilih vendor yang Benar Buat memenuhi Segala kebutuhan operasional bisnis.

Tahapan ini melibatkan proses identifikasi vendor potensial, analisis kemampuan dan kualitas, serta membandingkan harga maupun penawaran yang diberikan.

Pastikan juga, bahwa vendor tersebut mempunyai reputasi atau track record yang Berkualitas serta telah memenuhi standar tertentu dan Pandai bekerja sesuai kebutuhan.

2. Negosiasi kontrak

Kalau manajemen sudah memilih dan menentukan vendor yang terbaik, maka selanjutnya adalah negosiasi kontrak.

Tujuannya adalah Buat mencapai kesepakatan yang memang memberikan keuntungan bagi perusahaan maupun pihak vendor tersebut.

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda bahas dalam negosiasi kontrak, di antaranya adalah harga, jangka waktu kontrak, pengiriman, jaminan kualitas, dan lain sebagainya.

3. Onboarding vendor

Berikutnya, apabila kontrak sudah ditandatangani oleh vendor dan perusahaan, maka melakukan penerimaan atau onboarding vendor.

Penerimaan ini biasanya mencakup beberapa informasi, mulai dari kontak, data tertentu, maupun Berkas Krusial lainnya.

Selain itu, proses penerimaan ini vendor management juga bertugas bahwa pihak vendor sudah memahami tentang tugas dan tanggung jawabnya.

4. Monitoring kinerja vendor

Manajemen vendor juga bertugas Buat melakukan monitoring atau memantau kinerja vendor selama proses kerja sama berlangsung.

Pemantauan ini melibatkan beberapa pengukuran, salah satunya Memperhatikan bagaimana hasil kerja yang telah dilakukan selama jangka waktu tertentu.

Apakah mereka sudah memenuhi Mekanisme kontrak yang telah disepakati atau belum. Biasanya mencakup pengiriman stok pernah mengalami keterlambatan atau Bukan, kualitas produknya bagaimana, dan lain sebagainya.

5. Identifikasi risiko

Perlu Anda ketahui, risiko juga Pandai saja terjadi selama proses kerja sama. Maka dari itu, tugas vendor management adalah melakukan identifikasi, memantau, dan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Biasanya, risiko yang mungkin terjadi adalah keterlambatan pengiriman, kualitasnya Bukan sesuai, keamanan data terganggu, kegagalan pemenuhan kontrak, dan lain sebagainya.

Strategi Mengoptimalkan Vendor Management

Pengelolaan vendor sering kali diabaikan atau dianggap remeh Begitu menjalankan sebuah bisnis. Tetapi, Krusial Buat memanfaatkan layanan ini Bukan hanya Buat mendapatkan wawasan mengenai pengeluaran operasional Penting perusahaan, tetapi juga Buat menyederhanakan pengeluaran dengan Langkah-Langkah berikut.

READ  Definisi, Komponen, 4 Kelebihan, dan Manfaat

1. Jadwalkan Pembayaran Vendor

Tim keuangan sering kesulitan mengingat Lepas pembayaran vendor dan mengetahui pembayaran mana yang telah dilakukan atau yang Tetap belum.

Oleh karena itu, diperlukan penjadwalan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Platform manajemen vendor dapat membantu Anda mengatur penjadwalan sehingga pembayaran dilakukan Benar waktu dengan proses yang Berkualitas.

2. Lacak dan Kontrol Pembayaran Vendor

Setelah menjalin Rekanan dengan vendor, Krusial Buat dapat melacak pembayaran mereka. Beberapa hal yang perlu dicatat meliputi jumlah Anggaran yang dikeluarkan Buat setiap vendor, Berkualitas secara individu maupun kolektif.

Hal ini jugamencakup produk atau layanan yang diterima, metode pembayaran, informasi akuntansi, dan frekuensi pembayaran seperti mingguan, bulanan, atau tahunan. Pastikan juga Segala data mudah diakses Buat analisis Segera dan Penyelidikan mendalam. Kategorisasi setiap pengadaan perlu dilakukan Buat analisis tren dan variable.

3. Analisis Pengeluaran Vendor

Buat Membikin keputusan yang Benar dalam proses pengadaan, patikan Anda dapat menggabungkan Segala pengeluaran perusahaan melalui sistem manajemen vendor.

Penggunaan platform mempermudah pengumpulan berbagai data, muali dari sistem yang berbeda hingga pengunggahan ke pusat database, serta penentuan kategori pengeluaran tertentu yang memerlukan konsolidasi dengan pemasok.

Gaji Vendor Management

Mungkin beberapa dari kalian seringkali bertanya, berapa sih sebenarnya gaji manajemen vendor ini? Dengan tugas dan tanggung jawab yang cukup krusial, tentu gajinya juga cukup tinggi.

Karena, manajemen vendor berperan Krusial Buat memastikan kebutuhan perusahaan terpenuhi dari pihak eksternal atau vendor.

Mereka harus memastikan bahwa operasional bisnis berjalan dengan Berkualitas dan sesuai dengan ketentuan yang telah tertulis.

Maka dari itu, profesi manajemen vendor juga Bukan main-main dan sembarangan. Bahkan, setiap perusahaan wajib mempunyai manajemen ini Buat memastikan kebutuhan barang atau jasa perusahaan terpenuhi.

Dengan begitu, gaji vendor management di Indonesia berkisar antara 4 juta hingga 7 juta atau bahkan Pandai saja lebih.

Tingginya gaji tersebut, Bukan lepas dari tugas dan tanggung jawab yang cukup beresiko serta pentingnya seorang manajemen vendor bagi perusahaan.

Ruang Lingkup Manajemen Vendor

Berikut ini adalah ruang lingkup VMS yang meliputi berbagai aspek.

  • Pemilihan Vendor: VMS mendukung proses pemilihan vendor yang efektif dengan menyediakan kerangka kerja Buat menilai dan menentukan Kenalan yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan.
  • Manajemen Kinerja Vendor: VMS memungkinkan pemantauan kinerja vendor secara berkelanjutan, termasuk Penilaian rutin guna memastikan bahwa vendor memenuhi atau melampaui standar kualitas yang telah ditetapkan.
  • Manajemen Kontrak: VMS berperan Krusial dala, pembuatan hingga pemeliharaan kontrak, memastikan bahwa Segala ketentuan kontrak dengan pihak ketiga dipatuhi.
  • Transparansi dan Akuntabilitas: VMS Berkontribusi pada terciptanya transparansi tinggi dalam Rekanan dengan vendor, yang memungkinkan perusahaan Buat melacak dan memverifikasi kinerja serta pemenuhan kontrak secara efektif.
  • Optimasi Rekanan dengan Vendor: Dengan memahami dan mengelola berbagai aspek tersebut, VMS membantu perusahaan Buat mengoptimalkan hungungan mereka dengan vendor, mencapai efisiensi operasional, dan menciptakan nilai tambah dalam rantai pasokan.

VMS Berfungsi sebagai kerangka kerja yang mendukung perusahaan dalam meraih tujuan bisnisnya dengan menjamin kolaborasi yang efisien dengan pihak ketiga.

READ  #8: Konversi Tipe Data - Belajar Golang Dari Dasar

Pentingnya Manajemen Vendor Buat Bisnis

Teknologi berperan Krusial dalam mendukung kesuksesan bisnis. Setiap masalah dalam bisnis dapat diatasi dengan penggunaan teknologi.

Platform manajemen vendor, seperti Volopay, manawarkan banyak manfaat dan kemudahan Buat perusahaan Anda, antara lain:

  • Mengatur jadwal pembayaran berkala sehingga pembayaran dapar diproses dengan Benar waktu.
  • Memastikan transfer Anggaran berjalan Lancar dan Segera.
  • Mengunggah Segala informasi vendor Buat mempercepat proses pembayaran.
  • Memantau seluruh transaksi dan pengeluaran secara real-time, sehingga Anda dapat mengetahui Bilaman, di mana, dan mengapa suatu transaksi terjadi.
  • Melakukan proses persetujuan multi-level sesuai dengan kebijakan perusahaan, sehingga setiap transaksi dapat diperiksa keabsahannya.
  • Mengelola faktur secara Mekanis dan menjaga transparansi data vendor yang Terang.

Manfaat Vendor Management bagi Perusahaan

Perlu Anda ketahui, Mempunyai manajemen vendor bagi perusahaan, tentu akan memberikan manfaat. Hal ini Bukan lepas dari peranan manajemen yang harus Pandai mengelola Rekanan dengan vendor serta memastikan kebutuhan perusahaan selalu terpenuhi.

Maka dari itu, berikut beberapa manfaat manajemen vendor bagi perusahaan:

1. Mempunyai daftar pemasok yang luas

Kalau perusahaan menerapkan manajemen yang Berkualitas, maka kemungkinan Buat mempunyai daftar pemasok yang banyak sangatlah mudah.

Melalui daftar pemasok tersebut, nantinya pihak manajemen Pandai memilih mana yang paling Benar dan sesuai kebutuhan.

2. Mengurangi biaya

Dengan memanfaatkan vendor management, tentu Pandai membantu mengurangi biaya. Karena, mereka mempunyai pemahaman yang Berkualitas Buat melakukan negosiasi sesuai kebutuhan perusahaan, sehingga Pandai mendapatkan harga yang terjangkau.

Meski begitu, kualitasnya juga tetap terjamin karena manajemen akan memberikan Mekanisme tertentu kepada pihak vendor Buat dipatuhi. 

3. Meningkatkan kekuatan pembelian

Banyaknya pilihan vendor, maka perusahaan dapat melakukan proses konsolidasi. Dengan begitu, perusahaan Pandai meningkatkan daya beli dengan menurunkan harga pembelian melalui pengadaan jumlah besar dari vendor.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu manajemen vendor beserta dengan tugas, gaji, dan manfaat menggunakannya bagi perusahaan.

Pada intinya, vendor management adalah tahapan Buat memulai dan menjaga komunikasi dengan pihak penyedia barang atau jasa yang akan memenuhi kebutuhan operasional.

Tahapan tersebut meliputi proses pemilihan, negosiasi, hingga Penilaian kinerja vendor selama proses kerja sama berlangsung dengan perusahaan.

Kemudian, Buat memudahkan manajemen melaksanakan tugasnya tersebut, Terdapat software yang dirancang Spesifik Buat memilih vendor dan memulai komunikasi hingga mencapai kesepakatan dan menjalin kerja sama yang disebut dengan vendor management system (VMS).

Artinya, vendor management system adalah sebuah perangkat lunak yang membantu bisnis Anda Buat mengelola barang dan jasa dari pemasok atau vendor.

Dengan kata lain, aplikasi vendor management system adalah sebuah aplikasi yang berfungsi Buat pengelolaan vendor dan menjadi satu kesatuan dari pengadaan secara elektronik (e-procurement).

Dengan begitu, Kalau Anda membutuhkan aplikasi Buat kebutuhan bisnis, maka Pandai segera Membikin software-nya di Sandi Dharma.

Karena, Sandi Dharma merupakan perusahaan yang begerak di bidang IT dan berfokus pada pembuatan aplikasi dan website tepercaya.

Kalau tertarik melakukan pembelian dan kerja sama, maka segera hubungi kami dan konsultasikan Segala kebutuhan Anda secara gratis!